fbpx

Sejatinya komputer merupakan peralatan elektronik yang memiliki banyak komponen di dalamnya. Meski demikian, komponen komputer dan fungsinya masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal, komputer akan berjalan dengan normal jika semua komponen komputer tersebut bekerja dengan baik.

Muncul dan berkembangnya laptop sebagai versi ringkas dari komputer membuat pamor komputer seakan meredup. Komputer dinilai tidak cukup praktis untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang memiliki mobilitas. Dimensinya yang besar pun dinilai lebih membutuhkan banyak tenaga listrik jika dibandingkan laptop. Meskipun demikian, beberapa fungsi komputer masih belum tergantikan khususnya di sektor perkantoran.

Sekumpulan komponen komputer yang terhubung saling bekerja satu sama lain untuk melakukan tiga fungsi utama. Pertama, komputer akan melakukan proses menerima data (input process). Kemudian dilanjutkan pada proses mengolah data (processing) hingga menghasilkan informasi (ouput process). Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui lebih lanjut fungsi komponen komputer, yuk simak artikelnya di bawah ini!

Komponen Komputer dan Fungsinya

Dikutip dari domainesia.com, setidaknya untuk membentuk sebuah komputer terdapat gabungan beberapa komponen seperti hardware, software, dan brainware. Keterikatan ketiga komponen utama tersebut membuat komputer akan berjalan sebagaimana mestinya. Jika salah satu dari komponen tersebut tidak berjalan baik, maka dapat dipastikan sebuah komputer juga tidak dapat berjalan dengan normal.

Seperti layaknya kendaraan, tiap-tiap komponen yang ada selalu harus dirawat serta diperbaharui jika memungkinkan. Hal ini berkaitan dengan terus berkembangnya teknologi yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan bagi setiap penggunanya. Oleh karena itu mengetahui komponen komputer dan fungsinya akan membuat Anda semakin memahami tentang komputer.

Secara umum, komponen memiliki tiga komponen pokok yaitu komponen perangkat keras (hardware), komponen perangkat lunak (software), dan komponen perangkat otak (brainware). Bootsol akan membahas satu per satu komponen komputer dan fungsinya, simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Super Interesting! ini 5 Contoh Animasi Komputer Futuristic

Perangkat Keras (Hardware)

Fungsi komponen komputer hardware
Ilustrasi Perangkat Keras (Hardware)

Menurut pengertiannya, perangkat keras adalah seluruh komponen komputer yang dapat dilihat secara langsung serta dapat dirasakan bendanya. Fungsi komponen perangkat keras ini pada dasarnya menghubungkan antara pengguna dengan sistem software yang sedang dijalankan oleh pengguna. Hal ini lantaran perangkat keras memiliki bentuk fisiknya sehingga dapat dioperasikan oleh si pengguna.

Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam kategori perangkat keras ini? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perangkat keras (hardware) dibagi menjadi tiga menurut fungsinya. Pertama yaitu perangkat masukan (input device). Kemudian terdapat perangkat keluaran (output device) serta perangkat pemrosesan (processing device).

Ketiga fungsi komponen komputer tersebut saling terhubung dan bekerja sama untuk menampilkan hasil luaran dari apa yang pengguna perintahkan.

Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat masukan dalam hardware merupakan salah satu komponen yang paling penting pada komputer. Perangkat ini bertugas untuk menginput semua data yang diperintahkan oleh si pengguna. Ketiadaan perangkat masukan ini akan mengakibatkan kurangnya komponen komputer dan fungsinya.

1. Keyboard

Memaparkan ilustrasi keyboard
Keyboard

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi esensial. Di setiap komputer setidaknya terdapat keyboard untuk memudahkan mengoperasikan komputer. Pada setiap tombol yang terdapat di keyboard berisi sebuah perintah.

Keyboard sangat penting bagi pengguna dalam melakukan pekerjaan mengetik. Perangkat lunak yang tidak terpisahkan dari keyboard ini misalnya adalah Microsoft Office. Ketiadaan keyboard dalam suatu komputer mengakibatkan komputer tersebut akan sulit dioperasikan. Apalagi, jika si pengguna bekerja dalam bidang yang memerlukan pengetikan dalam pekerjaannya.

Fungsi komponen komputer yang satu ini juga tidak sebatas untuk mengetik. Banyak kombinasi dari beberapa tombol keyboard yang berfungsi sebagai jalan pintas (shortcut) untuk suatu perintah tertentu.

Dilansir dari laman pricebook.co.id, keyboard dapat dibedakan berdasarkan bentuknya menjadi empat jenis. Terdapat keyboard serial, keyboard PS/2, keyboard USB, dan keyboard Wireless.

2. Mouse

Memaparkan ilustrasi mouse
Mouse Komputer

Komponen komputer dan fungsinya yang satu ini tidak kalah penting dari keyboard. Mouse merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengkontrol pointer pada monitor, mengklik, serta menjalankan perintah gulung (scroll).

Keberadaan mouse pada komputer dapat dikatakan sangat wajib. Mouse melakukan fungsi yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan keyboard. Keberadaan mouse juga menjadi kunci utama pada pekerjaan-pekerjaan seperti editing, gaming, dan lainnya.

Cara kerja mouse yang paling umum adalah terletak pada sensor yang terletak di bawah mouse. Sensor tersebut kemudian menginput data yang disalurkan ke perangkat keras lainnya sehingga akan tampil pada layar monitor pengguna.

Semakin berkembangnya teknologi, mouse memiliki beberapa jenis sesuai fungsi komponen komputer tersebut. Dikutip dari hot.liputan6.com, setidaknya terdapat delapan jenis mouse saat ini. Beberapa jenis mouse yang paling banyak digunakan saat ini di antaranya, Optical Mouse, USB Mouse, dan Wireless Mouse.

3. Touchpad

Keberadaan touchpad pada komputer memang cukup jarang. Penggunaan touchpad lebih identik dengan laptop yang sudah terintegrasi pada setiap unitnya. Fungsi komponen komputer yang satu ini hampir mirip dengan mouse yaitu menerjemahkan gerakan yang diperintah oleh user untuk mengerakkan pointer.

Meski demikian, touchpad pada komputer biasanya terintegrasi dengan beberapa keyboard yang sudah kompatibel. Penggunaannya pun tidak terlalu intens seperti yang terdapat pada laptop.

4. Joystick

Joystick Komputer
Joystick Analog

Joystick merupakan sebuah kontrol yang berbentuk tuas yang berfungsi menginput data ke komputer yang dapat digerakkan ke segala arah. Pada umumnya, joystick digunakan untuk pengguna yang suka bermain video game. Namun, joystick juga dapat digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan lainnya seperti mengontrol arah CCTV, menjalankan kokpit pesawat nirawak, dan lainnya.

Fungsi komponen komputer yang satu ini semakin berkembang dan jenisnya pun beragam. Bagi pengguna yang suka bermain video game racing, terdapat jenis Joystick Racing Wheel yang dapat menambah pengalaman bermain. Tidak hanya itu, joystick juga telah berkembang menjadi komponen pelengkap pada smartphone untuk memainkan banyak permainan.

Beberapa kelebihan dari joystick dibaningkan keyboard adalah lebih responsif, serbaguna, harganya yang kompetitif, dan memiliki bentuk yang cukup menarik.

5. CD/DVD ROM

Contoh CD/DVD ROM komputer
CD/DVD ROM pada Komputer

CD/DVD ROM merupakan salah satu perangkat keras yang wajib ada di komputer. Fungsi komponen komputer yang satu ini adalah untuk membaca data dari CD/DVD yang akan ditampilkan pada layar monitor. Seiring berkembangnya waktu, komputer-komputer yang berkembang saat ini biasanya tidak menyertakan CD/DVD ROM dalam satu paket penjualan.

Fungsi lain dari komponen ini adalah untuk menginstall aplikasi yang tersimpan dalam sebuah CD/DVD. Selain itu juga CD/DVD ROM dapat digunakan sebagai sarana pemutar musik atau video yang disimpan di dalam CD/DVD.

Saat ini banyak komputer maupun laptop yang menggunakan CD/DVD ROM via USB. Secara umum CD/DVD ROM terbagi atas dua jenis yaitu, ATA/IDE dan SCSI. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada kecepatannya.

6. Flashdisk

Contoh Flashdisk komputer
Salah satu tipe Flashdisk yang banyak ditemui

Fungsi komponen komputer flashdisk pada dasarnya mirip dengan media penyimpanan lainnya. Flashdisk berfungsi untuk menyimpan segala data yang dapat dibawa kemana-mana. Data yang tersimpan dalam flashdisk tidak mudah hilang meskipun perangkat tersebut tidak dialiri oleh daya listrik.

Salah satu fitur yang sangat berguna dari flashdisk yaitu dapat digunakan sebagai tambahan kapasitas RAM bagi komputer. Hal ini berfungsi untuk mempercepat suatu komputer dengan menambahkan kapasitas penyimpanannya melalui Microsoft ReadyBoost.

Flashdsik memiliki beberapa jenis yang umum kita temui. Dimulai dari USB Flash Drive hingga flashdisk yang berbentuk sebuah kartu. Variasi penyimpanannya pun beragam. Awal mula penyimpanan flashdisk generasi awal mencakup 128MB, namun sekarang flashdisk telah dapat menyimpan data hingga 2TB.

7. Light Pen

Light Pen merupakan perangkat komputer yang fungsinya mirip dengan mouse. Fungsi komponen komputer yang satu ini sebagai penunjuk yang akan tampil pada layar monitor. Biasanya light pen digunakan untuk keperluan menggambar oleh pengguna.

Cara kerja light pen ialah menangkap cahaya yang dipancarkan oleh layar yang nantinya ditangkap oleh sensor yang tersematkan di dalam perangkat tersebut. Kemudian cahaya yang telah ditangkap oleh sensor tersebut dikirimkan sebagai sinyak ke komputer untuk diproses dan ditampilkan pada layar monitor.

Dalam penggunaannya, tidak semua pekerjaan cocok menggunakan light pen. Beberapa kegiatan yang cocok dengan perangkat keras ini adalah menggambar, memberi tanda pada kalimat-kalimat, atau bahkan sekedar memberi tanda tangan digital.

8. Microphone

Komponen komputer dan fungsinya yang satu ini menjadi marak digunakan beberapa waktu belakangan. Pasalnya, situai pandemi Covid-19 yang membuat orang semakin intens dalam melakukan pertemuan virtual melalui aplikasi seperti zoom, Google Meeting, dan sebagainya membutuhkan sebuah microphone.

Biasanya microphone tersematkan secara terintegrasi di dalam perangkat headset dan headphone. Namun, bagi pengguna komputer, perangkat keras biasanya digunakan terpisah dari headset dan headphone.

Fungsi komponen komputer microphone adalah menginput data berupa suara yang ditangkap yang dikirimkan dan diolah oleh sistem komputer. Microphone juga dapat digunakan sebagai alat perekam suara. Di beberapa video game, penggunaan microphone ini dapat membantu meningkatkan pengalaman bermain game serta meningkatkan komunikasi antar anggota tim.

Perangkat Keluaran (Output Device)

Fungsi komponen komputer pada perangkat keluaran yaitu menampilkan hasil pengolahan data setelah proses pemrosesan. Berikut penjelasan mengenai perangkat keluaran (output device).

9. Monitor

Ilustrasi Monitor
Monitor LCD

Monitor berfungsi untuk menampilkan apa yang komputer telah proses ke layar. Keberadaan dan fungsi komponen komputer yang satu ini merupakan hal yang wajib. Sebab, jika layar monitor di suatu komputer tidak ada, maka perintah yang pengguna input tidak akan terlihat pada tampilan.

Perkembangan layar monitor saat ini menghadirkan layar yang memiliki refresh rate tinggi. Monitor yang sering kita temui biasanya memiliki refresh rate 60Hz. Namun, sekarang layar monitor telah mampu menampilkan tampilan dengan refresh rate 144Hz bahkan lebih.

Dari laman carisinyal.com, setidaknya terdapat delapan jenis monitor yang saat ini sering kita jumpai. Di antaranya yaitu, jenis CRT, LCD, TFT, LED, DLP Monitor, touchscreen monitor, layar plasma, dan OLED. Jenis LCD dan LED mungkin yang paling banyak beredar hingga saat ini.

10. Speaker

Fungsi komponen komputer speaker berfungsi untuk mengeluarkan output berupa suara atau audio yang berasal dari hasil pemrosesan CPU. Keberadaan fungsi komponen komputer yang satu ini bersifat esensial. Perangkat keras speaker saling terhubung dengan perangkat lunak pemuat audio, video, dan lainnya untuk mengubah data tersebut menjadi gelombang suara.

Pada umumnya, speaker komputer terhubung dengan komputer melalui saluran port USB. Banyak macam speakar yang beredar di pasaran saat ini.

11. Headphone

Ilustrasi Headphone
Ilustrasi Headphone

Secara umum headphone merupakan sebuah perangkat audio yang memiliki dua buah speakar. Fungsi komponen komputer headphone sebenarnya tidak jauh berbeda dengan speaker. Hanya saja headphone dipasangkan di kedua telinga pengguna dan suara yang keluar tidak akan terdengar oleh lingkungan sekitar.

Headphone komputer memiliki beberapa macam jenis, di antaranya yang menggunakan kabel USB sebagai penguhubung utamanya. Di sisi lain, masih terdapat headphone yang menggunakan kabel jack 3.5mm sebagai penghubung utamanya.

Kini, penggunaan headphone kian marak saat game-game online yang memerlukan kerjasama tim ramai dimainkan. Bahkan, terdapat jenis headset tipe gaming yang memiliki bantalan tebal serta microphone yang telah disematkan.

12. Printer

Perangkat keras Printer
Contoh Printer

Fungsi komponen komputer printer adalah untuk mencetak suatu dokumen yang ada dalam sistem komputer. Lebih jauh lagi, semakin berkembangan teknologi printer dan fungsinya, saat ini printer dapat mencetak foto, spanduk, banner, dan lainnya.

Beberapa tipe printer yang kini sering dijumpai yaitu Printer Inkjet, Printer Laserjet, dan Printer Domatrik. Tinta yang digunakan pun beragam. Dimuali dari tinta cair hingga tinta serbuk yang dikenal dengan cartridge.

Saat ini, fungsi printer telah digabungkan ke beberapa fungsi lainnya, seperti fotocopy dan sebagai scanner. Banyak beredar di pasaran printer jenis 3 in 1. Oleh karena kepraktisan serta harga yang ditawarkan cukup terjangkau menjadikan printer jenis 3 in 1 banyak digemari masyarakat.

13. Proyektor

Meskipun cukup jarang komputer menggunakan proyektor, namun perangkat output ini kerap digunakan dibeberapa kesempatan dan keperluan. Fungsi komponen komputer yang satu ini yaitu memproyeksikan gambar atau video untuk ditampilkan di sebuah bidang datar (papan tulis/dinding) agar tampilan yang dihasilkan lebih besar.

Umumnya proyektor digunakan dalam keperluan presentasi yang ada di perkantoran maupun sekolah. Selain itu, proyektor juga dapat digunakan sebagai media hiburan di rumah untuk memutar film atau video dalam skala gambar yang luas.

Perangkat Pemrosesan (Processing Device)

Perangkat pemrosesan memiliki fungsi komponen komputer untuk memproses data-data yang telah diinput oleh pengguna. Sebelum data hasil olahan tersebut ditampilkan, melalui proses inilah data diolah melalui beberapa perangkat keras. Berikut penjelasan mengenai perangkat pemrosesan pada komputer.

14. Processor

Ilustrasi Processor
Ilustrasi Processor

Processor merupakan otak dari komputer. Fungsi komponen komputer ini adalah menunjang segala aktivitas yang dilakukan oleh komputer. Memilih processor yang bagus merupakan suatu keharusan dalam merakit komputer. Hal tersebut berkaitan dengan kinerja suatu komputer nantinya.

Perintah yang telah diinput semua akan dibaca dan diolah melalui perangkat ini. Setelah itu, processor memberikan perintah ke seluruh komponen komputer lainnya agar perintah yang diinput berjalan dengan normal.

Saat ini terdapat beberapa merek processor yang sering ditemui. Di antaranya adalah Intel, AMD, Apple, dan IBM.

15. Motherboard

Ilustrasi Motherboard komputer
Ilustrasi Motherboard

Seperti namanya, motherboard merupakan papan utama atau kunci dalam komponen komputer. Fungsi komponen komputer motherboard adalah sebagai jantung penghubung antara komponen-komponen lainnya yang ada di komputer. Motherboard memiliki beberapa socket yang dapat menampung komponen seperti processor, RAM, VGA, hardisk, dan lainnya.

Memilih motherboard yang bagus juga sebuah keharusan. Bahkan kita harus mengetahui apakah processor yang akan dipakai sesuai dengan tipe dari motherboard tersebut. Hal tersebut karena processor dan motherboard harus memiliki kesesuaian terlebih dahulu sebelum komponen-komponen lainnya.

Dikutip dari termasmedia.com, motherboard dikelompokkan ke dalam tujuh tipe berdasarkan processornya. Di antaranya yaitu Socket A, Socket 370, Socket 378, Socket T, Socket 939, Socket AM3, dan Socket H.

16. Power Supply

Power supply merupakan perangkat yang sangat vital bagi komputer. Meski demikian, masih banyak orang yang menyepelekan kualitas yang dipakai untuk power supply. Fungsi komponen komputer dari power supply yaitu mengaliri tegangan listrik ke semua komponen komputer. Ketiadaan perangkat ini membuat fungsi komponen komputer tidak dapat berjalan atau bahkan tidak dapat hidup.

Selain memberikan aliran listrik ke komponen-komponen lainnya, power supply juga berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya voltase yang masuk. Power supply yang memiliki kualitas bagus dapat menjaga besarnya voltase yang masuk secara stabil. Sebaliknya, jika power supply suatu komputer tidak berkualitas baik, maka besarnya voltase yang masuk bisa tidak stabil dan dapat merusak komponen vital lainnya.

17. RAM

Contoh kepingan RAM komputer
Ilustrasi kepingan RAM

Random Access Memory atau yang dikenal dengan RAM merupakan tempat penyimpanan memori sementara. Fungsi komponen komputer yang satu ini juga cukup penting. Hal ini berkaitan dengan kinerja mulltitasking suatu komputer.

Semakin besar kapasitas sebuah RAM, maka semakin baik komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan multitasking. Pekerjaan seperti editing dan gaming sangat memerlukan sekali RAM yang berkapasitas besar. Semakin besar kapasitas RAM, biasanya juga berpengaruh terhadap kecepatan suatu komputer.

Hingga kini, kapasitas RAM memiliki banyak variasi dan tipe. Terdapat tipe DDR1 hingga DDR5 serta kapasitas mulai dari 512MB hingga 32GB per kepingnya.

Perangkat Lunak (Software)

Ilustrasi Software

Menurut idcloudhost.com, perangkat lunak (software) merupakan sebuah data yang diprogram melalui bahasa pemrograman kemudian disimpan serta diformat untuk keperluan tertentu. Dengan begitu seluruh komponen komputer dan fungsinya akan berjalan dengan baik jika kehadiran perangkat lunak ini terpenuhi.

Perangkat lunak tidak dapat dilihat seperi layaknya perangkat keras. Namun, perangkat lunak dapat dioperasikan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Baik itu untuk bekerja, belajar, bermain game, dan lain-lain. Oleh karen itu, simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

18. Sofware Sistem Operasi

Windows 10
Salah satu sistem operasi Windows

Perangkat lunak sistem operasi ini merupakan software yang hampir ada di setiap komputer. Fungsi komponen komputer ini adalah mengatur secara umum setiap hardware yang telah saling terhubung di komputer. Sistem operasi juga merupakan komponen yang menghubungkan antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia saat ini yaitu Windows. Beberapa yang lainnya yaitu Linux dan Mac OS X.

19. Web Browser

Web browser
Ilustrasi Web Browser

Fungsi komponen komputer yang satu ini yaitu digunakan pengguna untuk berselancar dan beraktivitas di dunia maya/internet. Sebagian besar pengguna yang menjalankan komputer kemungkinan besar akan menggunakan internet sebagai aktivitas utamanya.

Google bahkan mengeluarkan web browsernya sendiri yang dinamakan Google Chrome. Banyak pengguna menggunakan web browser ini karena dianggap lebih cepat dibandingkan web browser lainnya. Meski demikian, Google Chrome membutuhkan kapasitas RAM komputer yang cukup agar bekerja secara maksimal.

Beberapa jenis web browser lainnya yang sering kita jumpai yaitu Mozila Firefox, Internet Explorer, Safari, Opera, dan lainnya.

20. Microsoft Office

Perangkat lunak microsoft office berguna bagi pengguna yang melakukan aktivitas pekerjaan yang memerlukan pengetikan, penghitungan, dan lainnya. Fungsi komponen komputer yang satu ini juga dapat dikatakan wajib. Hampir di setiap komputer tersedia perangkat lunak ini.

Perangkat lunak ini dapat digunakan dalam banyak sistem operasi seperti Windows, Mac OS X, dan Linux. Penggunaannya juga tergolong mudah dengan tampilan yang menarik.

Beberapa jenis microsoft office yang sering kita jumpai adalah Microsof Office Word, Microsoft Office Excel, dan Microsoft Office Power Point.

21. Software Pemutar Audio

Penggunaan komputer yang multifungsi memungkinkan penggunanya menjalankan aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik. Fungsi komponen komputer yang satu ini yaitu sebagai penyedia pemutar musik pada komputer.

Beberapa software pemutar audio yang sering kita temui yaitu Windows Media Player, Media Player Classic, VLC Media Player, dan lain-lain. Banyak di antaranya dapat diunduh secara gratis.

22. Software Pemutar Video

Seperti layaknya pemutar audio, perangkat lunak pemutar video berfungsi untuk menampilkan data berupa video. Format data yang biasanya dapat diputar di komputer adalah mp4. Beberapa perangkat lunak pemutar video dapat menampilkan video beresolusi tinggi hingga 8K.

Beberapa software yang digunakan untuk pemutar audio juga dapat digunakan untuk memutar video seperti VLC Media Player, Media Player Classic, Windows Media Player, GOM Player, dan lain-lain.

23. Software Pengolah Gambar

Ilustrasi software pengolah gambar
Ilustrasi Software Pengolah Gambar

Fungsi komponen komputer yang satu ini memiliki fokus pada pengguna yang melakukan aktivitas editing dan designing. Hal ini kerap digunakan baik untuk keperluan 2D maupun 3D. Biasanya perangkat lunak pengolah gambar membutuhkan ruang memori (RAM) yang cukup lega agar dapat bekerja secara maksimal.

Software pengolah gambar yang biasanya disediakan oleh sistem operasi Windows adalah Paint. Namun, untuk keperluan editing tingkat lanjur pengguna dapat menggunakan Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain.

Baca juga : Incredible? Inilah 6 Rekomendasi Software Desain Grafis Gratis Super Useful

24. Software Game

Video game dalam komputer
Video game dalam komputer

Software game merupakan perangkat lunak yang berisikan permainan. Fungsi komponen komputer yang satu ini umumnya untuk keperluan hiburan. Namun, saat ini banyak pengguna menggunakan software game sebagai media pekerjaannya (e-Sport).

Software game ini banyak sekali jumlahnya. Bagi pengguna Windows, sistem operasi telah menyediakannya dalam perangkat lunak Store untuk mengunduh permainan-permainan. Namun, pengguna juga dapat menginstallnya melalui media tambahan jika diperlukan.

25. Software Antivirus

Fungsi komponen komputer antivirus ini sangat penting. Umumnya, software antivirus dapat melacak file mana yang terdapat virus serta dapat menghapusnya agar komputer pengguna tetap aman. Lebih dari itu, software antivirus juga dapat mencegah jika terdapat file atau website yang diindikasikan tidak aman.

Beberapa software antivirus yang banyak dijumpai di antaranya SmadAV, McAfee, Avast, dan lain-lain.

Perangkat Otak (Brainware)

Ilustrasi Brainware
Ilustrasi Brainware

Komponen komputer brainware merupakan komponen yang sangat berbeda dari kedua perangkat sebelumnya. Brainware adalah mereka yang sedang menggunakan suatu komputer atau yang sering disebut pengguna. Dilansair dari jurnalponsel.com, Brainware dapat dibagi ke dalam beberapa jenis.

Pertama yaitu Operator. Umumnya si Operator akan memiliki tanggung jawab pada seluruh pengolahan data pada suatu komputer. Kedua, terdapat seorang Progammer. Progammer memiliki peran sebagai pembuat perangkat lunak atau aplikasi yang nantinya dapat digunakan oleh banyak orang.

Tipe yang ketiga ialah Graphic Designer. Graphic Designer merupakan pengguna yang paling banyak menggunakan software pengolah gambar yang menghasilkan animasi visual. Kemudian, tipe terakhir yaitu Administrator. Orang yang menggunakan sistem komputer yang telah dirancang oleh analis.

Kesimpulannya, untuk menjalankan sebuah komputer dengan baik harus terpenuhi ketiga komponen utama tersebut. Setidaknya terdapat 25 komponen komputer dan fungsinya yang kalian sudah ketahui. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kalian. Jika ada yang ingin ditanyakan, tulis di kolom komentar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top