fbpx

Digital Marketing Strategy adalah salah satu hal penting di era sekarang untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Seorang pebisnis yang menerapkan digital marketing strategy akan memiliki prospek bisnis yang lebih maju dibandingkan yang tidak menerapkannya. 

Lalu apa pengertian dari Digital Marketing Strategy
Digital Marketing Strategy adalah strategi pemasaran menggunakan media digital atau internet dan mencakup jangkauan yang lebih luas. Hal ini bertujuan untuk mendorong penjualan produk dari suatu usaha tertentu.

Digital Marketing Strategy yang tepat dalam berbisnis.

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, Digital Marketing Strategy tentu saja lebih unggul dan memiliki beberapa kelebihan lainnya, seperti:
1. Lebih mudah menjangkau konsumen dari berbagai kalangan.
2. Terciptanya komunikasi yang baik dengan konsumen.
3. Digital marketing strategy akan menghasilkan pendapatan yang lebih efektif dan stabil.

Selain itu, ada 4 langkah yang harus kamu perhatikan agar Digital Marketing Strategy mu berjalan sesuai keinginanmu. Hal itu adalah Kesadaran (Awareness), Ketertarikan (Interest), Keinginan (Desire), dan Tindakan (Actions). Langkah yang tepat dalam digital marketing strategy akan lebih efektif dan konsumen dapat dengan mudah mengenal produk yang ditawarkan.

Berikut 5 Digital Marketing Strategy yang harus kamu tau!

1. Search engine optimization (SEO)

SEO sebagai salah satu hal penting dalam digital marketing strategy.

Menurut niagahoster.co.id, Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik yang berujuan untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Pengunaan SEO akan memudahkan seseorang dalam pencariannya dan berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

SEO terbagi menjadi dua jenis, yaitu On Page (Fokus kepada proses optimasi pada halaman website) dan Off Page (Proses mengoptimalkan webiste kita dengan bantuan website lain).

SEO sangat bermanfaat dalam Digital Marketing Strategy karena akan memudahkan audiens saat menemukan website yang mereka inginkan.

Selain itu, SEO juga akan membangun Top-of-Mind dari suatu Brand, loh. Biasanya saat mengingat suatu brand atau produk tertentu, kita akan teringat dengan slogan yang biasa kita dengar dari iklannya yang sering muncul. Hal itu bisa tercipta dari SEO itu sendiri.

Jadi sudah sangat terbukti, SEO merupakan salah satu marketing digital strategy yang akan berdampak pada suatu brand atau produk yang sedang dipasarkan.

2. Pay-Per-Click (PPC)

PPC sebagai salah satu hal penting dalam digital marketing strategy.

Digital Marketing Strategy yang kedua adalah Pay Per Click. Pay Per Click (PPC) adalah model iklan internet yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs web. Konsumen diharuskan untuk membayar kepada penerbit iklan ketika iklan tersebut di klik oleh seseorang.

Ada 5 jenis PPC yang dapat kamu lakukan dalam menjalankan Digital Marketing Startegy kamu, yaitu:

Search Advertising (Jenis iklan ini yang akan muncul di Search Engine Result Page, ditandai dengan logo “Ad” dan ditampilkan dibagian atas website), Social Advertising (lebih sering muncul di media sosial dan akan dibayar jika iklan tersebut di klik oleh konsumen), Remarketing (Digital Marketing Strategy ini dianggap efektif karena menargetkan orang-orang yang sudah tertarik denganwebsite yang kita miliki), Display Advertising (akan terlihat di seluruh website partner Google dan sasaran konsumen yang diinginkan lebih tepat dan mudah dijangkau), Google Shoping (Digital Marketing Strategy ini akan memasarkan suatu barang dan harganya, dan akan mengarahkan konsumen ke website commerce. Cara ini juga efektif karena konsumen akan mendapatkan info terkait nama, foto, dan detail-detail lainnya tentang barang yang ingin dibelinya).

3. Content Marketing

Content Marketing sebagai salah satu hal penting dalam digital marketing strategy.

Content Marketing merupakan salah satu digital marketing strategy yang bertujuan untuk membuat dan menyebarkan konten yang relevan untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Selain itu, strategi inu akan membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.

Dalam digital marketing strategy yang satu ini, seorang kreator diharuskan untuk memiliki skill komunikasi yang baik. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen dengan produk yang ditawarkan.

Content marketing sendiri dapat dituangkan kedalam berbagai jenis hal, seperti podcast, buku, video, ataupun website.

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing sebagai salah satu hal penting dalam digital marketing strategy.

Affiliate marketing adalah salah satu digital strategy marketing yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang besar melalui Internet dengan waktu yang terjangkau.

Kita (afiliator) hanya perlu menjual produk yang memiliki afiliasi kepada konsumen. Lalu jika konsumen tertarik dan terjadi proses jual beli, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan yang telah anda setujui.

Cara yang bisa anda gunakan untuk menjalankan digital marketing strategy dalam bentuk affiliate marketing adalah dengan membuat promosi produk tersebut. Misalnya menuliskan review produk di suatu website, memasang banner produk di suatu blog, atau memperkenalkan produk ke forum online.

Baca Juga : Amazing 2 Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing







Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top