fbpx

Fitur Instagram Reels adalah fitur yang baru saja dirilis oleh Instagram di Indonesia. Apakah benar mirip dengan Tiktok? Atau bahkan sama? Simak fitur-fitur yang dimilikinya disini!

Peluncuran Instagram Reels di Indonesia

tampilan awal fitur instagram reels

Jagat media sosial Indonesia hari ini, 23 Juni 2021, dihebohkan dengan peluncuran fitur terbaru dari salah satu media sosial terpopuler, Instagram, yaitu Reels. Kehebohan yang terjadi tentu saja didasari karena kemiripan yang dimiliki oleh Reels dengan Tiktok. Bahkan banyak pemberitaan mengenai kemiripan dan bahkan tuduhan jiplakan yang dilakukan oleh Instagram ini dengan aplikasi Tiktok. Ya, Reels dirancang untuk dapat membuat gabungan video singkat yang dapat disisipkan dengan lagu-lagu yang sudah tersemat di dalam aplikasi Instagram. Di Indonesia per hari ini, fitur lagu di Instagram sendiri, selain dapat dipakai dalam Reels, juga sudah dapat dipakai melalui fitur stiker di dalam Stories.

Fitur-Fitur Instagram Reels 

UI fitur instagram reels
User Interface pada fitur instagram reels

Sejak kehadirannya di akhir 2020, Instagram Reels ini telah menggemparkan media sosial di kalangan internasional karena mirip sekali fungsinya dengan Tiktok. Per hari ini, 23 Juni 2021, fitur instagram Reels telah dapat dinikmati di wilayah Indonesia. Berikut fitur-fitur yang ada pada Instagram Reels:

  • Pengguna dapat membuat video berdurasi total 15 dan 30 detik dengan beberapa kali shoot.
  • Pengguna juga dapat menyematkan lagu-lagu favorit mereka dengan fitur Music.
  • Pengguna Reels dapat berkolaborasi dengan pengguna lainnya melalui fitur Remix. 
  • Pengguna dapat memakai berbagai macam filter layaknya Stories.
  • Pengguna dapat mengatur Speed atau tingkat kecepatan video mulai dari 0.3x, 0.5x, 1x dan 3x.
  • Pengguna dapat mengatur seberapa lama durasi dalam satu shot video (maksimal 15 detik) beserta countdown timer antara 3 dan 10 detik untuk memulai perekaman video.
Timer pada fitur Instagram Reels

Perbedaan Sekilas Instagram Reels dengan Tiktok

Perbedaan tampilan pada fitur Instagram Reels dan Tiktok

Meskipun secara umum Instagram Reels memiliki fitur yang mirip dengan Tiktok, akan tetapi Bootsol berhasil menemukan letak perbedaan, terutama dalam sisi User Interface atau tampilan penggunaannya. Berikut beberapa perbedaan sekilas yang dapat kami rangkum:

  • Pada Tiktok, dalam satu video berdurasi 15 atau 30 detik pengguna memang diberi kebebasan untuk melakukan beberapa kali pengambilan gambar (shot) dari angle yang berbeda misalnya atau nantinya untuk keperluan efek. Akan tetapi, pengguna harus menyelesaikan seluruh rangkaian pengambilan gambarnya terlebih dahulu baru setelah itu dapat ditrim(potong) atau digeser posisi shot nya.
  • Pada Instagram Reels pengguna dapat langsung menghapus shot yang tidak mereka inginkan sebelum lanjut membuat shot lainnya dalam satu video tersebut. Tentu saja ini membuat pekerjaan trim dapat terpangkas dan nantinya setelah pengambilan gambar selesai, pengguna hanya akan fokus pada pemberian efek atau lagu.
  • Instagram Reels juga memberikan 2 pilihan dalam mengunggah video Reels untuk saat ini. Pertama adalah dengan membagikannya via Instagram Stories (akan hilang dalam waktu 24 jam dan hanya ditujukan untuk followers kita) serta via Reels langsung (dapat dilihat oleh seluruh pengguna Instagram yang muncul melalui Explore atau tab Reels).

Cara Menikmati Fitur Instagram Reels

Dengan peluncuran Reels dan Music pada Instagram, tentu saja kita sebagai pengguna perlu memperbarui versi aplikasi Instagram kita. Tidak perlu khawatir, kita cukup kunjungi Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS lalu cari aplikasi Instagram dan klik “update” atau “perbarui”.

Apabila kita telah mengatur pembaruan/update aplikasi secara otomatis(umumnya bagi para pengguna yang sering menggunakan akses jaring wifi pribadi di rumah ataupun di kantor), maka seharusnya fitur Instagram Reels telah tersemat di dalam aplikasi Instagram kita.

Cara memakainya pun cukup sederhana yaitu;

logo reel yang terletak di tengah bawah pada home page Instagram
  1. Klik logo Reels yang tersemat di bagian bawah tengah aplikasi bersama dengan logo home, explore, shop dan personalisasi akun kita.
  2. Cara kedua, Reels dapat juga diakses melalui quick feature options saat swipe atau menggeser layar ke arah kiri ketika berada di tab home atau beranda. Tampilan pun sekilas akan sama yaitu by default terlihat fitur Stories, lalu apabila kita geser ke kanan maka akan muncul tab Reels.
tab fitur Instagram Reels pada quick feature option bersama dengan stories,, live, post dan lainnya

Kesimpulan

Meskipun peluncurannya di Indonesia yang lebih lama dari di wilayah lain seperti Amerika misalnya, Instagram Reels diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi para penggunanya. Kedepannya, apakah Reels ini akan dapat menyaingi atau bahkan menyalip Tiktok? Tentu saja saat ini Tiktok masih unggul, namun apakah sedikit perbedaan fitur Instagram Reels diatas tadi akan membuat pengguna Tiktok berpindah? Kita lihat saja nanti.

Baca Juga: Basic Color Theory: Filosofi dan Teori Warna Pada Desain

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top