fbpx
Ilustrasi kelebihan pintu smartlock
Ilustrasi kelebihan pintu smartlock

Kini, istilah “smart” tak hanya cocok untuk phone. Hadirnya istilah pintu smartlock membuktikan bahwa teknologi semakin canggih. Tak melulu tentang smartphone, teknologi semakin mempermudah kehidupan manusia bahkan terkait keamanan rumah. Anda perlu mengetahui kelebihan pintu smartlock. Mari simak pembahasan mengenai teknologi yang satu ini :

Istilah pintu smartlock memang masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Faktanya teknologi yang satu ini sudah banyak digunakan walaupun sejauh ini hanya oleh masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas.

Teknologi berkembang bukan hanya menyempurnakan sistem komunikasi dan informasi, tapi juga mencakup banyak bidang. Bahkan munculnya teknologi pintu smartlock membuktikan hadirnya teknologi untuk menyempurnakan sistem keamanan di rumah. Dengan segala kemudahannya pintu smartlock diciptakan sedemikian rupa demi meningkatkan keamanan rumah.

Jika dulu, pintu memerlukan kunci, tak jarang juga yang memerlukan duplikatnya. Maka sekarang, seiring perkembangan teknologi, tak perlu lagi kunci berlapis-lapis. Pintu smartlock hadir memberikan kemudahan untuk anda yang ingin rumah aman tanpa harus menerapkan beragam kunci yang sebenarnya merepotkan.

Tidak hanya merepotkan, menggunakan metode pengamanan konvensional juga, belum mampu mengamankan sepenuhnya. Faktanya pintu dengan kunci pada umumnya masih sering dibobol oleh maling. Kunci berlapis-lapis pun masih ada kemungkinan untuk dirusak, diduplikasi, dan upaya jahat lainnya. Untuk mengurangi resiko kejahatan, orang-orang memutar otak untuk membuat sistem keamanan berbasis teknologi canggih. Contoh nyatanya yaitu pintu smartlock.

Belajar dari peristiwa-peristiwa pencurian yang belum kunjung usai, pintu smartlock hadir sebagai salah satu solusi yang wajib dicoba. Lahirnya teknologi tersebut dari inovasi-inovasi yang dikembangkan demi memberantas tidak kejahatan pencurian. Sesuai dengan namanya yaitu “pintu smartlock” menunjukkan kepintaran dari suatu alat yang memukau. Tak heran saking canggihnya hingga disematkan kalimat “smart”.

Pintu smartlock pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan pintu pada umumnya. Hanya saja sistem yang diciptakan melalui smartlock ini membuat pengamanan khususnya di rumah menjadi lebih optimal. Sistem kerja digital yang diterapkan bukan hanya membuat lebih aman, tetapi juga lebih canggih dan modern.

Pintu smartlock didesain sedemikian rupa agar hanya bisa diakses oleh pemilik atau orang lain yang dikehendaki pemilik asli. Hal ini karena sistem untuk mengakses pintu smartlock tidak lagi menggunakan kunci, melainkan menggunakan Password atau kode PIN. Password biasanya harus dibuat sedikit rumit agar tidak mudah diketahui orang lain, sehingga bisa terdiri dari kombinasi huruf dan angka Melalui penggunaan teknologi terbaru tersebut, setiap akses kunci hanya bisa digunakan oleh pemiliknya saja. Hal ini dikarenakan sistem operasinya tidak lagi menggunakan kunci melainkan password atau kode PIN. Password ini biasanya terdiri dari kombinasi angka atau huruf sebanyak 6 digit atau lebih.

Cara mengakses pintu smartlock yaitu menekan password atau kode PIN yang sudah dibuat. Setelah itu pintu akan otomatis terbuka. Bisa dibilang sistemnya serupa ketika mengakses lockscreen di smartphone. Fungsi menerapkan password atau kode PIN agar tidak sembarang orang bisa membuka pintu di rumah anda, sehingga akan lebih aman.

Baca Juga : Very Important : 3 Jenis Aplikasi Mobile Populer dan Contohnya

Pengertian pintu smartlock

Mengutip dari kompas.com pintu smartlock adalah pintu yang menggunakan kunci pintar, lebih tepatnya memiliki sistem penguncian yang lebih canggih daripada kunci tradisional yang masih harus menggunakan sebuah kunci untuk membukanya. Keypad, fob enabled, wireless, dan biometric hanyalah beberapa dari jenis smart door lock yang tersedia. Smart lock door dapat terhubung ke jaringan dan dikontrol dari jarak jauh dari antarmuka smartphone atau komputer.

Kelebihan pintu smartlock

Penggantian kunci pintu analog ke smart lock bukan tanpa alasan. Pintu smart lock atau smart door lock yang dalam bahasa Indonesia berarti kunci pintu pintar memiliki fungsi yang dinilai lebih menjamin keamanan. Sehingga jenis pintu ini menjadi pilihan di masa kini. Desainnya juga futuristik, plus pintu smart lock juga punya banyak kelebihan lain dibanding kunci pintu analog:

1. Menawarkan Beragam Cara Membuka Pintu

Ilustrasi membuka pintu
Ilustrasi membuka pintu

Kelebihan pintu smartlock yang pertama ialah beragam cara membuka pintu. Saking canggihnya, kelebihan pintu smartlock yang satu ini menawarkan beberapa pilihan, sehingga tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga tetap menyesuaikan dengan kenyamanan. Untuk membuka pintu yang menggunakan smart lock pengguna bisa memilih salah satu cara sesuai dengan fitur yang disediakan oleh pintu smart lock. Umumnya yang beredar di pasaran menawarkan beragam cara sebagai berikut:

  • Membuka kunci pintu dengan menggunakan password (password unlocking): Sesuai dengan namanya cara ini menawarkan akses pintu berupa password atau bisa juga kode PIN yang tentunya bersifat sangat rahasia. Cara ini biasanya dilakukan sebagai cara pengganti ketika metode sidik jadi bermasalah.
  • Pengendali jarak jauh (Remote control Unlocking): Penyedia pintu smartlock tertentu sudah menyediakan remote control sebagai akses, seperti Tissor dan Igloohome. Cara ini juga memungkinkan pembukaan kunci pintu melalui resepsionis. Jadi jika terjadi sesuatu yang tak terduga sehingga kunci pintu rumahmu tidak bisa dibuka, kamu bisa menghubungi resepsionis untuk membukanya melalui remote control.
  • Membuka kunci pintu melalui smartphone: pintu smartlock tertentu sudah menyediakan aplikasi untuk mengakses pintu, sehingga bisa dibuka melalui smartphone. Nantinya aplikasi tersebut akan disinkronkan terlebih dahulu.
  • Dan cara lainnya tergantung kecanggihan pintu smartlock yang digunakan.

Baca Juga : Teknologi Artificial Intelligence dan 4 Contoh Penerapannya yang Super Canggih

2. Meningkatkan keamanan Rumah

Ilustrasi keamanan rumah
Ilustrasi keamanan rumah

Kelebihan pintu smartlock yang satu ini memang menjadi tujuan utama penciptaannya. Kelebihan yang dimaksud ialah meningkatkan keamanan rumah. Sistem yang dibuat sedemikian rupa agar bisa hanya bisa diakses oleh pemiliknya. Kamu bisa memilih sistem menggunakan sidik jari, kode PIN, atau bahkan menggunakan control jarak jauh melalui smartphone. Semua cara yang tersedia dijamin kerahasiaannya.

Anda bisa memberikan akses hanya kepada orang yang dikehendaki, aksesnya pun bisa dibatasi, sehingga tidak bisa sembarang orang bisa membuka pintu rumah anda. Contohnya ketika memilih cara menggunakan sidik jari, anda bisa membatasi sidik jari siapa saja yang berhak mendapatkan akses dan bisa masuk ke rumah.Kamu bisa membatasi akses, siapa saja yang bisa membuka pintu dan memasuki rumah.

3. Meningkatkan Nilai Estetika Rumah

Ilustrasi estetika rumah
Ilustrasi estetika rumah

Teknologi super canggih seperti pintu smartlock dapat menambah estetika rumah. Tak heran, penggunanya sebagian besar berasal dari kaum menengah ke atas. Memang tidak bisa dipungkiri hal tersebut menjadi salah satu kelebihan pintu smartlock. Selain meminimalisir kejahatan, rumah anda juga jadi terkesan lebih rapi dan indah.

Pintu smartlock memang sudah didesain dengan konsep yang modern dan elegan. Hak tersebut membuat teknologi yang satu ini memperindah hunian kesayangan anda.

4. Bisa menciptakan “ruang pribadi”

Ilustrasi privacy
Ilustrasi privacy

Dengan menggunakan pintu smartlock anda berkesempatan lebih untuk memiliki ruang pribadi. Sistem bisa membatasi siapapun yang berhak masuk, sehingga membuat hunian anda lebih private. Hal seperti ini menjadi salah satu kelebihan pintu smartlock yang akan menambah kenyamanan anda ketika berada di rumah.

Kamu bisa mengaktifkan fitur privacy pada pintu smartlock. Kelebihan pintu smartlock ini memungkinkan rumah anda terkunci rapat selama yang anda inginkan. Pintu akan tetap terkunci walaupun dibuka oleh orang yang sebelumnya sudah diberi akses untuk masuk. Fitur ini akan berhenti sesuai dengan kehendak anda. 

5. Memiliki Sistem Alarm

Ilustrasi sistem alarm
Ilustrasi sistem alarm

Kelebihan pintu smartlock yang terakhir ialah sistem alarm. Fitur ini merupakan sistem pengaman tambahan. Hebatnya fitur ini juga akan memberikan peringatan kepada anda ketika memasukan password atau kode PIN yang salah.

Dengan adanya fitur alarm menjadi kelebihan pintu smartlock tambahan, sehingga anda merasa lebih tenang. Siapapun yang berusaha menyusup akan terdeteksi, bahkan ketika ada pihak jahat yang berusaha merusak sistem keamanan akan cepat diketahui, maka alarm pun akan berbunyi. Beberapa smartlock juga akan memberikan alarm ketika terjadi peningkatan suhu secara signifikan di dalam rumah.

Suara yang dihasilkan alarm umumnya juga cukup keras. Sehingga akan dengan mudah menarik perhatian. Bukan hanya perhatian orang yang berada di dalam rumah, tapi juga perhatian dari warga sekitar.

Itulah lima kelebihan pintu smartlock yang sangat membantu anda meningkatkan keamanan rumah. Bukan hanya membuat rumah menjadi aman, kelebihan pintu smartlock juga tetap memprioritaskan kenyamanan.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top