fbpx

Sebutan guerilla marketing mungkin tidak familiar bagi sebagian orang. Memang, banyak orang tidak sadar akan adanya guerilla marketing sebagai salah satu cara pemasaran yang cukup sering dilakukan. Sebagian orang mungkin sudah terbiasa melihat iklan pada televisi, radio, surat kabar, atau media lainnya. Namun, guerilla marketing justru menjadi cara pemasaran yang masih awam di lakukan, khususnya di Indonesia.

Guerilla marketing atau pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang berfokus pada teknik pemasaran non-konvensional berbiaya rendah, dan diharapkan mampu memberikan hasil yang maksimal. Dilihat dari pengertiannya tersebut, memang guerilla marketing tampak seperti iklan yang berbeda dari iklan-iklan pada umumnya. Guerilla marketing terdapat unsur kreatif yang ditunjukkan melalui iklan sehingga mampu menarik masyarakat. Dan biasanya, guerilla marketing menghabiskan biaya yang cenderung sedikit, sehingga baik bagi perusahaan-perusahaan kecil atau UMKM.

Guerilla Marketing
Gerilya Marketing. (Sumber: pinterest.com)

Selayaknya proses pemasaran pada umumnya, guerilla marketing memang digunakan untuk menarik audiens serta berkaitan dengan proses penjualan produk/brand perusahaan. Namun guerilla marketing juga bisa digunakan pada iklan layanan masyarakat sehingga bisa menjangkau masyarakat dengan cara-cara yang unik dan kreatif.

Nah, untuk memahami dan menerapkan guerilla marketing, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan untuk bisa memaksimalkan guerilla marketing. Ini beberapa prinsip guerilla marketing yang bisa kamu cermati untuk menjalankan pemasaran gerilya!

Prinsip Guerilla Marketing

Penuh Kejutan

Penuh kejutan yang dimaksud disini adalah bagaimana pemasar bisa memberikan dan menampilkan gerilya marketing di tempat yang memang tidak pernah disadari banyak orang. Memilih cara dan tempat yang tidak biasa bisa memberikan efek kejut kepada masyarakat sehingga guerilla marketing yang kamu lakukan bisa menarik audiens lebih banyak.

Baca juga: Mau Edit Foto? Wajib Instal 5 Aplikasi Incredible Ini!

Kreatif dan Inovatif

Gerilya marketing mengedepankan imajinasi, pikiran kreatif, dan cara-cara yang inovatif sehingga memberikan efek terkesan pada audiens. Dengan menampilkan cara iklan yang baru dan unik akan berdampak positif pada jumlah audiens yang memperhatikan iklan yang kamu buat, dan tentunya bermanfaat baik bagi produk atau brand yang sedang kamu pasarkan.

Low Budget

Pada dasarnya gerilya marketing memerlukan anggaran biaya yang kecil karena dengan berbekal pikiran kreatif dan cara-cara yang unik, bisa menekan jumlah pengeluaran yang kamu perlukan dibandingkan pada media konvensional ataupun digital. Namun, bagi beberapa perusahaan besar, anggaran yang dikeluarkan juga bisa lebih besar tergantung bagaimana cara gerilya marketing tersebut ditampilkan.

Temporer

Gerilya marketing dimaksudkan untuk bisa dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Kamu harus bisa memperhatikan apakah guerilla marketing yang kamu buat cocok dilakukan saat itu hingga rentang waktu yang kamu lakukan, agar audiens yang melihat tetap mengerti terhadap pesan iklan dan masih terdapat efek kejut.

Memberikan Efek Positif

Gerilya marketing hadir untuk memberikan pesan yang menghibur target audiens. Sehingga program pemasaran yang kamu lakukan bisa dilihat dan dinikmati banyak orang. Jangan sampai iklan yang kamu buat terkesan menakutkan, menjijikan, kotor, dan hal buruk lain sehingga membuat audiens menghindar dari iklan yang di tampilkan.

Dari pemaparan tersebut, gerilya marketing juga nyatanya telah memberikan beberapa dampak hasil dari proses pemasaran tersebut. Hal ini dilihat sebagai keunggulan gerilya marketing yang tidak semua jenis pemasaran bisa mendapatkan hal tersebut. Berikut beberapa keunggulan dari gerilya marketing.

Keunggulan Guerilla Marketing

Lebih Hemat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa sejatinya gerilya marketing tidak memerlukan biaya yang banyak. Tidak seperti pembuatan iklan di televisi, atau billboard yang memang memakan biaya cukup besar. Gerilya marketing hadir dengan biaya yang sedikit dan memberikan efek positif terhadap pemasaran

Lebih Mudah Viral

Mengingat gerilya marketing mengedepankan kreatifitas dan cara-cara yang inovatif, ada kemungkinan gerilya marketing lebih mudah viral dibandingkan dengan jenis marketing atau iklan konvensional lainnya. Mengingat gerilya marketing hadir dengan tampilan yang unik, anti-mainstream, bahkan beberapa yang menggunakan humor, sehingga bisa menaik audiens lebih banyak

Lebih Berkesan dan Lebih Dekat

Sama seperti poin sebelumnya, gerilya marketing sejatinya dibuat dan mengandung pesan yang memang bisa dimaknai oleh target audiens. Ketika pesan tersebut bisa dimaknai dan ditampilkan dengan cara yang unik dan menarik, tentu hal tersebut akan mengundang audiens dan melihatnya lebih berkesan. Tak jarang kedekatan emosi yang terbangun akan membangun keterhubungan yang baik terhadap audiens.

Memang, gerilya marketing menjadi salah satu jenis pemasaran yang sangat unik dan berpotensi memberikan kesan unik pada setiap orang yang melihatnya. Menjadikan gerilya marketing sebagai media pemasaran, tentu diperlukan persiapan serta konsep yang kreatif untuk memaksimalkan potensi melalui iklan pada gerilya marketing.

Ada beberapa contoh unik yang dilakukan beberapa perusahaan untuk memasarkan produk/brand nya melalui gerilya marketing. Dan tentu hasil yang diperoleh juga maksimal karena memiliki relevansi dengan audiens dan kreatif sehingga memberikan kesan menarik pada setiap orang yang melihat. Nah ini beberapa contoh gerilya marketing yang sangat menarik.

Contoh Guerilla Marketing

Oral B

Guerilla Marketing
Gerilya Marketing Oral B (Sumber: pinterest.com)

Pada iklan Oral B, tampak bagaimana pemasar melakukan gerilya marketing yang unik dan kreatif. Dari iklan tersebut bisa dilihat bahwa pesan yang ingin di sampaikan adalah Oral B adalah jawaban dari kerusakan gigi seperti berlubang. Iklan dibuat pada jalanan yang rusak sebagai gambaran dari bagaimana kerusakan pada gigi. Sehingga dari iklan tersebut akan memberikan kesan menarik dan mudah di pahami oleh siapapun yang melihatnya.

Baca juga: Awesome! 5 Tips Effective Video Marketing Untuk Meningkatkan Traffic Kamu

KitKat

Guerilla Marketing
Gerilya Marketing KitKat (Sumber: pinterest.com)

Pada iklan ini, KitKat memanfaatkan kursi yang memang sering dimanfaatkan oleh pengguna jalan. Dimana, kursi yang berwarna coklat digambarkan sebagai produk dari KitKat tersebut. Ini tentu menarik bagi siapapun yang melihatnya karena tampak jelas brand KitKat yang sedang di pasarkan dengan menggunakan guerilla marketing pada sebuah kursi jalan.

Nivea

Guerilla Marketing
Gerilya Marketing Nivea (Sumber: pinterest.com)

Selanjutnya ada iklan dari Nivea. Iklan ditampilkan melalui sebuah sofa yang memiliki perbedaan bentuk yang mana terdapat sisi yang menampakkan sofa seperti pada umumnya, bermotif dan berpola. Sedangkan pada sisi lainnya polos dan mulus kemudian dituliskan brand Nivea. Ini menarik dan mudah dimengerti yang mana ketika orang melihatnya langsung menangkap pesan bahwa Nivea adalah produk yang membuat kulit tampak mulus.

AXE

Guerilla Marketing
Gerilya Marketing AXE (Sumber: pinterest.com)

AXE juga pernah membuat gerilya marketing marketing yang unik dengan memanfaatkan rambu penunjuk arah evakuasi. Seperti pada umumnya, rambu penunjuk arah evakuasi digambarkan melalui siluet orang berlari, dan AXE memanfaatkan hal tersebut. Disamping rambu tersebut ditambahkan semacam tanda yang berisikan siluet segerombolan perempuan yang tampak mengejar siluet pada rambu penunjuk arah evakuasi. Hal ini unik dimana pesan yang ingin disampaikan bahwa AXE adalah parfum yang memiliki wangi memikat.

WWF

Guerilla Marketing
Gerilya Marketing WWF (Sumber: pinterest.com)

Dan yang terakhir adalah iklan layanan masyarakat dari WWF. WWF menggunakan gerilya marketing untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Dimana WWF memanfaatkan tempat tisu yang bergambar sebuah pulau atau benua, yang mana sebagian sudah berwarna hitam. Ini bermaksud bahwa setiap tisu yang diambil dan digunakan telah mengambil sebagian pohon yang mana itu buruk bagi lingkungan.

Nah itu dia beberapa gerilya marketing yang unik dan dilakukan oleh beberapa perusahaan. Bagi kamu yang ingin melakukan guerilla marketing jangan lupa untuk memperhatikan prinsip guerilla marketing dan selalu mengedepankan kreatifitas untuk mendapatkan hasil yang optimal!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top