fbpx

Sejarah berlalu sangat jauh, era semakin maju bersama teknologi, dan satu kenyataan yang pasti bahwa Shakespeare tidak pernah menulis Bio Instagram.

Digital Marketing hari ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan kreativitas manusia. Instagram termasuk yang paling berpengaruh karena tidak terlepas dari gambar dan warna sebagai Media Sosial manusia.

Berbagai prolog identitas perusahaan dapat kita isi di Bio Instagram, termasuk di antaranya headline, title, profile pict, story highlights, value statement, dan Call to Action (CTA).

Jika kamu seorang Social Media Specialist, Content Creator, atau ahli Digital Marketing, maka wajib membaca ini, strategi menulis Bio Instagram sebagai pemasaran bisnis kecil perusahaan.

Pastikan catat setiap poinnya!

Photo by Nathana Rebouças on Unsplash

Bukan Sekadar Deskripsi! Seperti Ini Penampilan Bio Instagram Seharusnya

Bio Instagram bukan sekadar dekripsi pendek asal-asalan, “perkenalkan, kami dari bisnis…bla-ba-bla.” Bukan seperti itu cara storyteller mengutarakan identitasnya.

Satu hal yang kita semua tahu pasti, Bio Instagram adalah cover terdepan halaman Instagram, jangan sampai orang-orang tidak tertarik dengan cover halaman yang kita buat.

Sebaiknya kamu persiapkan kalimat yang paling memikat sebagai perkenalan identitas perusahaan kepada audiens, namun kamu juga harus tahu, bahwa Bio Instagram memiliki ruang aygn terbatas.

Maksimal terdiri dari 150 karakter, di samping photo profile, di garis bawah terdapat beberapa highlights berisi stories yang sudah kamu sebarkan kepada followers.

Jika Instagram adalah seorang manusia, maka dua pertanyaan ini yang harus kamu jawab kepada audiens:

  • Siapa diri kamu?
  • Apa cerita kamu yang ingin kamu sebarkan?

Jika menyangkut kepada bisnis, tentu cerita yang kita miliki adalah segala hal tentang produk dan pelayanan, kalau begitu produk apa yang kamu jual? Pelayanan apa yang kamu sediakan?

Pastikan 150 karakter tersebut dapat menjawab dua pertanyaan tersebut. Pastikan frasa mudah dibaca, informatif, menggunakan emoji untuk karakter yang lebih fun atau template monokrom untuk karakter yang lebih profesional.

Absolutely Strategic: Tips & Trick Bio Instagram Mengembangkan Bisnis Kecil, Catat Nomor 2
Photo by Jodie Cook on Unsplash

Pertanyaan yang Harus Dijawab untuk Mengisi Bio Instagram

Sebagai copywriter, tentu kamu harus pandai memancing audiens untuk tetap stay di halaman Media Sosial perusahaan. Pastikan halaman tersebut menggambarkan karakter perusahaan yang sesungguhnya.

Berikut ini beberapa pertanyaan lainnya yang bisa menjadi pondasi ide menulis Bio Instagram bisnis kecil.

  • Value yang dipegang perusahaan
  • Kepribadian perusahaan, termasuk brand voice dan karakter. Bisa jadi jenaka, serius, informatif, atau playful.
  • Apa yang membuat produk dan layanan perusahaan spesial dan berbeda dari yang lain?
  • Apa yang kamu harapkan saat orang-orang mengunjungi profil Instagram pertama kali?

Pada poin terakhir, seorang copywriter tentu tahu untuk selalu menulis Call to Action (CTA). Mencoba untuk membimbing audiens melihat sisi menarik dari brand kamu, tentu menjadi strategi bagus untuk meningkatkan brand awareness.

CTA bisa mengarah kepada postingan yang sedang disebarkan saat menjalankan campaign penting, atau mengarah pada link penting bersifat informatif.

Komponen Pendukung Bio Instagram

Pada ruang sekitar halaman Bio Instagram, semua pasti mengetahui adanya profile picture, headline , story highlights, dan sebagainya. Komponen pendukung tersebut juga tidak lepas dari mata audiens.

Maka dari itu, pastikan kamu juga mengoptimalkan semua komponen tersebut untuk menarik perhatian audiens saat pertama kali mengunjungi halaman Instagram brand perusahaan.

Photo by Ben Kolde on Unsplash

1. Headline a.k.a Display Name

Seorang Social Media Specialist handal pasti menyadarinya, tulisan pada Bio Instagram tentu tidak menyatu pada tulisan headline.

Headline pada Instagram bukan seperti artikel berita, melainkan nama dari brand perusahaan. Berbeda dari username, headline dituliskan secara bold sehingga sangat menarik perhatian audiens.

Headline merupakan bagian dari keyword saat seseorang mencari profile Instagram, pastikan headline tersebut berkaitan erat dengan bisnis yang dijalankan perusahaan.

Misal: Bootsol.com

Maka headline yagn tepat adalah Bootsol Online Business Agency

Keterangan Online Business Agency tersebut yang menjadi keyword seseorang saat mencari produk dan pelayanan yang berhubungan dengan digital agency.

2. Title

Title merupakan industri atau bidang yang menjadi keterangan pendukung atas brand perusahaan. Misalnya saja Bootsol.com dengan keterangan Product/services

3. Foto Profil

Foto Profil sangat penting di Instagram, lewat gambar tersebut, orang-orang bisa mengetahui identitas brand perusahaan. Pastikan Foto Profil ini juga digunakan dperusahaa pada Media Sosial lainnya.

Foto Profil perusahaan biasanya berupa logo perusahaan, jadi pastikan logo perusahaan tampak menarik saat dilihat, menggambarkan karakter perusahaan sebenarnya.

4. Story Highlights

Story highlights bisa menjadi ruang bagi Social Media Specialist untuk menuangkan segala ide kreatifnya. Dengan adanya story highlights, segala moment yang disebar perusahaan dapat tersimpan rapi.

Layaknya tempat penyimpanan (storage), audiens dapat mengintip sedikit segala aktivitas yang sedang dilakukan perusahaan. Dari sini, orang-orang bisa tahu lebih jauh tentang perusahaan.

Story Highlights dengan fitur cover miliknya, juga bisa kamu kreasikan sesuai dengan template atau color palette konten. Dengan begitu penampilan halaman depan Instagram kamu menjadi lebih menarik.

Photo by Kenny Eliason on Unsplash

Mulai Menulis Bio Instagram! Siapkan Catatan!

Jika dari sini kamu sudah memahami apa itu Bio Instagram serta komponen pendukungnya, maka kamu bisa segera persiapkan frases untuk menulis bio Instagram brand perusahaan.

Siapkan terlebih dahulu “naskah” kecil sebagai stragy plan menulis Bio Instagram kamu. Berbagai referensi bisa kamu temukan di internet.

Berikut ini beberapa ide frasa kreatif yang harus kamu pikirkan untuk menulis Bio Instagram untuk brand perusahaan.

1. Tentukan Gaya Bahasa (Brand Voice)

Mungkin kamu bisa mengingat sedikit pelajaran Bahasa Indonesia, materi tentang gaya bahasa atau majas. Begitu pula strategi pemasaran digital yang memilki gaya bahasanya sendiri menyesuaikan karakter dari brand perusahaan.

Jika target pasar brand adalah anak-anak, tentu kamu harus memulai perbincangan dengan audiens dengan bahasa yang lebih fun dan periang. Berbeda dengan target pasar perusahaan B2B, harus memposisikan brand menjadi tampak lebih profesional dan modern.

Tentukan pula panggilan antara brand dengan audiens, konsistensi pada panggilan tersebut agar audiens merasa lebih terikat pada brand perusahaan. Jadikan Instagram seolah-olah sebagai ruang tempat bercerita antara brand dengan audiens.

Brand voice juga berkaitan erat dengan produk atau pelayanan yang disediakan perusahaan untuk membentuk karakter. Apakah karakter tersebut jenaka, elegan, atau profesional yang terkesan serius.

Photo by Chen Mizrach on Unsplash

2. Cantumkan Contact Person

Contact person berguna saat seseorang mengunjungi profil Instagram, lalu tertarik untuk menjalin kerjasama dengan brand kita.

Misalnya saja mencantumkan alamat email, link ke website atau Media Sosial lain milik brand, atau sesederhana membuka pesan melalui direct message Instagram.

Bio Instagram hanya bisa diisi 150 karakter. Beruntungnya Instagram menyediakan fitur tambahan untuk mencantumkan informasi brand di luar dari batasan karakter Bio Instagram.

Klik tombol edit profile pada halaman profil Instagram, lalu isi setiap kolom pada Business Information, di antaranya:

  • Email
  • Nomor telepon
  • Alamat

3. Frasa Call to Action (CTA)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, CTA sangat penting untuk membimbing audiens agar tidak kebingungan saat mengunjungi profil Instagram perusahaan.

Beri tahu mereka apa yang harus mereka lihat dari halaman Instagram brand perusahaan milikmu. Apakah kamu sedang mengadakan promo? maka arahkan audiens untuk melihat postingan berisi informasi mengenai promo tersebut.

Berikut metode pendekatan untuk menulis CTA:

  • Menegaskan secara langsung. “Klik link di bawah ini untuk melihat penawaran diskon spesial akhir tahun”
  • Dorong audiens untuk share. “#BantuUMKM Registrasi volunteer tersisa dua hari!”
  • Promosi dan diskon. “Tersisa dua jam, PROMO 50% DISKON AKHIR TAHUN”
  • Contest dan Giveaway, “Hadiah Gratis Trip ke Singapore! Segera daftar!”

Berikut formula menulis CTA yang harus selalu diingat:

  • Selalu menulis CTA pada paragraf akhir Bio Instagram. Orang-orang tidak akan mengikuti apa yang kamu katakan, jika mereka belum mengenalmu. Jadi pastikan selalu tulis CTA setelah pengenalan identitas brand.
  • Tulisan CTA kamu harus memberikan instruksi yang jelas atas apa yang harus dilakukan oleh audiens.
  • CTA cenderung bersifat kalimat perintah, jadi selalu awali frasa CTA dengan kata kerja. “Mulailah!, Segera daftarkan!, Promo!, dan sebagainya.”

4. Mengisi Story Highlights

Story highlights merupakan salah satu komponen pendukung untuk membuat tampilan profil Instagram menjadi semakin menarik. Mengkurasi konten story bisa menjadi strategi pemasaran yang bagus.

Berikut ini contoh pengelompokan story highlights yang umum dan sering dipakai oleh brand perusahaan:

  • Event details. Berisi poster informasi seputar event atau campaign yang sedang diselenggarakan perusahaan.
  • How it’s made content. Bagaimana produk kamu diproduksi, tentu halaman transparansi ini bisa meningkatkan kepercayaan audiens pada brand.
  • Tutorial penggunaan produk.
  • Produk bestseller
  • Berita dan pengumuman penting
Absolutely Strategic: Tips & Trick Bio Instagram Mengembangkan Bisnis Kecil, Catat Nomor 2
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Penutup

Setelah mengatur dengan detail isi dari Bio Instagram, selanjutnya kamu bisa memulai mengisi konten Instagram. Rencanakan plan serta strategi untuk mencapai goals pemasaran.

Bio Instagram isinya sangatlah pendek, sehingga sering diremehkan banyak orang. Padahal Bio instagram sebagai ruang prolog yang kuat untuk membangun jati diri brand perusahaan.

Tentukan cerita brand milikmu mulai dari sekarang, kemudian identifikasikan pada Bio Instagram untuk memikat banyak audiens.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top