fbpx

Media sosial sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia jaman ini. Berawal dari perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan suatu adiksi tertentu terhadap penggunaan media sosial. Rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang belum pernah menggunakan media sosial. Berdasarkan data dari Statista, saat ini pengguna media sosial sudah mencapai 4,2 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah di tahun-tahun yang akan datang.

Lantas, tidak heran jika hampir seluruh pelaku usaha kini memanfaatkan media sosial dalam bisnis mereka. Nyatanya, manfaat media sosial untuk bisnis di era digital ini semakin terasa. Setiap aktivitas lebih terbantu dengan keberadaan teknologi, membuat segalanya terlihat lebih praktis dan simpel. Dengan adanya koneksi internet dan gadget, maka pebisnis dapat dengan mudah memasarkan usahanya ke target konsumen dan menarik audiens dalam jumlah besar dengan mengikuti challenge yang sedang viral di media sosial. Pelaku usaha sudah tidak perlu lagi membuka tempat usaha secara fisik, dengan menggunakan market place saja, siapa pun bisa memulai bisnis impian mereka.

Meningkatnya kemudahan dalam mengawali bisnis ini tentu membuat pesaing di pasarmu akan semakin bertambah. Persaingan yang ketat ini akan memaksamu untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Salah satu cara untuk bisa semakin fleksibel terhadap kebutuhan konsumen adalah dengan memanfaatkan platform yang dapat meraup audiens dalam jumlah besar. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, dan masih banyak lagi, kini menjad pilihan pelaku bisnis dalam memasarkan produknya.

Lalu, apa saja manfaat media sosial untuk bisnis? Berikut ini dia penjelasannya, baca sampai selesai ya!

Medsos Bisa Dipakai Untuk Menganalisis Perilaku Konsumen

Kenalan lebih dalam dengan konsumenmu lewat media sosial.
Kenalan lebih dalam dengan konsumenmu lewat social media

Setiap konsumen memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Hal inilah yang harus dapat dipenuhi oleh pelaku usaha jika ingin bisnisnya bertahan lama. Sebuah bisnis bisa bertahan untuk waktu yang lama apabila bisnis tersebut dapat menjawab dengan tepat seluruh kebutuhan konsumennya, sehingga mampu menghasilkan konsumen yang loyal. Melalui loyalitas konsumen inilah, kamu akan bisa memperoleh repeat order atau pesanan berulang. Nah, pesanan berulang inilah yang biasanya menjadi sumber keuntungan pasti dari setiap bisnis. Customer loyalty inilah yang harus dicapai setiap usaha.

Untuk itu, penting untuk bisa menganalisis karakteristik serta perilaku konsumen. Hal ini dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan medsos. Salah satu manfaat media sosial untuk bisnis adalah untuk mengenal konsumen kamu secara lebih dalam lagi. Melalui informasi yang kamu dapatkan ini, kamu bisa memutuskan segala sesuatu perihal bisnis kamu dengan lebih mudah dan tepat mengenai sasaran yang kamu inginkan.

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis: Media Promosi

Media sosial bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran digital produkmu
Social media bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran digital produkmu

Satu lagi manfaat dari medsos untuk bisnis kamu, kamu bisa menggunakannya sebagai sarana untuk memasarkan produkmu. Di era digital seperti saat ini, pemasaran tradisional sudah jarang dilakukan. Kini semua usaha lebih memilih pemasaran digital memanfaatkan sarana internet, seperti melalui website dan sosial media milikmu.

Dengan menyediakan konten yang menarik di Instagram misalnya, kamu bisa memperkenalkan bisnis kamu ke lebih banyak orang, menjangkau lebih banyak konsumen, dan menarik minat konsumen. Mereka yang tadinya tidak ingin beli apa-apa jadi tergoda ingin membeli ketika melihat konten-konten di medsos. Belum lagi konten-konten yang ditawarkan di medsos sangat menarik dan banyak digemari anak muda seperti berbagai challenge menarik yang ada di Tiktok.

Baca Juga: Stop! 5 Kelebihan Bootsol yang Super Ini akan Buat Bisnis Makin Maju

Terima Feedback Konsumen dengan Lebih Cepat dan Mudah

Interaksi yang tinggi dengan konsumen bisa menjadi nilai plus.
Interaksi yang tinggi dengan konsumen bisa menjadi nilai plus

Melalui medsos, kamu bisa menerima feedback dari pelanggan dengan lebih cepat dan mudah. Media sosial memang sering kali dipilih sebagai sarana untuk berkomunikasi secara real time dengan pelanggan terkait produk maupun jasa yang kamu tawarkan. Dengan demikian, kamu bisa lebih interaktif dengan konsumen dan pelangganmu akan merasa lebih diperhatikan. Semakin cepat kamu memberi respon, maka kepercayaan konsumen terhadap bisnismu juga akan meningkat.

Branding Jadi Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Berikutnya

Tidak sulit kan mengenali brand satu ini?

Brand merupakan identitas dari sebuah bisnis yang melekat pada benak konsumen sebagai persepsi pelanggan akan bisnis yang kamu miliki. Branding ini merupakan hal penting yang harus dibangun, terutama untuk bisnis yang baru masuk ke dalam pasar persaingan. Produk kamu bisa langsung dikenal hanya dengan mendengar brand-nya saja. Dalam branding ini termasuk nama dari bisnismu, logo, tagline, dan lain sebagainya. Medsos merupakan salah satu sarana yang memiliki peran besar dalam membangun brand suatu usaha dalam benak pasaran dan pelanggannya. Kamu bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produkmu melalui branding ini.

Pantau Kompetitor Lewat Social Media

Manfaat media sosial untuk bisnis: kamu bisa terus pantau pergerakan kompetitor.
Terus pantau gerak gerik kompetitor dengan social media

Kenali lawanmu untuk bisa menang. Nampaknya pepatah satu ini cocok untuk menggambarkan pasar persaingan dunia bisnis yang selalu dipenuhi dengan kompetisi ketat. Ratusan ribu bisnis baru lahir setiap harinya, dan bersamaan dengan itu, ratusan ribu bisnis di dunia juga terpaksa gulung tikar dan mengaku kalah dalam persaingan.

Saluran media sosial bisa kamu manfaatkan untuk menganalisis strategi dan taktik dari pesaing. Bisa dalam pemasaran mereka, produk mereka, dan lain sebagainya. Kamu harus bisa mengenali pesaingmu untuk bisa bertahan di dunia bisnis yang rapuh ini. Jumlah pesaing berkembang cepat, kamu dituntut untuk bisa memamerkan kekuatan dan keunikan dari produkmu untuk tetap bisa bertahan. Karena itu, manfatakan medsos untuk menganalisis pergerakan lawan.

Memberikan Informasi Dengan Lebih Cepat

Informasi yang ingin kamu sampaikan bisa diterima lebih cepat

Dalam hitungan detik secara real time, kamu bisa memberikan informasi pada pelangganmu dengan tepat. Sosial media ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan informasi yang perlu konsumen kamu ketahui dengan lebih cepat. Misal, kamu bisa memberikan informasi mengenai launching produk baru melakui sosmed milikmu sehingga pelanggan bisa tahu lebih cepat dan bisa mengantisipasi produk barumu.

Memperluas Target Pasar

Konsumenmu bisa semakin luas kalau kamu rajin membuat konten di sosial media

Dengan aktif di media sosial, kamu akan bisa membuat bisnis kamu lebih dikenal oleh banyak orang dan menjangkau berbagai kalangan yang bahkan bukan merupakan bagian dari target pasarmu. Dengan demikian, kamu bisa menarik banyak orang untuk melihat produkmu! Hal ini tentunya bagus untuk mempromosikan produkmu ke makin banyak orang di luar sana.

Itu dia beberapa manfaat media sosial untuk bisnis yang kamu miliki. Mulai gunakan media sosial dalam perancangan bisnis kamu agar bisa lebih berkembang! Untuk lebih tahu mengenai social media management dan bagaimana meningkatkan bisnismu menggunakan social media, kamu bisa cek website kami di Bootsol! Kami menyediakan berbagai layanan untuk membantumu meningkatkan bisnismu lewat social media! Bagaimana? Sudah siap bergabung?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top