fbpx

Banyak orang yang mengalami kesusahan dalam memelihara dan mengerti cara menggunakan earphone agar tetap awet. Ini menyebabkan, banyak orang harus mengeluarkan uang terus menerus untuk membeli earphone baru karena yang lama telah rusak. Tak jarang dari mereka, bahkan menganggap earphone yang di beli memiliki kualitas yang rendah, sehingga gampang rusak. Namun faktanya, masih banyak orang-orang yang tidak menggunakan earphone dengan benar sehingga membuatnya cepat rusak. Ada banyak hal-hal yang dianggap kecil, namun bisa berdampak banyak pada awet tidaknya earphone, sehingga buat kamu yang sering menggunakan earphone, harus lebih teliti ya bagaimana cara menggunakan earphone!

Earphone adalah sebuah perangkat yang digunakan di telinga untuk memperbesar suara. Biasanya orang-orang menggunakan earphone untuk mendengar musik, menonton film, atau hal lainnya. Tak jarang, orang-orang menggunakan earphone juga dikarenakan untuk mendapatkan eksklusivitas, niat untuk tidak mengganggu orang di sekitar, atau memperbaiki suara yang ingin di dengar, sehingga earphone menjadi salah satu perangkat tambahan yang hampir semua orang saat ini miliki.

Selain earphone, ada beberapa jenis pengeras suara yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Seperti earphone, headphone, headset, dan handsfree. Uniknya, banyak diantara mereka yang salah menyebut. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun karakteristik dari setiap pengeras suara tersebut berbeda-beda. Terkait earphone, di pasaran saat ini ada setidaknya 4 jenis earphone yang di kenal oleh masyarakat.

Jenis Earphone

Earphone Bluetooth

Earphone Bluetooth memiliki ciri tidak menggunakan kabel. Ya sesuai dengan namanya bluetooth, earphone jenis ini memang tidak menggunakan kabel sehingga bisa memudahkan kamu dalam beragam aktivitas seperti olahraga, maupun aktivitas lainnya karena tidak harus terganggu dengan adanya kabel.

Earbud

Earbud adalah jenis earphone yang paling umum dan paling standar. Kualitas suara yang dihasilkan pun cenderung lebih terbuka dan lebar karena penggunaannya berada tidak terlalu dalam pada telinga. Dan biasanya, earphone jenis ini paling sering di temukan di pasaran.

Earfit

Earfit adalah jenis earphone yang memiliki karakteristik di mana terdapat semacam karet agar earphone terpasang dengan baik di telinga. Biasanya earphone akan mudah terlepas jika di pasang di telinga, maka ada earfit ditambahkan semacam karet agar tidak mudah jatuh saat digunakan.

In-Ear-Monitors (IEM)

IEM memiliki karakteristik yang mana penggunaannya dimasukan kedalam lubang telinga, cenderung sempit dan tertutup. Dalam penggunaannya, dari segi mobilitas, memiliki tingkat yang tinggi, serta enak digunakan karena isolasi suara yang di hasilkan, sehingga pengguna akan mendengarkan suara lebih fokus, dan tidak terganggu dengan suara luar.

Earphone pada umumnya juga memiliki keuntungan dan kerugian dalam penggunaannya. Dari segi keuntungan, earphone akan memberikan pengalaman kepada pengguna untuk mendengarkan suara lebih fokus tanpa terganggu suara dari luar, serta bebas. Bebas dalam hal ini adalah pengguna bebas menggunakannya seperti dalam volume, hingga pemakaiannya, sehingga tidak mengganggu orang di sekitar.

Illustrasi Cara Menggunakan Earphone
Illustrasi Earphone

Namun di sisi lain, earphone juga memiliki beberapa kerugian yang diakibatkan pemakaian yang terlalu lama dan cara menggunakan earphone yang tidak benar. Yang paling umum, bahaya penggunaan earphone adalah menurunnya kinerja fungsi pendengaran atau tuli. Ini terjadi akibat kelelahan pada koklea, yang berperan penting dalam fungsi pendengaran. Sehingga menggunakan earphone yang tidak sehat berpotensi menyebabkan beberapa kerugian salah satunya adalah tuli.

Selain itu, penggunaan yang tidak baik juga bisa merusak earphone itu sendiri, sehingga earphone jadi tidak awet atau cepat rusak. Banyak orang tidak mengerti bagaimana cara menggunakan earphone yang baik dan benar sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada earphone. Earphone yang rusak juga akan membuatmu membeli earphone secara terus menerus sehingga membuat boros akan barang-barang yang seharusnya bisa kamu minimalisir kerugiannya.

Baca juga: Tiga Social Media Dengan Pengguna Terbanyak di 2021

Nah bagi kamu yang masih belum paham tentang bagaimana cara menggunakan earphone agar tetap awet, sehingga tidak membuatmu lebih boros untuk membeli yang baru, yuk simak beberapa cara menggunakan earphone yang baik dan benar!

Cara Menggunakan Earphone

Lipat kabel dengan rapi

Illustrasi Cara Menggunakan Earphone
Illustrasi Cara Menggunakan Earphone

Banyak orang masih belum sadar akan hal ini. Mereka biasanya hanya melipat kabel seadanya tanpa peduli resiko kerusakan yang bisa di alami. Melipat kabel dengan cara yang tidak benar akan berpotensi merusak dan memutus kabel bagian dalam, sehingga earphone tidak bisa digunakan. Maka, cara menggunakan earphone harus memperhatikan cara melipat kabel yang benar, dengan tidak menekuk earphone terlalu dalam sehingga tidak memutus kabel bagian dalam.

Tarik steker saat melepaskan

Illustrasi Cara Menggunakan Earphone
Illustrasi Cara Menggunakan Earphone

Selanjutnya, agar membuat earphone tetap awet, saat proses melepaskan earphone dari perangkat yang kamu gunakan seperti handphone atau laptop, lepaskanlah dengan cara menarik steker pada earphone. Banyak orang masih terbiasa melepas earphone dengan cara menarik kabel, bukan steker nya. Seperti pada poin yang pertama, ini bisa saja membuat kabel bagian dalam terputus sehingga membuat earphone tidak berfungsi kembali. Selain itu, saat proses melepaskan, tarik steker dengan lurus, dan tidak menggoyangkan nya. Saat digoyangkan, akan berpotensi merusak steker atau soket di perangkat yang kamu gunakan.

Letakkan pada tempat yang aman

Illustrasi Cara Menggunakan Earphone
Illustrasi Cara Menggunakan Earphone

Selanjutnya, cara menggunakan earphone agar tetap awet adalah dengan cara meletakkannya pada tempat yang aman. Orang-orang biasanya meletakkan earphone pada sembarang tempat, seusai menggunakannya. Oleh sebab itu, ada potensi earphone terinjak, terduduki, dan hal-hal lainnya yang berpotensi merusak earphone. Kamu bisa meletakkan earphone di tempat-tempat yang aman dan terhindar dari resiko-resiko kerusakan tersebut, atau kamu juga bisa membeli wadah atau tempat untuk earphone sehingga terhindar dari resiko kerusakan.

Baca juga: Yuk Disimak, 3 Aplikasi Trading Saham Yang Bagus Untuk Pemula

Lepaskan saat tidak digunakan

Illustrasi Cara Menggunakan Earphone
Illustrasi Cara Menggunakan Earphone

Bagi earphone yang memiliki kabel, selalu melepaskannya saat tidak digunakan adalah salah satu cara agar earphone tetap awet. Hal ini diakibatkan karena earphone akan berpotensi mengalami kerusakan pada kabel saat tetap terpasang pada medium perangkat yang kamu gunakan meskipun tidak sedang menggunakan earphone. Maka dari itu, akan lebih baik selalu melepaskan earphone dari perangkat saat tidak digunakan untuk meminimalisir resiko kerusakan pada kabel earphone

Jangan menggunakan earphone saat tidur

Illustrasi Cara Menggunakan Earphone
Illustrasi Cara Menggunakan Earphone

Dan yang terakhir adalah tidak menggunakan earphone saat tidur. Selain untuk menghindari gangguan kesehatan, tidak menggunakan earphone saat tidur adalah salah satu cara agar earphone tetap awet. Seperti yang kita tahu, bahwa posisi tidur bisa berubah-ubah. Hal itu berpotensi membuat perangkat seperti kabel pada earphone rusak. Hal ini disebabkan saat posisi tidurmu berubah, kabel bisa saja tertarik, dan tertekuk, yang menyebabkan earphone akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Jika kamu terbiasa tidur dengan mendengarkan musik, kamu bisa menggunakan speaker eksternal dengan penyesuaian volume agar nyaman dan tidak mengganggu orang di sekitar.

Nah itu dia beberapa cara menggunakan earphone agar tetap awet sehingga bisa digunakan lebih lama dan kamu tidak perlu sering membeli earphone karena earphone yang kamu miliki rusak akibat penggunaan yang tidak baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top