fbpx

Intip bagaimana Influencer Marketing bekerja pada bisnis Anda!

Kemajuan teknologi informasi mengakibatkan permintaan akan layanan digital terus meningkat. Para pelaku bisnis berlomba-lomba menyusun strategi marketing yang mampu meningkatkan kualitas layanan dan profit di masa depan. Salah satu metode yang paling sering digunakan dalam pemasaran online adalah media sosial.

pemasaran online lewat media sosial
image by Pexels

Ada beberapa hal yang menyebabkan pelaku bisnis memutuskan untuk memasarkan produknya lewat media sosial. Alasan utamanya adalah target pasar yang lebih luas. Lewat media sosial, pelaku bisnis bisa menyediakan informasi produknya secara bebas dan lengkap. Dengan penyajian yang unik, tak menutup kemungkinan bagi mereka bisa memikat pembeli dari mancanegara.   

Namun, apa hanya dengan perantara media sosial target pasar otomatis tercapai? 

Nyatanya tidak. Untuk menunjang keberhasilan pemasaran online, khususnya di media sosial, dibutuhkan faktor pendukung lain. Salah satu yang paling efektif ialah influencer marketing

Influencer berasal dari kata ‘influence’ yang artinya ‘pengaruh’ atau ‘mempengaruhi’. Sederhananya, influencer adalah orang-orang yang mampu mempengaruhi tindakan/kemauan orang lain. Istilah ini sering dipakai untuk merujuk figur dengan jumlah follower yang banyak di media sosial. Semakin besar jumlah pengikutnya, semakin besar ‘pengaruh’ yang bisa dihasilkan seorang influencer

Apa saja keuntungan memakai influencer marketing sebagai strategi pemasaran?

Mengutip dari situs Forbes, survei yang dilakukan MuseFind membuktikan bahwa 92% milenial lebih mempercayai influencer media sosial dibanding selebritas tradisional terkenal sekalipun. Influencer, jelas memegang kontrol yang kuat dalam strategi pemasaran online

Influencer biasanya dipakai untuk mempromosikan produk dalam bentuk endorsement. Endorsement sendiri merupakan bentuk promosi yang dilakukan public figure. Seperti memberi testimoni akan puas atau tidaknya mereka menggunakan sebuah produk. Melalui endorsement, influencer bisa memberi dampak yang positif pada brand dan meningkatkan penjualan sesuai target yang ditentukan. Proses inilah yang kita sebut sebagai influencer marketing

Sebelum memulai endorsement, ketahui dulu jenis-jenis influencer!      

Influencer Marketing
image by Pexels

Menurut buku UMKM Digital Era New Modern karya Musnaini, dkk., influencer dapat dibedakan berdasarkan jumlah pengikutnya: 

  1. Mikro

Influencer mikro memiliki 10.000 follower atau kurang. Influencer jenis ini memiliki hubungan yang lebih dengan pengikutnya. Karena itu, influencer mikro cocok digunakan bagi pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produknya. Studi membuktikan rekomendasi dari influencer mikro mampu meyakinkan pertimbangan konsumen untuk membeli produk hingga 82%. 

  1. Makro

Influencer makro memiliki setidaknya 100.000 follower atau lebih. Mereka biasanya dikenal sebagai selebritas oleh masyarakat luas. Karena popularitasnya, influencer makro bisa digunakan untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang.  

  1. Premium

Di peringkat atas, ada influencer premium dengan jumlah follower hingga jutaan. Jangkauan pemesanan influencer premium memang sangat luas. Karena itu, persentase pembelian dari rekomendasi influencer premium tidak sebesar influencer jenis lainnya.

Baca juga: Get Engage! Apa itu Copywriting: Formula 4P & Jenis-jenis Copywriting

Selain jumlah follower, pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan jenis influencer berdasarkan media yang mereka pakai. Dari sisi media yang digunakan, influencer terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

  1. Selebgram (selebritis Instagram), yaitu influencer yang menggunakan Instagram sebagai media promosi. Selebgram sangat cocok untuk mempromosikan suatu produk kepada pengguna aktif media sosial lainnya.
  2. YouTuber, merupakan influencer yang berperan paling aktif dalam pemasaran produk baru. Pasalnya, lebih dari 90% pengguna internet mengetahui informasi produk baru dari video YouTube. 
  3. Blogger, adalah seseorang yang mengelola sebuah halaman blog. Seorang blogger bisa menarik minat pembaca setianya untuk membeli produk yang ia rekomendasi. Blogger juga hadir dalam jumlah yang banyak dan beragam di internet. Karena itu, pelaku bisnis harus pintar dalam memilih blogger mana yang sesuai dengan produknya nanti.

Tidak semua influencer bisa dipercaya dalam strategi pemasaran.

strategi pemasaran
image by Pexels

Meskipun penggunaan influencer marketing mendatangkan banyak manfaat bagi bisnis, perlu diketahui bahwa tidak semua influencer ‘bekerja’ seperti yang tertulis dalam perjanjian. Ada baiknya Anda tetap berhati-hati dalam memilah influencer. Karena tak sedikit dari mereka yang justru memberi review negatif untuk tujuan terselubung, bahkan terjerat kasus penipuan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam memilih influencer, ada beberapa tips yang bisa pelaku bisnis terapkan, seperti:

  • Pastikan bahwa influencer memiliki reputasi yang baik. Apa pun jenisnya, kerja sama dengan influencer bereputasi baik memberi rasa nyaman dan aman yang lebih bagi pelaku bisnis maupun konsumen. 
  • Perhatikan bagaimana hubungan influencer dengan pengikutnya. Dalam pemasaran online, influencer ibarat jembatan antara penjual dan pembeli. Semakin kuat engagement antara influencer dengan pengikutnya, semakin mudah meyakinkan mereka untuk membeli produk yang Anda dipasarkan.
  • Perjanjian kerja sama yang baik adalah kunci! Buat perjanjian yang memuat ketentuan-ketentuan secara detail. Ingat, ini adalah hak dan kewajiban dari masing-masing pihak untuk menghindari kesalahpahaman di masa depan. 

Itulah tadi sekilas tentang influencer marketing sebagai salah satu strategi pemasaran online. Di era modern, pelaku bisnis memang dituntut untuk memperhatikan strategi marketing yang tepat dan aman. Influencer memang bukan satu-satunya jalan, tapi jasanya patut dicoba jika pelaku bisnis ingin memasarkan produknya di media sosial.

Jika pelaku bisnis ingin mencari alternatif lain untuk memasarkan produknya secara online, maka jasa pembuatan website atau aplikasi mobile patut menjadi pertimbangan. Cara ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan sekaligus menjadi media promosi yang bisa Anda gunakan setiap saat. Ada beribu perusahaan yang menyediakan layanan digital. Salah satu yang bisa Anda andalkan tentu saja Bootsol. Bersama Bootsol, buat bisnis digital Anda memukau hanya dengan satu tempat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top