fbpx
Mengenal Asisten Google
Mengenal Asisten Google

Di artikel Bootsol sebelumnya mengenai Teknologi Artifial Intelligence (AI) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, kami telah menyinggung Voice Assistant atau disebut juga sebagai asisten virtual sebagai contoh penerapan teknologi yang mengaplikasikan AI. Terdapat beberapa voice assistant yang populer saat ini, diantaranya adalah voice assistant keluaran Apple bernama Siri, Alexa dari Amazon, dan tentunya saja asisten Google.

Layaknya voice assistant lainnya, asisten Google adalah teknologi asisten virtual yang menerapkan teknologi AI berjenis mesin pembelajar atau deep learning yang diprogram untuk memahami dan menjalankan perintah melalui suara. Dengan menggunakan asisten Google, Anda dapat memberi perintah-perintah sederhana seperti mengirim pesan singkat, menyalakan timer, membuat reminder, menelpon, menyalakan alarm. Fitur ini juga dapat melakukan beberapa perintah yang lumayan rumit seperti menerjemahkan teks, mencari informasi, hingga mencari lelucon atau tebak-tebakan. Untuk menggunakannya, Anda perlu merubah setting bahasa perangkat Anda menjadi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau bahasa lain yang tersedia jika perangkat Anda masih menggunakan bahasa default.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan aplikasi ini, jangan khawatir! Untuk lebih jelasnya, Bootsol akan memberikan informasi lengkap mengenai voice assistant keluaran Google ini.

Baca Juga: Super Helpful, 5 Aplikasi Lockscreen Terbaik ini Bantu Tingkatkan Privacy

Peluncuran Asisten Google

asisten Google
Source: APKCombo

Pada awalnya di tahun 2016, asisten Google adalah perkembangan dari fitur Google Now yang didesain untuk menjalankan perintah dengan voice control “OK Google”. Selanjutnya, jadwal peluncuran aplikasi asisten Google akan dilakukan diakhir tahun 2018, akan tetapi jadwal tersebut dilakukan lebih awal yakni pada 1 April 2018.

Tampaknya, Google begitu siap untuk bersaing di kompetisi voice assistant melawan Alexa dari Amazon dan Siri dari Apple. Pada peluncurannya, Google telah menjanjikan fitur ini dapat diakses oleh 30 bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat Android dan iOS. Banyak yang menilai bahwa aplikasi ini telah berkembang menjadi voice assistant paling maju dan terdinamis dibanding kompetitor-kompetitornya.

Akhir-akhir ini, Google tampaknya memang sedang melakukan inovasi serius pada perangkat Android. Mereka melakukan banyak inovasi salah satunya adalah mengeluarkan versi ringan dari produk-produknya dalam embel-embel Go yang dapat menekan ukuran memori. Sebut saja Youtube Go, Google Go, hingga Google Maps Go. Bahkan Google juga meluncurkan asisten Google Go, yakni versi ringan dari asisten Google. Aplikasi ini dibuat untuk menarik pengguna smartphone Android berkelas budget dengan ukuran RAM tidak lebih dari 1 GB. Hal ini bukan tanpa alasan karena voice assistant memang dikenal menyedot banyak kapasistas memori.

Pada pemakaiannya, hanya fitur reminder saja yang hilang dari asisten Google Go. Fitur Actions on Google juga tidak tersedia, namun fungsi ini dianggap tidak terlalu penting oleh pengguna sehingga absennya fungsi ini tidak begitu berdampak signifikan. Namun terdapat kekurangan dari versi light ini, bahasa yang dapat digunakan hanya Bahasa Inggris.

Apa saja yang dapat dilakukan?

aplikasi asisten Google
Google Assistant App

Seperti yang telah disingguh diatas, asisten Google dapat memahami dan menjalankan perintah ringan hingga cukup rumit. Tapi sebenarnya apa saja yang dapat dilakukan aplikasi ini?

Untuk mengaktifkannya, Anda perlu mengucapkan “OK Google” atau Hey Google terlebih dahulu, kemudian ucapkan apa yang Anda mau. Berikut adalah beberapa perintah yang dapat dilakukan oleh asisten Google:

  • Mengontrol perangkat pintar dan fitur smart home Anda
  • Mengakses informasi dari kalender atau sumber informasi pribadi lainnya
  • Menemukan informasi dari browser, mulai dari cuaca, booking restoran, sampai berita
  • Menyalakan musik
  • Menyalakan timer
  • Mengatur reminder
  • Mengirim pesan
  • Menelpon
  • Membuka aplikasi di smartphone
  • Membuka dan membaca notifikasi yang masuk
  • Menerjemahkan suara secara real-time (langsung)
  • Memainkan games

Perintah-perintah di atas adalah beberapa perintah yang paling populer dan paling sering digunakan. Anda dapat mencoba untuk memberi perintah yang cukup rumit sebagai hiburan seperti mencari resep, lelucon, dan tebak-tebakan.

Itulah informasi lengkap mengenai asisten Google yang merupakan aplikasi voice assistant terdepan dan terdinamis. Bagaimana menurut Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar!

Baca Juga: Super Interesting, Ternyata ini 4 Jenis Mobile Computing yang Wajib anda Ketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top