fbpx
dampak negatif sosial media bagi kesehatan mental

Di zaman yang sekarang serba cepat, sosial media bukanlah hal yang baru bagi kebanyakan orang. Tapi dampak sosial media bagi Kesehatan mental sangatlah banyak dirasakan oleh sebagian orang, apalagi dampak negatifnya. Karena sosial media tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan banyak orang, karena kebanyakan orang sudah kecanduan akan sosial media. Dengan seringnya orang menggunakan sosial media menimbulkan banyak dampak negatif sosial media bagi Kesehatan mental. Banyak pengguna platform sosial media seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan lainnya mengalami dampak negatif dari sosial media. Berikut adalah fakta dampak negatif sosial media bagi Kesehatan mental.

1. Kesepian

Kesepian merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan dari sosial media. Sebuah studi menyatakan bahwa otak manusia sangat terbatas dalam menangani banyaknya teman. Manusia tidak bisa selalu berinteraksi dengan teman melalu sosial media, tetapi manusia lebih sering berinteraksi secara langsung dengan bertatap muka untuk bisa menjaga pertemanannya dengan orang-orang lain. Cobalah untuk lebih berfokus kepada kehidupan dunia nyata kalian daripada berlama-lama menggunakan sosial media. mencoba untuk berinteraksi dengan orang-orang baru dan berkumpul bersama teman-teman.

2. Kecanduan Sosial Media

Menggunakan sosial media secara berlebih dapat menyebabkan kecanduan sosmed. Seseorang rentan mengalami kecanduan media sosial jika penggunaan yang tak kenal waktu. Sama halnya dengan kecanduan game, sosial mediapun bisa menyebabkan kecanduan jika kalian tidak bisa mengatur pemakaiannya. Penggunaan sosial media berlebih dapat mengganggu kehidupan seseorang secara kepribadian dan suasana hati. Jika kalian sudah merasakan gejala cemas dan gelisah saat berhenti membuka sosial media, mungkin saja kalian sudah kecanduan media sosial.

3. Depresi

dampak negatif sosial media bagi kesehatan mental

Kecenderungan melihat sosial media akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang dengan membanding-bandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain. Hasil studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Mental Health and Addiction bilang bahwa pengaruh sosoial media terhadap Kesehatan mental dapat menyebabkan depresi 9 persen terhadap kesehatn mental orang dewasa di Indonesia. Lalu dengan komentar-komentar negatif yang sering munculpun bisa mempengaruhi kesehatan mental pengguna sosmed. Karena depresi merupakan salah satu yang paling mematikan dari dampak sosial media bagi kesehatan mental.

Baca Juga: Cara Menarik Minat Konsumen dan Menaikan Traffic Sosial Media Kamu

4. Kurang Bahagia

Penggunaan sosial media secara terus menerus bisa menyebabkan sesorang menjadi kurang Bahagia akan hidup yang dijalaninya. Karena terlalu sering melihat kehidupan orang yang lebih baik dari dirinya. Ini merupakan gejala yang serius dan harus dihadapi juga dengan serius oleh semua orang.

5. Menurunnya Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri seseorang dapat menurun secara drastis karena terlalu sering membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain, karena terlalu sering membanding-bandingnkan akhirnya menjadi menurunnya rasa kepercayaan diri seseorang. Hal ini merupakan dampak yang sangat memprihatinkan untuk kesehatan mental para pengguna sosial media karena dampak sosial media bagi kesehatan mental.

6. Menurunkan Daya Ingat

Dilansir dari buku ‘When Likes Aren’t Enough’ yang ditulis oleh Dr. Tim Bono, berisi mengenai bagiamana manusia menjadi tidak memperhatikan aspek-aspek lain dalam suatu pengalaman. Karena terlalu banyak menghabiskan waktu terlalu banyak kepada gadget. Ini dapat menurunkan daya ingat manusia tentang suatu tempat, karena terlalu sibuk untuk mencari posisi foto mana yang bagus untuk di post di sosmed. Dampak sosial media bagi kesehatan mental sangatlah berpengaruh apalagi dampak negatifnya.

Cara Mencegah Dampak Negatif Sosial Media

Ada banyak cara untuk mencegah dampak negatif sosmed dengan cara-cara berikut:

1. Menjauhi Gadget Saat Beraktifitas

Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari gadget kalian saat melakukan aktifitas yang produktif. Dengan menjauhkan gadget, kita dapat menjadi lebih focus dan tidak teralihkan oleh notifikasi yang masuk.

2. Batasi Waktu Penggunaan Sosmed

Batasi penggunaan sosial media secara terus-menerus. Dengan membatasi penggunaan sosmed, kalian dapat menjauhkan diri kalian dari kecanduan medsos. batas maksimal seseorang menggunakan sosmed adalah 2 jam perhari.

3. Hapus Aplikasi Sosmed

Jika kalian tidak bisa membatasi penggunaan sosmed kalian, kalian bisa mencoba untuk menghapus semua sosial media kalian dengan kurun waktu minimal 1 bulan. Untuk menghilangkan kecanduan dari medsos, kalian bisa mencoba melakuan aktifitas-aktifitas lain seperti membaca buku, berolahraga, atau bermain alat musik. Cobalah untuk mengisi waktu kosong kalian dengan kegiatan-kegiatan yang kalian sukai ketimbang membuka sosmed.

Banyak dampak negatif sosmed bagi kesehatan mental untuk para penggunanya. Namun sosial media juga memiliki kelebihannya sendiri. Bijaklah dalam menggunakan sosial media, karena sosial media bukanlah segalanya. Hanya kalianlah yang bisa mengerti kesehatan mental kalian sendiri. jaga Kesehatan mental kalian dari dampak negatif sosmed. Dampak sosial media bagi kesehatan mental sangatlah berpengaruh apalagi dampak negatifnya. Cobalah untuk beraktifitas di dunia nyata lebih sering daripada di dunia maya agar mengurangi dampak sosial media bagi kesehatan mental kalian masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top