fbpx

Pandemi virus Corona merupakan suatu hal yang mengubah dunia. Hampir semua industri terkena dampak dari pandemi ini. Dimana, beberapa pihak mengalami dampak positif maupun negatif. Nah, salah satunya adalah teknologi di masa pandemi. Teknologi, tentunya terkena dampak yang cukup besar. Teknologi dituntut untuk mampu berkembang di tengah pandemi yang terjadi di dunia ini. Lalu, apa saja bentuk adaptasi teknologi khususnya di tahun 2021? Anda pasti penasaran kan? apakah anda sudah merasakan manfaat teknologi di masa pandemi? Di artikel ini, Bootsol akan mengulas secara lengkap mengenai topik menarik ini.

Baca juga : Teknologi Buatan Indonesia Super Useful

5 Hal Terkait Teknologi di Masa Pandemi :

1. Dampak Positif Teknologi di Indonesia

Pandemi Covid, dinilai membawa banyak pengaruh bagi beberapa sektor penting. Kemajuan teknologi, menjadi keunggulan bagi kedua belah pihak baik pebisnis dan masyarakat. Berikut adalah beberapa contohnya di Indonesia :

– Masyarakat menjadi lebih paham teknologi

Masyarakat dituntut secara singkat, untuk memanfaatkan penggunaan teknologi sepenuhnya.

– Kemajuan/ Perkembangan bisnis UKM

Bisnis UKM memiliki peluang yang lebih besar dalam menjalankan bisnisnya.

– Kepopuleran Marketplace lokal

Terdapat perubahan dalam consumer behavior Dimana, masyarakat cenderung berbelanja online.

– Pemerataan akses internet di Indonesia

Sektor pendidikan khususnya, mengalami terobosan dalam bidang digital. Kegiatan belajar- mengajar di seluruh daerah di Indonesia dilakukan secara online. Sehingga, dibutuhkan akses internet hingga ke pelosok Indonesia.

2. Peran Teknologi Di Masa Pandemi :

Sejak pemerintah menetapkan kebijakan dan protokol untuk menghadapi pandemi ini, masyarakat terpaksa untuk beradaptasi di situasi “new normal”. Terdapat banyak perubahan di berbagai bidang dimana, aktivitas masyarakat pun menjadi limited dan dianggap semakin sulit. Namun, hadirnya teknologi di masa ini, sungguh memudahkan kita dalam melakukan aktivitas apapun.

Lalu, apa saja peran teknologi di tengah-tengah situasi pandemi? simak beberapa contohnya peran penting teknologi :

– Adaptasi Aktivitas Sehari-hari

Kegiatan bekerja serta aktivitas belajar-mengajar hampir sepenuhnya dilakukan secara online. Selain itu, konsultasi dokter pun juga dapat dilakukan secara virtual loh di laptop bahkan, di smartphone anda.

– Perekonomian Dapat Tetap Berjalan

Transaksi jual-beli dapat tetap dilakukan tanpa harus menyalahi protokol yang ditetapkan. Bisnis dalam skala kecil hingga besar dapat memanfaatkan peluang bisnis secara daring, berkat peran teknologi. Sebagai pebisnis, anda dapat melakukan semua proses penjualan melalui internet dimulai dari pemesanan hingga pengiriman. Bukankah itu menarik?

– Kepopuleran Aplikasi Jasa Online dan Marketplace

Anda dapat melakukan hampir segala sesuatu secara daring. Misalkan, membeli berbagai macam barang di E-commerce lokal, memesan makanan, membeli obat, maupun berkonsultasi dengan dokter. Anda dapat melakukan semua kegiatan tersebut melalui ponsel pintar anda. Apakah anda setuju, jika peran teknologi di masa pandemi sungguhlah penting? komen di bawah ya!

– Publikasi Karya Secara Daring

Peran teknologi, juga dirasakan oleh para pekerja seni seperti, artist dan celebrity. Karya mereka, dapat tetap disajikan secara daring loh. Contohnya seperti, diadakannya konser ataupun pameran secara virtual. Dengan begitu, para pekerja art dapat tetap berkarya dan yang terpenting, mereka tidak kehilangan pekerjaan akibat pandemi.

3. Manfaat Teknologi di Masa Pandemi

Terjadinya perubahan akibat pandemi, tentunya tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Siapa sangka, jika melalui situasi ini orang menjadi terbiasa untuk menjalani aktivitas dari jarak jauh? Teknologi diharapkan dapat terus berkembang sehingga, kita dapat merasakan manfaatnya semaksimal mungkin.

Contoh manfaat teknologi :

– Memanfaatkan teknologi robot dalam aktivitas

(disinfectant spraying, mendiagnosa penyakit)

– Teknologi sensor “touchless”

Teknologi ini sangat bermanfaat di situasi Covid, untuk mengurangi penyebaran virus melalui sentuhan.

– Aplikasi/ Sarana Telekomunikasi Daring

Pelaksanaan hampir seluruh kegiatan dapat dilakukan secara jarak jauh.

4. Inovasi Teknologi di Masa Pandemi

Masyarakat dapat memperoleh informasi tidak sekedar satu arah. Namun, anda dapat mengikuti Webinar, Courses virtual sesuai topik yang anda suka. Bahkan, saling berinteraksi dengan pengajar maupun sesama participants. Lalu, apa saja bentuk inovasi teknologi yang dapat kita rasakan khususnya, dalam kehidupan sehari-hari? simak ulasannya yuk!

– Proyek Teknologi Hidroponik

Lomba pembuatan proyek yang memanfaatkan teknologi. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Samsung dengan peserta lomba di daerah Jawa Timur.

– Inovasi Alat Pengukur Suhu

Adanya inovasi alat pengukur suhu dimana alat tersebut dinilai lebih efektif dan akurat. Contoh : Thermogun, Automatic Thermo Detector

– Inovasi fasilitas hand sanitizer

Sejak awal pandemi, berbagai merk hand sanitizer banyak bermunculan. Selain itu, alat hand sanitizer touchless pun sudah disediakan di tempat umum. Hand sanitizer memang dapat dijadikan sebagai pengganti sabun. Namun, Bootsol rasa akan lebih baik jika anda menyempatkan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.

5. Dampak Negatif Teknologi di Masa Pandemi

Tidak dapat dipungkiri bahwa, teknologi membawa banyak manfaat bagi kita di situasi “new normal” ini. Namun, sama halnya dengan hal lain tentunya ada beberapa dampak negatifnya loh dari penggunaan teknologi di masa pandemi. Bootsol, akan fokus membahasnya. Simak penjelasannya ya!

– Penyebaran Informasi Hoaks

Seiring teknologi berkembang, anda dapat dengan mudah mengakses informasi dari berbagai platform. Namun, ada baiknya jika anda selektif dalam membagikan informasi. Anda perlu memastikan kebenaran informasi tersebut, karena mungkin saja informasi yang anda temukan bohong adanya. Nah, apalagi jika informasinya berkaitan dengan Covid. Sungguh fatal akibatnya bukan?

– Keamanan Data Pribadi

Selama pandemi, terdapat perubahan perilaku belanja di masyarakat. Anda tentunya sudah terbiasa melakukan transaksi secara daring kan? jika iya, anda perlu waspada akan potensi peretasan data pribadi anda. Hacker akan semakin mudah untuk memantau transaksi dan mengakses informasi pribadi anda. Oleh karena itu, anda tidak perlu mencantumkan informasi terkait hal privat khususnya, di media sosial.

– Kecanduan Teknologi

Teknologi merupakan sumber hiburan di masa-masa ini. Namun, jangan sampai teknologi menguasai kehidupan anda loh. Meskipun, di rumah saja masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan. Misalnya, menanamkan hobi baru seperti merawat tanaman, menghabiskan waktu bersama anggota keluarga dan sebagainya. Nyatanya, sesuatu yang berlebihan tidak baik bukan?

Baca juga : Ketahui Contoh Animasi Komputer futuristic

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top