fbpx

Ecommerce sebenarnya sudah muncul sejak sekitar tahun 1994. Ketika itu, Phil Brandenberger membeli sebuah produk secara online yaitu sebuah album dari Sting, Ten Summoner’s Tales. Hingga sekarang, di tahun 2021, sekitar 27.2 persen populasi di Bumi ini ternyata melakukan pembelanjaan secara online.

Data statistic ini sedikitnya menunjukkan bahwa dalam kurun waktu kurang dari 30 tahun, ecommerce telah menjadi sebuah bagian penting atau integral kehidupan sehari-hari bagi orang orang di seluruh dunia. Kali ini kami akan mendalami lebih jauh segala sesuatu yang berhubungan dengan ecommerce. Kita akan mulai dari sejarah ecommerce dan membagikan beberapa data statistic pentingnya. Lebih jauh, kamu akan mengetahui perkembangan ecommerce hingga sebuah layanan yang bisa kamu gunakan untuk membuatv websitenya. Langsung aja yuk!

Apa Itu Ecommerce?

ecommerce, selling online, online sales-2140603.jpg
Ilustrasi

Istilah ini juga dikenal sebagai perdagangan elektronik, perdagangan internet atau perdangan online. Dia adalah model bisnis yang melibatkan transaksi yang terjadi dalam jaringan internet. Toko yang menjual produknya secara online disebut toko online atau online store. Kamu pasti merasa populer dengan istilah Amzon.com, Lazada, Shoppe apalagi Tokopedia.

Banyak orang yang menyamakan istilah ini dengan e-bisnis, padahal dua hal tersebut adalah dua hal yang berbeda. Ecommerce secara khusus menunjukkan transaksi barang dan jasa, sedangkan e-bisnis lebih mengacu pada semua aspek pengoperasian bisnis internet.

Sejarah Ecommerce

Transaksi

Penemu dari ecommerce sebenarnya adalah Michael Aldrich pada tahun 1979. Dia menghubungkan televisinya pada sebuah computer menggunakan saluran teleponnya. Memang, hal tersebut tidak terdengar seperti kegiatan pembelanjaan secara online seperti sekarang, idenya ini justru menjadi perkembangan untuk bagaimana caranya supaya orang orang bisa belanja tanpa harus pergi ke tokonya. Pada waktu itu, kebanyakan orang belum mempunyai computer sendiri. Bill Gates dan Steve Jobs memperkenalkan computer untuk kalangan masyarakat biasa. Bill Gates bahkan mengatakan bahwa tujuannya adalah bisa menaruh sebuah computer di setiap meja kantor dan di setiap rumah. Tanpa computer, ecommerce sekarang mungkin akan terlihat berbeda.

Kemudian pada tahun 1994, Amazon didirikan oleh Jeff Bezos sebagai sebuah online store yang menjual lebih dari satu juta buku yang berbeda saat diluncurkan. Tentu saja, Amazon kemudian menjadi toko online paling populer pada saat itu (bahkan hingga sekarang) untuk membeli setiap jenis produk. Kamu bisa menemukan apapun yang kamu butuhkan dan yang kamu inginkan di Amazon.

Baca Juga: Super Helpful! 5 Strategi Branding untuk Bisnis Kecil yang Mudah Diterapkan

Hingga pertengahan tahun 1990an dan awal tahun 2000an, orang orang mulai menambahkan computer dalam daftar keperluan rumah tangga mereka. Komputer pada saat itu sangat populer di Amerika hingga bisa ditemukan di setiap rumah. Tentu saja ini menjadi jalan yang bagus untuk perkembangan ecommerce. Kegiatan transaksi secara online semakin dipermudah ketika PayPal muncul pada Desember tahun 1998. PayPal menyederhanakan pengalaman berbelanja untuk para customers dimana layanan tersebut bisa digunakan sebagai kartu kredit. Kehadiran PayPal dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang tidak bisa menerima cek pada pertengahan awal tahun 90an.

Dengan tambahan munculnya Shopify, WordPress dan platform sejenisnya di tahun 2000an, bisnis dapat membangun toko ecommerce mereka dengan sedikit atau bahkan tanpa ketrampilan membuat website yang diperlukan. Saat itu, siapapun yang memiliki computer yang terhubung ke internet, dan ada sedikit modal ditangan, dapat membuat toko online dengan mudah.

Kamu juga bisa membuat website ecommerce sendiri loh. Tapi jika itu menjadi suatu hambatan untuk mencapai tujuan hidupmu, maka kamu bisa menggunakan layanan jasa untuk membuat website ecommerce. Beruntung, kamu bisa berkenalan dengan Bootsol.

Apa Itu Bootsol?

Bootsol is Your Ecommerce Solution

Bootsol adalah online business agency yang menyediakan layanan jasa untuk kegiatan digital kamu, termasuk salah satunya adalah bisnis online. Disana kamu bisa melakukan kerjasama untuk membuat website / web development dengan semua teknologi yang diperlukan, salah satunya adalah website ecommerce. Pastinya, website kamu akan naik ke tingkat berikutnya. Selain itu, Bootsol juga menyediakan layanan jasa desain. Kamu bisa bekerjasama untuk membuat logo bisnis online kamu, tone and style media sosial, business card, hingga T-Shirt.

Masih banyak hal luar biasa yang bisa dilakukan oleh Bootsol untuk membantu kegiatan digital kamu. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan untuk klik link berikut. Jangan ragu untuk melakukan Kerjasama karena sudah banyak yang membuktikan bahwa Bootsol sangat professional.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top