fbpx

Apakah anda pernah melihat contoh animasi komputer? jika iya, mungkin anda pernah melihatnya di film dengan latar atau karakter yang memukau? Biasanya hal ini ditemukan di film- film ciptaan Disney, kartun dan film-film lainnya bukan? Benar sekali! namun apakah anda sadar jika apa yang anda lihat merupakan animasi? Selain itu, animasi di dalam film tersebut pun terlihat nyata bukan? Tentunya! karena perkembangan teknik animasi.

Di era digital, teknologi pun ikut berkembang termasuk dengan industri animasi. Animasi telah berkembang semakin menyerupai wujud aslinya. Nah, selain dalam film anda juga pasti pernah melihat animasi di media lain khususnya media online. Kali ini Bootsol akan fokus membahas beberapa contoh animasi komputer futuristic yang dibuat dengan teknik yang berbeda-beda. Simaklah penjelasan dalam artikel ini untuk menjawab rasa penasaran anda ya!

Baca juga Prediksi Tren Teknologi Remarkable 2021

Perkembangan Industri Animasi :

Di masa kini animasi telah berkembang menjadi tiga macam yaitu :

1. Animasi Two Dimension (2D)

Animasi ini paling sering anda jumpai di keseharian. Nah, biasanya ditemui di film cartoon. Contohnya seperti Tom and Jerry, Doraemon dan banyak film kartun lainnya.

2. Animasi Three Dimension (3D)

Untuk animasi ini, merupakan pengembangan dari animasi dua dimensi. Perkembangan animasi ini membuat karakter dalam animasi pun menjadi terlihat lebih hidup dan real. Seperti film Toy Story, Finding Nemo dan lainnya.

3. Animasi Clay

Dimana animasi ini, memberikan efek bergerak terhadap suatu objek/ model dari boneka.

Dari kedua macam animasi di atas, animasi 2D dan animasi 3D merupakan contoh animasi komputer. Untuk penjelasan lebih lanjut , baca artikel ini sampai bawah ya.

Animasi Komputer, Apakah Itu?

Penggunaan animasi komputer merupakan, suatu proses untuk mendapatkan hasil berupa gambar bergerak secara digital. Atau dapat disebut juga Computer Animation. Sesuai dengan istilahnya, semua proses pengerjaan animasi ini dilakukan dengan komputer. Lalu, melalui proses ini hasil apa ya yang akan diperoleh? Bagi anda yang penasaran, hasilnya adalah CGI (Computer Generate Imagery). Nah, melalui animasi CGI inilah, adegan Static Animation maupun Dynamic Animation dapat dibuat. Untuk animasi komputer sendiri, lebih mengacu pada animation saja.

Berbeda dengan animasi tradisional, proses pembuatan animasi komputer cenderung lebih mudah karena bantuan komputer dan beberapa software khusus. Sehingga, lebih hemat waktu.

Berikut pembahasan terkait jenis-jenis dan contoh animasi komputer yang pastinya keren banget!

Contoh Animasi Komputer Futuristic :

1. Komputer Assist

Penggunaan Komputer animasi dalam contoh ini, adalah sebagai media yang menghubungkan kedua inputan yang sama. Kedua inputan tersebut merupakan buatan animator. Sehingga, memudahkan animator untuk menggambar karakter. Anda dapat menemukan contoh animasi komputer ini, dalam beberapa film ciptaan Disney seperti The Mouse Detective Bear di tahun 1986, Tarzan dan Pocahontas yang kebanyakan di produksi pada tahun 1990 an.


2. Motion Control dan Script

Metode jenis ini, akan memberikan hasil berupa suatu gerakan yang nantinya akan menjadi gambar last motion. Saat pertama kali digunakan, dilakukan dengan sistem ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dimana, animator selaku programmer akan menulis kode dalam bahasa computer sehingga, terbentuklah sebuah objek serta adanya gerakan dalam objek tersebut. Setelah animasi komputer terus berkembang, animator dapat memperoleh kode yang tertulis secara otomatis. Nah, contoh input yang digunakan animator adalah interaksi visual interace dan manipulated mouse, keyboard ataupun input devices lainnya.

3. CGI Compositing

Unsur-unsur animasi telah berkembang sejak hadirnya bioskop. Contoh animasi komputer yang digunakan seperti latar belakang yang telah di set up dalam rekaman live-action. Namun, karena prosesnya cukup panjang dan sulit maka, hanya film-film dengan budget besar yang dapat menggunakan efek khusus ini. Nah, namun berkat Image Computer sekarang, pembuat film dapat menggunakan green screen. Teknik green screen, memampukan anda dalam mengganti gambar latar dari sumber lain. Selain itu, compositing juga dimanfaatkan dalam video editing program.

Contoh film-film terbaik yang menggunakan teknik CGI :

– Blade Runner 2049

– The Jungle Book

– Interstellar

4. Motion Capture

Belakangan ini, jenis animasi Motion Capture ini banyak diminati. Teknik ini mampu menangkap gerakan seorang aktor melalui sensor yang di tempatkan di sekitar aktor itu. Sehingga, ketika aktor bergerak, kamera akan melacak gerakan tersebut melalui sensor. Nah, gerakan ini yang akan ditransfer ke komputer supaya tokoh yang dirancang dapat bergerak sesuai dengan gerakan aktor. Motion Capture memiliki pengaruh yang signifikan, dapat dikatakan bahwa, teknik ini merupakan perantara antara tradisional metode dalam film making dan new techonology.

Contoh film dengan penggunaan animasi komputer motion capture adalah Gollum dalam film Lord of the Rings.

5. Flash Animation

Jenis animasi komputer terakhir yang akan Bootsol bahas adalah Flash Animation. Flash animation merupakan program dari Adobe. Flash memiliki harga yang lebih murah untuk digunakan. Meskipun, masih terdapat keterbatasan dalam segi motion dan style. Selain itu, popularitas flash sekarang juga semakin meningkat. Nah, biasanya animasi jenis ini sering anda jumpai dalam iklan, konten video yang tertera di Website.

Contoh film Animasi Komputer :

– Avatar

– Shrek

– Up

Cara Membuat Animasi Komputer :

Dikategorikan dalam tiga bagian besar yaitu :

– Pra – Produksi

– Produksi

– Post – Produksi

Secara garis besar, meliputi beberapa proses seperti :

Pembentukan Karakter, Story board, Scanning, Editing , Rendering dan beberapa proses lainnya.

Melalui pembahasan di artikel ini , anda tentunya paham akan banyaknya manfaat animasi komputer. Khususnya, di era ini. Tidak hanya, dalam industri media, perfilman dan pertelevisian namun ,di banyak industri. Oleh karena itu, industri animasi diyakini dapat terus berkembang dan penggunaannya pun akan terus meluas ke berbagai bidang.

Bootsol, berharap pembahasan mengenai Contoh animasi komputer ini dapat bermanfaat bagi anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top