fbpx
Desain Grafis
Designer at work

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, menumpahkan berbagai kreativitas semakin mudah. Munculnya beragam jenis fasilitas menjadi pemicu. Contohnya yaitu kemudahan untuk mempelajari desain grafis di era digital. Tidak melulu harus menggunakan kertas, pensil, dan sebagainya. Kini, siapa saja bisa mulai mendesain mulai dari menggunakan komputer, laptop, tablet, hingga smartphone kesayangan. Tersedia berbagai macam jenis website atau aplikasi yang dikhususkan untuk memfasilitasi. Tentu saja hal tersebut menimbulkan kemudahan, sehingga bisa dilakukan lebih flexible, dimanapun dan kapanpun, asalkan fasilitas mumpuni.

Pengertian

Kita bisa dengan mudah melihat maupun memperhatikan beragam contoh hasil karya desain grafis. Di kehidupan sehati-hari sering kita jumpai macama-macam poster, leaflet, cover buku, dan lain sebagainya. Jika melihat kearah jalanpun sudah biasa jika dikelilingi oleh banner, billboard, dan lain-lain. Itulah contoh nyata hasil karya desain grafis yang berada disekitar dan tentunya juga selain memiliki keindahan juga memiliki makna dan tujuannya sendiri, tergantung motif dari desain tersebut. Desain grafis dikenal sebagai seni dalam menggambar. Dalam hal ini tentu saja menunjukan bahwa cakupannya hal-hal yang berwujud dua dimensi. Pada umumnya berupa kegiatan seperti fotografi, menggambar, dan melukis. Bisa dibilang bentuk karya desain grafis ini biasanya melalui proses cetak atau print terlebih dahulu untuk divisualisasikan secara nyata atau untuk diperbanyak.

Manfaat Desain Grafis

Desain grafis seringkali digunakan untuk memperbaiki visual alias membuat sesuatu agar lebih menarik perhatian baik untuk tujuan informatif maupun persuasi. Desain grafis juga dilengkapi dengan berbagai style teks atau yang biasanya disebut font, dengan tujuan memberikan konsep tertentu terhadap suatu karya melalui teks tanpa mengurangi fungsi dari teks itu sendiri agar mudah dibaca. Secara sederhana dalam lingkup desain grafis, teks berupa tulisan yang memiliki style tertentu selain agar lebih menarik tetapi tetap mudah dipahami. Mari ketahui beragam manfaatnya yaitu sebagai berikut :

  1. Business Graphic : Sektor bisnis kini sangat membutuhkan desain grafis. Terutama bagi pihak yang sering melakukan presentasi bisnis. Tentunya untuk mendapatkan nilai lebih dari calon klien, selain memberikan penjelasan yang jelas dan lugas, tetapi juga memberika tampilan menarik pada bahan presentasi, sehingga menonjolkan sisi kreativitas. Penerapan pada suatu bahan presentasi selain memberikan kesan yang lebih menarik, tetapi juga memberika kesan yang jelas apalagi untuk bagian data yang berupa diagram atau grafik. Sehingga apa yang dipresentasikan dapat tersampaikan sesuai tujuan.
  2. Advertising : Sektor periklanan membutuhkan orang-orang kreatif yang dapat mengiklankan produk secara optimal. Tentu saja desain grafis menjadi salah satu bagiannya. Membuat iklan yang menarik bukan hanya yang dapat memberikan informasi secara jelas tetapi bisa membuat calon pembeli mengingat produk yang diiklankan.
  3. Sarana Pendidikan : Desain grafis memiliki peran tersendiri dalam bidang pendidikan, yaitu pada bagian pembuatan berbagai macam buku pelajaran di sekolah. Penting untuk mengilustrasikan suatu bahan pembelajaran agar membuat siswa mudah memahami. Hal tersebut memperjelas memang tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan, terutama untuk mempermudah para siswa mengerti sebuah konsep maupun teori.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol.com

Fungsi Desain Grafis

Desain grafis berperan memvisualisasikan sesuatu yang tampak dan dapat dilihat oleh mata. berkaitan erat dengan visual. Adapun beberapa fungsinya yaitu sebagai berikut:

  1. Produksi media informasi dan komunikasi : Informasi tidak hanya disebarkan melalui pesan secara lisan, tetapi bisa juga melalui tulisan. Agar pesan terlihat lebih menarik untuk dibaca, pengaplikasian desain grafis sangat dibutuhkan. Pesan tidak lagi hanya berupa teks ratusan kata. Tetapi bisa berupa beberapa kata yang dilengkapi dengan ilustrasi pendukung. Dengan begini bukan hanya lebih menarik untuk dibaca tetapi dampak baiknya pesan tersebut akan lebih mudah dipahami. Penyebaranluasan pesan bisa dilakukan diberbagai media. Intinya apapun medianya baik itu komputer, handphone, maupun yang lainnya, isi pesan kepada komunikan lah yang akan menjadi kunci keberhasilan dari proses komunikasi tersebut.
  2. Produksi media promosi : Memperkenalkan produk maupun jasa alias promosi sangat penting untuk mendapatkan perhatian dari para calon konsumen. Media yang digunakan untuk promosi pun bermacam-macam, mulai dari media cetak, media elektronik, hingga media yang sekarang lebih sering digunakan yaitu media sosial. Perlu diingat dalam mempromosikan suatu produk atau jasa perlu konsep yang matang. Bukan hanya sekedar memperkenalkan tetapi bisa memberikan ilustrasi menganai apa yang ditawarkan. Tentunya hal tersebut bisa dilakukan dengan mengaplikasikan desain grafis. Sehingga apapun strategi promosi yang dilakukan akan sesuatu dengan sasaran yang diharapkan.
  3. Apresiasi seni dan kreativitas : Jika berbicara mengenai seni tentu lingkupnya cukup luas. Segala sesuatu yang dibuat dengan kreativitas pasti mempunyai nilai seni tersendiri. Mengeksplor kreativitas bisa menjadi proses aktif untuk lebih memahami arti dari seni itu sendiri. Melalui desain grafis bisa menjadi langkah untuk mengapresiasikan baik sebuah seni maupun kreativitas seseorang.
  4. Pekerjaan hobi : Kegemaran seseorang terhadap sesuatu ternyata pada akhirnya bisa menjadi suatu pekerjaan. Tentunya bisa bermanfaat paling tidak bagi diri sendiri baik secara kepuasan maupun finansial. Banyak orang yang mendambakan pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau passion. Diantaranya banyaknya bidang, desain grafis bisa menjadi pilihan untuk pekerjaan sekaligus melakukan kegiatan yang disukai.
  5. Menambahkan nilai estetika : Desain grafis dapat memberikan nilai estetika terhadap sesuatu yang dilihat oleh mata. Dimana menurut wikipedia, estetika berkaitan erat dengan keindahan. Contoh kecilnya saja buku, secara harfiah memang buku yang berguna sebagai bahan bacaan tetapi dengan sentuhan desain grafis akan menjadi barang mempunyai tampilan yang lebih indah, yaitu dengan cover yang menarik.
Potensi Desainer Grafis

Desainer grafis dibutuhkan hampir di seluruh bidang. Berikut bidang-bidang yang paling berpotensi untuk bagi pekerjaan tersebut, diantaranya :

Desain Grafis di Bidang Percetakan

Bidang percetakan

Desain grafis tentu saja dibutuhkan di dunia percetakan. Diperlukan seseorang yang mahir mendesain cover buku, majalah, dan masih banyak. Desainer grafis akan menjadi kunci seberapa menarik baik buku maupun majalah yang dipasarkan. Calon pembeli sebelum mengetahui isi pasti melihat cover terlebih dahulu. Hal tersebut membuat menariknya cover akan menjadi faktor penting tinggi atau rendahnya penjualan buku maupun majalah. Sebenarnya tidak terpaku pada dua jenis produk percetakan tersebut, masih banyak contoh produk lain seperti id card, undangan acara, dan lain-lain yang tentunya membutuhkan kreativitas seorang desainer grafis.

Desain Grafis di Bidang Periklanan

Bidang Periklanan

Periklanan menjadi tonggak penting di dunia pemasaran. Saat ini pemasaran tidak melulu harus di koran maupun televisi, muncul flatform baru yang ternyata lebih interaktif contohnya media sosial. Mengiklankan suatu produk tentu saja butuh sentuhan kreativitas yang baik agar barang atau jasa yang ditawarkan memiliki kesan terbaik bagi konsumen. Hal tersebut perlu diterapkan di periklanan flatform manapun, baik media cetak, elektronik, maupun online. Disinilah desainer grafis berperan berkolaborasi bersama tim kreatif lainnya untuk merealisasikan konsep iklan yang spektakuler. Sehingga nantinya calon pembeli yang melihat iklan tersebut bukan hanya terpukau dengan desain yang menarik tetapi bisa menyampaikan pesan yang persuasif secara optimal.

Desain Grafis di Bidang Multimedia

Multimedia

Dunia multimedia tentu tidak bisa dipisahkan dengan desain grafis. Misalnya saja web design, media interaktif, animasi, dan masih banyak lagi. Perkembangan internet yang semakin pesat membuat orang-orang lebih dekat dengan dunia multimedia, contoh yang paling mainstream yaitu website, dimana mencakup berbagai macam konten. Seperti yang kita ketahui bersama kini website semakin menjamur dan memiliki fungsi yang bermacam-macam, mulai dari website untuk berbelanja, belajar, berita, dan lain-lain. Semua website tersebut tentu memerlukan desain yang menarik agar para pengguna internet tertarik untuk mengunjungi dan eksplor di website tersebut. Lagi-lagi peran desainer grafis menjadi penentu seberapa menarik desain baik website, maupun bidang multimedia lainnya.

Desain Grafis di Bidang Fashion

Fashion

Sekarang ini sudah banyak kita temukan brand-brand lokal yang mulai besar namanya. Mulai dari brand clothing, tas, sepatu, hingga aksesoris. Fashion tentu tak akan berjauhan dengan kreativitas yang dituangkan. Desain grafis menjadi salah satu media untuk menuangkan kreativitas di bidang fashion. Sangat beragam caranya mulai dari desain logo, packaging, hingga poster yang digunakan untuk mengiklankan produk tersebut. Desainer grafis selain memiliki peran untuk memberikan kesan yang lebih menarik, tetapi juga memberikan ciri khas terhadap berbagai produk. Setiap desain yang dibuat tentu saja memiliki makna tersendiri sehingga bisa menjadi ikon dan pembeda dari produk-produk sejenis lainnya.

Semakin berkembangnya zaman, desain grafis pun semakin berkembang. Hal tersebut membuat keberadaan desain grafis akan semakin dihargai. Tak heran kini desainer grafis pun menjadi profesi yang menjanjikan. Dibutuhkan di seluruh sektor dan penghasilannya pun cukup menggiurkan. Desain grafis menjadi hal yang cocok dan wajib dicoba oleh kaum muda yang memiliki jiwa bebas, kreativitas, dan inovatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top