fbpx

Di jaman yang serba digital, media sosial menjadi elemen penting yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sosial media marketing. Terlepas dari beberapa tools marketing yang bisa dilakukan, social media marketing sejatinya salah satu tools yang sangat menjanjikan jika dilakukan untuk bagian dari proses pemasaran

Lalu apa itu sosial media marketing? Singkatnya sosial media marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan sosial media, seperti facebook, twitter, atau Instagram. Namun makna luas dari social media marketing juga bisa dilihat dari beberapa sudut pandang. Hubspot mendefinisikan social media marketing sebagai sebuah kegiatan pembuatan konten. Dari konten tersebut kemudian menarik masyarakat terhadap brand/produk yang dipasarkan. Lebih lanjut Neil Patel menjelaskan bahwa pemasaran melalui sosial media adalah sebuah proses menarik perhatian khalayak agar terikat konten yang disajikan.

Social Media Marketing
Pemasaran Pada Media Sosial

Sosial media marketing untuk diperhatikan mengingat dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia sudah menggunakan media sosial di kehidupan sehari-hari. Tentu hal ini adalah data yang bisa mendukung bahwa social media marketing menjadi tools yang menjanjikan untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan nilai bisnis. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh melalui social media marketing sebagai berikut:

Keuntungan Sosial Media Marketing

Fleksibel dan Mudah Diakses

Tentu sosial media marketing adalah cara pemasaran yang sangat fleksibel dan mudah dilakukan, entah itu bagi pelaku bisnis maupun audiens. Hal ini berkaitan langsung dengan bagaimana sifat dari media sosial itu sendiri. Anda bisa memberikan informasi serta menerima informasi dari mana saja dan kapan saja. Hal ini juga tentu berlaku dengan sosial media marketing yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Murah dan Efisien

Biasanya pemasaran dilakukan dengan biaya yang cukup besar, namun sosial media marketing adalah salah satu jawaban yang bisa dijadikan solusi atas besarnya biaya pemasaran. Dengan data begitu banyaknya pengguna media sosial, maka ini menjadi peluang yang cukup potensial untuk melakukan pemasaran dengan audiens yang besar dan biaya yang sedikit.

Membangun Brand Awareness

Lebih lanjut, dengan banyaknya pengguna sosial media di dunia, maka hal ini juga akan membantu menumbuhkan brand awareness bagi khalayak. Hal ini disebabkan jika konten-konten pemasaran terus-menerus di sampaikan kepada audiens, maka perlahan akan terbentuk kesadaran terhadap brand yang dipasarkan

Mendapat Feedback

Pemasaran melalui media sosial juga memungkinkan untuk melihat feedback yang diberikan oleh audiens, entah itu berupa likes, comment, atau interaksi audiens dalam media sosial. Sehingga ini bisa menjadi bahan evaluasi atau pertimbangan bagi pengusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan produk atau brand yang sedang dipasarkan.

Nah, dari sekian banyak keuntungan yang bisa diperoleh, yuk simak beberapa tips untuk melakukan social media marketing!

Riset Klien dan Analisa Kompetitor

Riset Klien dan Analisis Kompetitor pada Social Media Marketing
Riset Klien dan Analisis Kompetitor

Sebelum melakukan sosial media marketing melakukan riset klien dan kompetitor. Ini menjadi penting agar bisnis yang kamu lakukan tidak salah sasaran, atau sudah terlalu mainstream dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

Untuk riset klien, ini juga berpengaruh terhadap media apa yang akan kamu gunakan untuk pemasaran, konten seperti apa yang akan diberikan, dan cara apa yang kamu lakukan untuk mendukung program pemasaran. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk riset klien adalah analisis STP (segmenting, targeting, dan positioning). Sebagai bagian dari proses pemasaran, nyatanya STP cukup efektif memetakan audiens. Marketer juga akan lebih mudah menyampaikan pesan jika sudah memiliki STP yang jelas, sehingga dari STP ini bisa memperoleh segmen bisnis secara tepat, melalui positioning brand/produk.

Baca juga: Epic! 4 Service Bootsol Untuk Perkembangan Bisnis Digital Kamu!

Lebih lanjut, secara umum analisis STP ini salah satu tujuannya adalah mengetahui target segmen merek dan produk yang kamu punya, dengan memperhatikan beberapa poin. Poin yang dimaksud adalah demografis, psikografis, geografis hingga kepercayaan.

Terkait analisa kompetitor, bisa melakukan analisis SWOT. SWOT adalah singkatan dari strengths, weakness, opportunities, dan threats. Singkatnya analisis SWOT adalah cara untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik itu internal maupun eksternal termasuk kompetitor. Sehingga dengan melakukan analisis SWOT bisa memperjelas hal baik dan buruk entah dari perusahaan maupun yang terjadi di luar perusahaan.

Buat Tujuan yang Jelas

Membuat Tujuan pada Social Media Marketing
Membuat Tujuan

Sebelum melakukan social media marketing, membuat tujuan yang jelas adalah satu elemen yang penting di dalamnya. Dengan tujuan yang jelas, maka strategi yang akan dilakukan mengacu pada tujuan yang sudah ditentukan di awal.

Tujuan yang dimaksud bisa berupa menumbuhkan kesadaran terhadap merek, meningkatkan traffic pada web, pembelian, atau hanya sekedar menemukan customer baru. Tentu dari setiap tujuan tersebut memiliki treatment yang berbeda untuk mencapainya. Jadi jangan lupa membuat tujuan yang jelas terlebih dahulu ya!

Membuat Konten yang Menarik

Konten Social Media Marketing
Konten Sosial Media Marketing

Membuat konten yang menarik juga menjadi salah satu elemen penting melakukan pemasaran pada sosial media. Namun sebelum membuat konten, perlu diperhatikan bahwa yang terpenting adalah kualitas dan bukan kuantitas. Hal ini mengingat pemasaran dilakukan kepada manusia, yang mana tentu akan menginginkan konten-konten yang menghibur atau bermanfaat (insightful).

Selain itu bisa juga memanfaatkan sesuatu yang sedang tren atau viral di masyarakat saat ini. Kamu bisa melihat hal ini melalui topik apa saja yang sedang dibahas masyarakat kini di media sosial, sehingga bisa menjadikan bahan untuk membuat konten yang menarik.

Baca juga: Yuk Intip 5 Tools Desain Untuk Pemula Yang Bikin Desain Kamu Lebih Eye-Catching

Selain itu ada beberapa poin juga yang harus diperhatikan dalam membuat konten yang menarik yakni, memikirkan topik yang cocok dengan audiens, konten bertujuan untuk promosi, jangan juga terlalu sering (kualitas bukan kuantitas), mampu menjawab kebutuhan konsumen saat ini, dan jangan berlebihan membuat konten untuk penjualan.

Pilih Media Sosial yang Tepat

Media Sosial
Media Sosial

Memilih media sosial yang tepat sebagai media pemasaran adalah salah satu hal penting lainnya. Hal ini disebabkan setiap media sosial memiliki karakteristik dan audiens yang berbeda-beda, sehingga tidak semua media sosial cocok untuk bisnis yang sedang dikembangkan.

Hal ini juga berkaitan dengan pentingnya melakukan riset klien, karena ketika tidak semua audiens diakomodir dalam satu media sosial. Kamu akan menemukan audiens yang ingin mengembangkan karir di LinkedIn, dan tidak dengan TikTok. Instagram cocok untuk audiens yang masih muda dan Facebook cocok jika target audiensmu adalah kalangan profesional dan model bisnis B2B (business to business)

Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Lakukan Evaluasi

 Evaluasi Program Social Media Marketing
Evaluasi Program

Dan langkah terakhir adalah melakukan evaluasi. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui hal apa yang optimal dilakukan saat proses pemasaran, dan yang mana tidak. Konten-konten dengan engagement tinggi tentu bisa dipertimbangkan untuk dibuat kembali pada proses pemasaran selanjutnya. Evaluasi juga tidak hanya terkait apa yang disajikan kepada audiens, namun juga kinerja dibelakang proses pemasaran, termasuk komunikasi dan kerjasama antar tim marketing.

Selain melihat engagement, bisa juga melakukan kegiatan interaksi dengan audiens dengan memperhatikan konten apa yang sedang ingin dibahas, atau hanya sekedar menyapa audiens melalui media sosial. Banyaknya orang yang berpartisipasi didalamnya tentu bisa menjadi bahan evaluasi, khususnya seberapa besar audiens yang terikat pada sosial media.

Dari sekian banyak tips tersebut, tentu ada beberapa point lain yang akan kamu bisa temukan selama proses pemasaran, dan akan menjadi insight untuk memaksimalkan social media marketing mu. Gimana, sudah siap improve bisnis mu dengan social media marketing?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top