fbpx
Ilustrasi keunggulan sepeda motor listrik
Ilustrasi keunggulan sepeda motor listrik

Saat ini teknologi ramah lingkungan sedang marak digaungkan. Hal tersebut terbukti dengan munculnya tren penggunaan kendaraan berbasis listrik, termasuk sepeda motor yang mulai tergeser dengan versi ramah lingkungan yaitu sepeda motor listrik. Kehadirannya seiring dengan kebutuhan jenis transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Tak heran keunggulan sepeda motor listrik menjadi alternatif pilihan yang paling mudah diterapkan untuk mengganti sepeda motor berbahan bakar minyak.

Faktanya di Indonesia, kendaraan dengan jenis sepeda motor masih menjadi primadona. Keadaan lalu lintas di Indonesia sendiri, terutama di kota-kota besar, membuat efektivitas kendaraan beroda dunia dianggap lebih tinggi dibandingkan kendaraan roda empat. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor menjadi andalan bagi seseorang yang ingin menempuh jalan lebih cepat tanpa harus berlama-lama merasakan macet. Sepeda motor juga dianggap sebagai jenis kendaraan yang lebih merakyat, artinya baik kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas, banyak yang memiliki sepeda motor.

Semakin banyaknya kendaraan bermotor semakin memperburuk keadaan udara di Indonesia. Polusi di Ibu kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, semakin lama semakin parah. Mirisnya, ternyata Jakarta menjadi salah satu kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia. Salah satu penyebabnya ialah polusi yang berasal dari kendaraan bermotor.

Demi mengatasi masalah polusi udara, Pemerintah melakukan penghijauan di beberapa titik dan mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan kendaraan umum. Hadirnya transportasi ramah lingkungan, yakni salah satunya sepeda motor listrik. Banyaknya keunggulan sepeda motor listrik menjadi solusi lain mengatasi udara kotor dari asap kendaraan.

Pengertian sepeda motor listrik

Menurut wikipedia, sepeda motor listrik merupakan jenis kendaraan sepeda motor tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.

Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak diperlukannya BPKB.

Baca Juga : Aplikasi Dating Populer : Very Important to Know 5 Contohnya

Sepeda motor listrik karya anak bangsa

Berbicara mengenai sepeda motor listrik, Indonesia juga memiliki sepeda motor listrik yang bernama Gesits G1. Sepeda motor listrik tersebut menjadi salah satu karya anak bangsa yang sangat membanggakan. Tentu saja karya tersebut wajib untuk diapresiasi. Anda bisa berbangga hati memakai Gesits dan secara tidak langsung ikut serta memajukan industri otomotif asli Indonesia.

Sepeda motor listrik Gesits diproduksi oleh PT WIKA Industri dan Konstruksi. Proses pembuatan Gesits melibatkan beberapa pihak yaitu dengan PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Seluruh proses produksi transportasi ramah lingkungan tersebut dilakukan di pabrik PT WIKA Industri dan Konstruksi, lebih tepat di Cileungsi, Bogor.

Keunggulan sepeda motor listrik

Sepeda motor listrik menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan yang mulai banyak digunakan, terutama di Jakarta. Adapun berikut keunggulan sepeda motor listrik :

  1. Suara mesin sepeda motor yang halus
Ilustrasi sepeda motor listrik
Ilustrasi sepeda motor listrik

Keunggulan sepeda motor listrik yang pertama yaitu memiliki suara mesin yang halus. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh jenis mesin yang digunakan dan sumber tenaga yang berasal dari listrik.

Jika biasanya jenis motor tertentu memiliki suara yang cukup mengganggu, maka berbeda dengan sepeda motor listrik. Anda tak perlu khawatir suara yang dikeluarkan bisa mengganggu kenyamanan dan ketenangan orang lain, terutama ketika melewati gang atau jalan sempit. Selain bebas polusi, keunggulan motor listrik yaitu bebas kebisingan knalpot. Suara yang halus bukan hanya membuat orang sekita tidak terganggu, tetapi juga membuat anda lebih nyaman berkendara.

Baca Juga : Panduan Memilih Channel Digital Marketing yang Tepat di 2021

2. Efisiensi tinggi

Ilustrasi efisiensi sepeda motor listrik
Ilustrasi efisiensi sepeda motor listrik

Keunggulan selanjutnya dari sepeda motor listrik ialah tingkat efisiensi yang tinggi. Teknologi sepeda motor listrik dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan transportasi yang lebih efisien dibandingkan yang sudah ada. Hal terus bisa dilihat dari jenis energi yang dipakai yaitu listrik, dimana lebih efisien dibandingkan sepeda motor pada umumnya yang berbahan bakar minyak.

Hebatnya motor listrik diketahui memiliki efisiensi hingga 3 kali lipat jika dibandingkan dengan motor biasa, yaitu mencapai angka 90%. Jika dibandingkan dengan sepeda motor biasa, tentu sepeda motor listrik lebih unggul. tingkat efisiensi mesin sepeda motor pada umumnya hanya sebesar 30%. Tidak heran salah satu keunggulan motor listrik ialah jauh lebih hemat dibandingkan dengan motor biasa.

3. Ramah Lingkungan

Ilustrasi sepeda motor listrik ramah lingkungan
Ilustrasi sepeda motor listrik ramah lingkungan

Keunggulan berikut ini bisa dibilang sebagai misi utama diciptakannya sepeda motor listrik. Keunggulan yang dimaksud ialah ramah lingkungan. Perlu disadari bahwa bumi yang kita tempati tidak hanya untuk Anda dan keluarga, Anda harus memikirkan generasi penerus Anda. Hal tersebut membuat kita harus sadar untuk menjaga lingkungan sekitar agar generasi berikutnya bisa tetap menikmati kenyamanan dan keindahannya.

Keunggulan sepeda motor listrik memang jelas ramah lingkungan karena menggunakan teknologi listrik dan tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan. Itu artinya sepeda motor listrik tidak akan mengeluarkan asap dari knalpot, hasilnya tidak akan ada karbondioksida tambahan. Hal ini disebabkan motor mendapatkan energi dari baterai di sekitaran rumah atau di kantor. Energi terbarukan menjadi pelopor transportasi tanpa limbah udara nantinya. Asap kendaraan bermotor menjadi penyumbang utama polusi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

4. Akselerasi spontan

Ilustrasi mesin sepeda motor listrik
Ilustrasi mesin sepeda motor listrik

Tak perlu khawatir dengan kekuatan sepeda motor listrik, karena salah satu keunggulannya ialah akselerasi spontan. Keunggulan sepeda motor listrik lainnya yaitu akselerasi spontan. Penggunaan sepeda motor listrik memberikan torsi penuh secara langsung. Faktanya akselerasi sepeda motor listrik sama kuatnya dengan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar minyak.

Sepeda motor listrik ternyata mampu bersaing dengan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar minyak. Transportasi ini cukup bertenaga tetapi memiliki konsumsi energi yang rendah namun tetap fungsional. Hal tersebut tentu menjadi keunggulan sepeda motor yang mampu menandingi teknologi sebelumnya.

5. Perawatan Murah dan Mudah

Ilustrasi perawatan sepeda motor listrik
Ilustrasi perawatan sepeda motor listrik

Walaupun menjadi teknologi baru, perawatan sepeda motor listrik terbilang cukup murah dan mudah. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan sepeda motor listrik. Anda tidak perlu takut mengeluarkan uang banyak untuk melakukan servis atau perawatan.  Lebih lanjut, jumlah komponen motor listrik juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan motor konvensional.

Biaya perawatan yang akan dikeluarkan untuk melakukan servis juga akan jauh lebih sedikit. Hal tersebut menjadi keunggulan sepeda motor yang sangat menguntungkan. Anda mungkin perlu mengganti baterai motor secara berkala. Lebih lanjut, servis regular juga akan tetap dibutuhkan untuk menjaga performa motor dalam keadaan terbaik.

Itulah lima keunggulan sepeda motor listrik. Melalui keunggulan sepeda motor listrik yang beragam diharapkan bisa menjadi pemacu menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top