fbpx
instagram

Pada dasarnya, Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan video dengan teman-teman mereka. Namun, seiring perkembangan tren, platform tersebut bukan lagi sekedar aplikasi untuk berbagi foto dan video saja, loh!

Kini, platform media sosial tersebut berhasil menjadi sarana promosi bisnis paling diminati di era digital sekarang. Hampir semua orang di dunia menggunakan platform tersebut untuk memenuhi kebutuhan “entertainment” mereka. Salah satunya yaitu mengikuti akun-akun bisnis yang ada disana untuk online shopping. Artinya bisnis kamu bisa memiliki potensi untuk dilihat lebih banyak orang dari berbagai penjuru nih!

Berikut, 5 Alasan Pentingnya Instagram sebagai platform digital marketing yang paling diminati masa kini:

BANYAKNYA PENGGUNA INSTAGRAM

Dilansir dari Omnicore sejak Januari 2019, media sosial ini telah menjadi salah satu jejaring sosial yang paling banyak diminati semua kalangan di penjuru dunia dengan total 1 Milyar pengguna aktif perbulannya, terutama millenials! Banyaknya orang yang menggunakan platform tersebut, memberikan dampak positif bagi para pebisnis untuk berbondong-bondong mempromosikan bisnis mereka disana. Cukup dengan membuat akun Instagram for Business secara gratis, kamu sudah bisa mempromosikan produk barang/jasa yang ditawarkan hanya dengan meng-upload foto atau video singkat, lalu para calon konsumen dapat melihat produk-produk ataupun jasa yang ada di bisnis kamu. Dengan demikian, bisnis kamu akan lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Jangan lupa, promosikan dengan semenarik mungkin ya!

source: https://images.app.goo.gl/Xofkro4th45KVCym7
Indonesia salah satu negara dengan pengguna instagram terbanyak nomor 3

BISNIS YANG DAPAT MENGHASILKAN UANG SECARA LANGSUNG

Maksudnya adalah Instagram mengizinkan postingan yang bersifat komersial, yang memungkinkan para akun bisnis untuk menambahkan keterangan (Add Tags) di setiap foto produk mereka meliputi harga, deskripsi produk, dan fitur “shop now” yang dapat menghubungkan dengan mudah para calon konsumen langsung ke website online store kamu. Jangan khawatir! Meskipun belum memiliki banyak pengikut, produk kamu tetap memiliki kesempatan dilihat banyak orang melalui fitur Explore yang memungkinkan para pengguna untuk menemukan postingan dari akun/orang yang tidak di follow, sesuai dengan kriteria yang sering pengguna tersebut cari di akunnya.

source: https://images.app.goo.gl/TAkoZex2GvPWjkmE6
Contoh fitur Add Tags pada foto produk yang meliputi harga dan cara pemesanan produk tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Endorse di Instagram Sesuai dengan Budget Kamu!

KAMU BISA MENJALIN RELASI YANG BAIK DENGAN PARA KONSUMEN SECARA EFEKTIF

Memiliki pelanggan yang loyal adalah harapan bagi para pebisnis, bukan? Dengan cara mengunggah hasil foto dan konten video produk-produk kamu di Instagram semenarik dan sebagus mungkin, kamu akan mendapatkan banyak likes dan followers sehingga bisnis kamu dapat tersebar luas dengan cepat. Hal ini tentunya sangat membawa keuntungan bagi kamu loh! Tak hanya itu, kamu bisa memanfaatkan fitur comment on, dan direct message sebagai media komunikasi dengan para konsumen, sehingga jika ada masukan atau pertanyaan dari konsumen, kamu bisa langsung menanganinya.

DAPAT DENGAN MUDAH MENGAMATI PARA PESAING

Kamu bisa mengamati pesaing bisnis kamu dengan hanya melihat apa yang mereka unggah di akunnya, dan bagaimana cara mereka melakukan interaksi dengan para pelanggannya. Hal ini, dapat kamu jadikan motivasi untuk mengembangkan dan meningkatkan strategi bisnis kamu sehingga tetap dapat bersaing secara sehat.

Instagram for business
Atur strategi bisnismu!

MENJALIN KERJASAMA DENGAN PARA INFLUENCERS

Influencers ialah seseorang yang dapat membawa pengaruh bagi orang lain. Biasanya mereka bisa merupakan selebritis, youtubers, atau seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu, dalam hal ini yaitu Instagram. Para influencers tersebut bahkan memiliki jutaan pengikut di akun media sosialnya dan berhasil menjadi trend setter bagi banyak orang. Maka, bukan hal biasa lagi jika banyak pemilik bisnis yang menjalin kerjasama dengan para influencers untuk mempromosikan produknya dengan harapan mendapat feedback yang baik terhadap keberlangsungan bisnisnya. Mengapa demikian? Dengan memiliki jutaan pengikut di akun Instagramnya, mereka dapat dengan cepat mempengaruhi pengikutnya untuk membeli suatu produk yang sedang dipromosikan. Karena, banyak dari pengguna Instagram lebih tertarik terhadap suatu produk yang sedang dipromosikan oleh influencers favoritnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah bisnis kamu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram sebagai media promosi digital masa kini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top