fbpx

Kini, perkembangan media sosial yang begitu cepat membawa arus perubahan pemasaran media sosial juga semakin marak. Hal ini dikarenakan banyaknya manusia yang telah saling terkoneksi satu sama lain dalam media sosial. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang ingin atau sedang mengembangkan bisnis untuk memasarkan produk atau jasa di media sosial ini.

Munculnya dan berkembangnya media sosial yang begitu cepat pada awal tahun 2000-an juga dimanfaatkan oleh dunia marketing. Tidak hanya digunakan sebagai jejaring sosial, namun juga dapat secara efektif memasarkan produk dan jasa bagi siapapun yang mempostingnya.

Penjualan melalui media sosial ini menjadi salah satu favorit teknik pemasaran saat ini. Beberapa keuntungan yang didapatkan seperti dapat menjalin hubungan dengan konsumen secara langsung, mendapatkan feedback secara langsung dan jujur, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, Bootsol akan membahas mengenai pemasaran media sosial lebih dalam dan menjelaskan mengapa Anda perlu melakukannya sekarang juga. Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu Pemasaran Media Sosial?

Ilustrasi sosial media marketing
Ilustrasi Sosial Media Marketing

Seperti namanya, pemasaran media sosial atau sosial media marketing merupakan teknik penjualan digital yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa dengan cara berbayar maupun tidak. Pemasar dapat berinteraksi layaknya berjejaring dengan konsumen, menayangkan produk-produk baru, membalas komentar atau keluhan, serta mendengarkan rekomendasi dari konsumen.

Hal inilah yang membedakannya dengan channel pemasaran lain dimana interaksi yang real-time merupakan salah satu hal esensial dari melakukan penjualan melalui media sosial. Media sosial juga dikenal dengan fleksibilitasnya dalam menjual produk karena apapun jenis produk dan layanannya hampir semuanya dapat dijangkau.

Melakukan penjualan melalui media sosial juga sangat cocok bagi Anda yang sedang merintis usaha baru atau sekedar ingin mengetahui atmosfer penjualan digital. Mengapa demikian? Karena media sosial menawarkan dua cara yaitu berbayar dan organik atau tidak berbayar. Banyak pemasar yang baru menjual produknya melakukan keduanya sekaligus dengan biaya yang sangat terjangkau karena dapat disesuaikan.

Baca juga: Social Media Marketing, Strategi Digital Marketing di Tahun 2021

Mengapa Sosial Media Marketing itu Penting?

Cukup banyaknya pilihan platform media sosial yang berkembang menjadi hal yang terpenting bagi Anda yang ingin memasarkan produk dan juga meningkatkan kesadaran merek di kalangan masyarakat. Selain itu, media sosial juga merupakan salah satu pilar penting untuk memasarkan produk secara digital.

Lau, apa saja sih yang membuat pemasaran di media sosial itu penting? Simak beberapa ulasannya berikut ini!

1. Banyak Pengguna Media Sosial

Ilustrasi pengguna media sosial
Ilustrasi pengguna media sosial

Seperti yang kita tahu bahwa penduduk Indonesia merupakan salah satu penduduk terbesar di dunia. Hal ini juga berdampak pada besarnya pengguna internet di Indonesia saat ini. Dikutip dari tekno.kompas.com, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 61,8 persen atau setara dengan 170 juta jiwa.

Oleh karena itu pemasaran media sosial dinilai sangat penting untuk memanfaatkan keberlimpahan pasar di Indonesia yang sedemikian rupa. Masih merujuk sumber yang sama, sekitar 168,5 juta pengguna media sosial di Indonesia menggunakan ponsel pintar dalam mengakses media sosial.

Berdasarkan pada data tersebut, maka sosial media marketing merupakan salah satu cara yang ampuh jika Anda ingin melakukan pemasaran yang efektif. Pengguna media sosial di Indonesia juga sangat sering menghabiskan waktunya berjam-jam dengan berjejaring di beberapa media sosial.

2. Biaya yang Efisien

Pemasaran media sosial memiliki biaya yang efisien
Pemasaran media sosial memiliki biaya yang efisien

Berbicara mengenai biaya dalam pemasaran media sosial bahwa banyak sekali pemasar-pemasar yang baru mencoba mempromosikan produknya melalui media sosial karena biayanya. Terdapat dua jenis promosi layaknya melalui halaman hasil mesin pencari, yaitu berbayar dan organik.

Jika Anda ingin melakukan sosial media marketing secara organik, maka sangat dianjurkan untuk membuat konten yang menarik perhatian pengguna. Selain itu juga konten Anda harus memiliki jawaban atas berbagai masalah yang dimiliki para pengikut atau pengguna lainnya.

Sementara itu jika Anda ingin melakukan promosi secara berbayar terdapat fitur iklan atau ads di tiap-tiap media sosial seperti Instagram Ads, Twitter Ads, Facebook Ads, dan lainnya.

3. Tipe Pengguna yang Beragam

Jika Anda ingin sukses dalam sosial media marketing maka Anda juga harus memahami tipe-tipe pengguna dari tiap-tiap media sosial itu sendiri. Seperti yang dikutip dari Databoks, pengguna mayoritas Instagram di Indonesia merupakan perempuan dengan persentase sekitar 52,6%.

Contoh lain seperti misalnya Anda ingin memasarkan produk kepada orang-orang yang berumur di atas 30 tahun. Maka salah satu platform media sosial yang paling tepat adalah Facebook. Hal ini karena pengguna Facebook merupakan salah satu pengguna media sosial terlama di Indonesia sehingga mereka telah memiliki umur yang cukup tidak muda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda yang ingin memasarkan produk tertentu untuk mengetahui karakteristik tiap platform media sosial yang akan Anda gunakan.

4. Mudah dalam Mentargetkan Konsumen

Ya, kita tahu bahwa pengguna media sosial merupakan masyarakat yang sangat beragam. Namun, melakukan pemasaran media sosial dapat membantu Anda menentukan target calon konsumen mana yang akan didapatkan.

Seperti contohnya Facebook yang menawarkan iklan yang memungkinkan dapat ditargetkan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lain-lain. Hal ini tentu membantu Anda dalam mempromosikan produk sehingga lebih efisien dalam beriklan.

5. Meningkatkan Pemasaran

Hal yang terpenting yang didapatkan dari melakukan sosial media marketing adalah meningkatkan pemasaran atau penjualan. Menurut jurnal.id, sekitar 70% mereka yang mendapatkan konsumen baru, mendapatkannya melalui media sosial. Sudah tentu keuntungan yang sangat besar bila Anda mengandalkan sosial media untuk meningkatkan pemasaran.

Selain itu, faktor yang mendukung dari meningkatnya pemasaran adalah hubungan yang terjalin antara penjual dengan konsumen di media sosial. Ya, selain melakukan pemasaran media sosial yang berfokus pada promosi, menggunakan media sosial sebagai bentuk bisnis juga penting untuk tetap berhubungan serta berkomunikasi baik dengan konsumen.

Lalu, hal yang terpenting saat ini adalah apakah Anda telah siap untuk memulai promosi Anda di media sosial? Dengan membuat konten yang terbaik serta menentukan platform media sosial mana yang akan Anda gunakan untuk melakukan pemasaran media sosial. Tenang, Bootsol memiliki solusi bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan bisnis melalui media sosial.

Bootsol: Solusi Sosial Media Marketing

Tampilan website Bootsol

Pasti banyak di antara kalian yang sedang ingin mengembangkan pemasaran produk melalui media sosial namun belum tahu bagaimana cara menjalankan kampanye yang efektif di berbagai platform. Oleh karena itu Bootsol hadir untuk kalian dengan menyajikan berbagai solusi digital bagi Anda yang sedang memulai bisnis baru Anda.

Bootsol menyajikan solusi sosial media marketing dengan 4 paket yang akan membantu Anda meningkatkan traffic. Dimulai dengan paket Silver yang menawarkan perencanaan kampanye iklan di Facebook maupun di Instagram, kemudian memposting iklan 5x dalam seminggu (hanya berupa teks) serta laporan bulanan yang akan membantu Anda dalam menganalisis hasil promosi.

Jika Anda membutuhkan ide desain konten yang menarik, cocok untuk Anda memilih paket Gold. Paket Gold menawarkan 2-3x posting konten dalam seminggu serta membuat desain konten agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bootsol juga menyediakan paket layanan yang lebih advance dengan paket Platinum dan Special. Lalu apa saja yang didapat dari paket Platinum dan Special?

Ya, tentu kalian akan mendapatkan semua layanan seperti yang tertera di paket Silver dan Gold dengan banyak manfaat lainnya. Anda akan mendapatkan gratis 30 hari Youtube Ads yang akan membuat bisnis Anda semakin cepat berkembang. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan pemeliharaan website bahkan kalian juga akan mendapatkan satu buah video animasi yang menjelasakan produk kalian jika memilih paket Special.

Jadi, tunggu apalagi segera kembangkan bisnis kalian bersama Bootsol untuk meraih hasil yang maksimal. Untuk lebih lanjut, simak pricing di Bootsol ini ya!

Baca juga: Social Media Marketing 2021: Panduan Powerful untuk Bisnis Successful

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top