fbpx

Social Media Marketing atau yang kerap disingkat SMM perlu diperhatikan dalam mengelola suatu usaha atau bisnis. Mengapa demikian? Simak sampai akhir!

Social Media Marketing

Social media marketing sangat penting bagi bisnis
Social Media Marketing harus diperhatikan dalam pengembangan sebuah bisnis

Dilansir dari accurate.id, social media marketing merupakan sebuah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan platform media sosial untuk melakukan promosi terhadap produk atau layanan organisasinya baik melalui cara yang berbayar maupun tidak berbayar.

Melalui platform media sosial, marketer dapat berinteraksi langsung dengan pelanggannya, merespon pertanyaan, kritik, dan saran secara mudah, melaunching produk baru serta dapat membangun komunitas tertentu berkaitan dengan produk yang dijual.

Kamu dapat melakukan social media marketing bagi bisnis kamu dengan menggunakan platform seperti :

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. LinkedIn
  5. YouTube
  6. TikTok

Platform media sosial diatas adalah platform yang cukup populer dan banyak digunakan untuk melakukan social media marketing.

Pentingnya Social Media Marketing

Social media marketing memiliki banyak manfaat penting bagi bisnis

1. Brand Awareness

Melalui social media marketing, merek bisnis yang kamu punya akan lebih mudah untuk dikenal orang. Secara, media sosial merupakan hal yang dapat menyebarkan sesuatu secara sangat luas. Profil yang menarik dan jelas akan menggambarkan kepribadian merek. Konten yang menghibur dan menarik juga akan menambahkan nilai positif untuk produk bisnis kamu.

Media sosial membuat merek bisnis kamu gampang diketahui dan dikenal orang. Misalnya, kamu mengiklankan konten kamu di Instagram, lalu banyak calon konsumen yang tertarik karena konten yang bagus, selanjutnya mereka akan mengunjungi akun bisnis kamu dan mencari tahu tentang produk yang ditawarkan. Bila mereka tertarik maka akan terjadi sebuah pembelian bahkan pembelian yang berulang kali.

2. Promosi

Promosi merupakan hal utama dalam social media marketing. Kamu dapat mempromosikan produkmu melalui media sosial tanpa mengeluarkan banyak biaya. Kunci dari social media marketing yang baik adalah konsistensi dalam mengunggah konten atau mempromosikan produk serta merek. Karena cakupan media sosial itu sangat luas, maka mudah sekali untuk terjadi Word of Mouth. Misalkan seorang influencer mereview produk hasil bisnismu lalu pengikutnya terpengaruh dan ikut membeli, lalu ia mereview juga dan puas, dan pengikutnya ikut membeli juga dan seterusnya. Dengan begitu bisnis kamu terpromosi dengan baik dan akan meningkatkan penjualan yang signifikan.

3. Product Development

Product development atau pengembangan produk dapat menjadi akibat yang positif dari social media marketing. Melalui social media marketing, kamu dituntut untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens atau konsumen mengenai apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Dengan media sosial, para konsumen juga dengan bebas berkomentar atau ber kritik tentang produk dan merek kamu. Melalui umpan balik yang didapatkan, kamu dapat membuat sebuah pengembangan produk disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen.

4. Minimalisir Biaya

Kamu dapat membuat akun secara gratis di segala platform media sosial. Ini merupakan hal yang sangat efektif dari social media marketing. Social media marketing cenderung lebih menuntut untuk menerbitkan konten dan berinteraksi dengan konsumen. Tentunya media konvensional membutuhkan biaya yang sangat banyak untuk melakukan promosi, namun dengan media sosial, kamu hanya perlu konsisten dalam memposting konten serta menjaga engagement dengan audiens. Jika ingin mempromosikan konten kamu agar tersebar lebih luas, kamu tetap dapat mengiklankannya melalui media sosial dengan biaya yang cukup murah dibandingkan dengan media lainnya.

5. Targeting & Retargeting

Semua usaha bisnis tentu memiliki target. Dengan social media marketing, kamu dapat menyesuaikan konten kamu dengan minat calon konsumen kamu. Platform media sosial memiliki sistem targeting yang canggih. Dengan demikian, kamu bisa memiliki target konsumen yang dipilih berdasarkan domisili, catatan pembelian online, hingga halaman media sosial yang mereka ikuti. Hal itu dapat menjadi data kamu dalam menentukan target konsumen yang bisa dikonversi menjadi pembeli.

Jasa SMM Bootsol

Bootsol menyediakan jasa Social Media Marketing

Bagi pebisnis yang ingin memaksimalkan social media marketing, biasanya mereka menggunakan jasa SMM ini. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa SMM adalah Bootsol. Bootsol sudah berdiri lebih dari 10 tahun untuk menyediakan jasa layanan digital untuk memaksimalkan kegiatan bisnis online kamu. Salah satu service Bootsol yaitu melakukan social media marketing bagi para kliennya. Bootsol dapat mengelola berbagai platform media sosial seperti yang disebutkan diatas.

Harga dari jasa SMM Bootsol mulai dari Rp 2.670.000 hingga Rp 8.100.000 perbulannya tergantung pada paket service yang kamu ambil. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika memakai jasa SMM dari Bootsol untuk bisnis kamu, dijamin media sosial yang bisnis kamu miliki akan berkembang.

Baca juga: Web Design & Development? Yuk Lihat 3 Penawaran Bootsol Yang Super Cool!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top