fbpx

Di masa perpanjangan PPKM ini, orang-orang menjadi lebih mudah tersinggung, sehingga mereka tidak menggunakan media sosial dengan bijak. Orang-orang perlu mengetahui cara menggunakan media sosial dengan bijak. Lebih sering menggunakan waktu luang untuk kegiatan yang lebih bermanfaat dibanding berselancara di media sosial. Berikut adalah bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak:

menggunakan media sosial dengan bijak

Jangan Asal Memposting

Lebih bijaklah dalam mempositng suatu posting ke dalam media sosial. Dengan memposting, kalian sudah memberi hak kepada pengguna lain untuk melihat dan mengomentari postingan kalian. jadi setiap yang kalian posting bisa di lihat oleh publik. Dengan begitu orang bebas untuk menyebarkan dan membagikan postingan yang kalian posting. Jika kalian memposting sesuatu yang bisa mengundang kebencian, kalian bisa saja di komentari dengan komentar-komentar yang mengandnug kebencian. Bijaklah dalam memilih mana yang bisa di posting secara umum dan mana yang harus di simpan untuk pribadi saja. Dengan mempertimbangkan niat dan tujuan yang kalian ingin saat memposting sebuah postingan di dalam akun kalian. apakah untuk pamer, berbagi, atau untuk menyimpan kenangan di dalam sosial media.

Menjaga Data Pribadi

Menggunakan media sosial media dengan bijak berarti juga melindungi kemanan data pribadi kalian. jika kalian memposting suatu yang mengandung data pribadi, kemungkinan data kalian bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sudah banyak kasus di mana data pribadinya digunakan oleh orang lain untuk keuntungannya sendiri. Lebih ketat dan bijaklah dalam memilih suatu untuk di posting ke dalam akun sosial media kalian. Sehingga data pribadi kalian terlindungi dan tidak digunakan oleh orang lain untuk keuntungan pribadi mereka. Jangan nasi sudah menjadi bubur, data pribadi kalian digunakan oleh orang lain untuk keuntungan pribadi mereka atau menipu dengan menggunakan data diri kalian.

Menjaga Etika dalam Bersosial Media

Memang benar kalian diberikan kebebasan dalam menggunakan sosial media, bukan berarti kalian tidak beretika dalam menggunakan sosial media. Selalu menjaga sopan santun, etika, dan sikap dalam menggunakan sosial media. sangat penting untuk menjaga etika dalam menggunakan sosial media, agar tidak menciptakan percikan konflik dan perpecahan yang tidak diperlukan. Beretika adalah salah satu cara menggunakan media sosial dengan bijak. Membuat lingkungan yang baik untuk pengguna sosial media dengan beretika.

Baca Juga: Dampak Sosial Media Bagi KEsehatan Mental

Jangan Mudah Percaya

Ada banyak macam pengguna di dalam sosial media. Kalian harus lebih waspada dan jangan mudah percaya terhadap apa yang ditunjukan di dalam sosial media. Sosial media banyak informasi dan orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan sosial media. Informasi yang teresebar di dalam sosial media bisa saja terdapat berita bohong yang sudah tersebar. Jika kalian menerima berita dari sosial media, lebih mengecek kebenaran dalam informasi yang kalian terima.

Menggunakan media sosial dengan bijak untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak di inginkan. Banyak korban yang termakan oleh berita bohong yang tersebar di dalam sosial media. Belum lagi penipuan yang sering terjadi. Penipuan di sosial media sudah banyak memakan korban. Banyak kedok yang sering digunakan oleh para penipu untuk melakukan penipuan kepada para pengguna sosial media. Ada yang menggunakan kedok give away melalui artis-artis ternama, hingga memenangkan lelang yang pada akhirnya uang mereka di ambil oleh para penipu itu.

Memilih Akun Yang Di Ikuti

Menggunakan media sosial dengan bijak berarti juga memilih akun-akun apa saja yang di ikuti. Karena sosial media bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental kalian sendiri. dengan mengikut akun-akun yang membawa pengaruh positif terhadap kesehatan mental kita. Banyak pengaruh-pengaruh buruk yang berasal dari sosial media yang terbawa ke dalam dunia nyata.

Tanpa di sadari bermain sosial media berlebihan dapat menyebabkan rasa malas yang akan sangat sulit di lawan jika kalian tidak menghentikan kebiasaan bermain sosial media tanpa ingat waktu. Lebih baik biasakan menggunakan sosial media maksimal 2 jam sehari, untuk menghindari kecanduan akan sosial media. Jika kalian sudah kecanduan akan sosial media, kalian bisa sangat susah untuk lepas dari sosial media. Disarankan untuk mengunjungi dokter atau psikiater untuk mengatasi kecanduannya.

Menggunakan media sosial dengan bijak merupakan Langkah yang tepat. Apalagi di masa pandemi seperti ini. lebih baik menggunakan waktu luang kalian untuk kegiataan yang lebih bermanfaat daripada membuka akun sosial media kalian. Mengurangi intensitas membuka sosial media kalian sangat baik untuk kesehatan mental kalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top