fbpx
Literasi Digital
Ilustrasi penggunaan literasi digital yang optimal

Munculnya Internet merupakan tanda semakin berkembangnya teknologi. Internet memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Saat ini tak aneh jika setiap aktivitas sehari-hari tidak lepas dari pemakaian internet, mulai dari bekerja, belanja, bahkan hingga belajar. Dampak positif adanya internet dapat melengkapi fasilitas di berbagai bidang. Segala informasi saat ini bisa diakses dengan mudah menggunakan internet, bisa oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Istilah literasi digital pun muncul seiring dengan mudahnya mengakses internet

Semakin banyaknya pengguna internet seakan tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan manusia, bahkan dianggap layaknya kebutuhan. Perlu kita sadari bahwa kebutuhan akan internet merupakan kebutuhan yang sangat penting. Ditambah dengan semakin mudahkannya mengakses internet membuat manusia ketergantungan dengan internet.

Sudah bisa dipastikan jika seseorang tidak menggunakan internet akan ketinggalan. Apalagi dengan adanya internet, segala sesuatu bisa diatur dengan jari, contoh kecilnya saja jika dulu ingin bepergian perlu datang ke stasiun atau bandara untuk membeli tiket, namun sekarang cukup sekali klik maka anda dengan mudah bisa membeli tiket. Begitu juga dengan contoh lainnya pada berbagai bidang, mulai dari transaksi jual beli, berinteraksi, kebutuhan informasi dan masih banyak lagi.

Aktivitas internet jangkauannya sangat luas bahkan terasa tanpa batas. Itu artinya perlu filter untuk setiap informasi yang masuk. Memang pada dasarnya internet hadir memberikan dampak positif tapi juga dilengkapi dengan dampak negatif. Aktivitas internet yang semakin cepat membuat pembaruan informasi semakin cepat pula. Informasi yang tersedia sangat beragam, ada berita yang jelas sumbernya, ada juga yang tak jelas sumbernya, bahkan berpotensi sebagai hoax alias berita bohong. Oleh karena itu semakin canggihnya teknologi perlu dibarengi oleh kecakapan literasi digital.

Literasi digital

Mengutip dari wikipedia literasi digital adalah kemahiran dan pengetahuan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan untuk belajar menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa dibilang literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan teknologi digital sebagai informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai perangkat.Literasi digital intinya adalah kemampuan untuk bisa mencari, menemukan, menggunakan, dan menyebarluaskan informasi dan bisa dipertanggungjawabkan sesuai aturan yang berlaku saat menggunakan media digital.

Literasi digital merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pengguna internet, khususnya bagi kaum muda sebagai mayoritas pengguna internet.Hal ini bukan hanya sebatas ketika seseorang menggunakan media digital, tetapi lebih kepada manfaat yang dapat diperoleh dari adanya media digital tersebut untuk kehidupan sehari-hari. Faktanya setiap hari, khususnya bagi para kaum muda pasti mengakses internet. Tidak hanya untuk keperluan berselancar di media sosial, tetapi juga untuk aktivitas rutin lainnya.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Manfaat Literasi Digital

Literasi Digital menjadi suatu kebutuhan bagi berbagai sektor di Indonesia saat ini. Adapun 10 manfaat literasi digital yaitu sebagai berikut :

Menghemat waktu

Literasi digital
Mengerjakan sesuatu hal lebih menghemat waktu

Manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan literasi digital ialah menghemat waktu. Dimana kita dapat mengakses informasi apapun, informasi dari belahan dunia manapun dengan sangat mudah. Tidak perlu berkeliaran menghabiskan tenaga dan waktu. Cukup dengan memiliki konektivitas internet yang stabil maka informasi yang diinginkan akan segera didapatkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa media digital memang lebih praktis dibandingkan media cetak maupun elektronik.

Terutama dengan adanya pandemi virus Corona di Indonesia sejak tahun 2020, memaksa masyarakat harus bisa terbiasa dengan teknologi digital. Melakukan segala sesuatu hampir semuanya mulai dari rumah. Semakin majunya teknologi memudahkan keadaan. Dengan begitu bukan hanya menghemat waktu tetapi bisa membuat situasi lebih aman, tidak harus secara langsung hadir di tempat tujuan.

Belajar lebih cepat

Literasi digital
Mengerjakan tugas lebih cepat

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan literasi digital ialah seseorang bisa dengan cepat mendapatkan informasi yang diinginkan dengan menggunakan media digital. Hanya dengan hitungan detik, bahkan sekali klik anda dapat menemukan suatu informasi tanpa harus bersusah payah mencari kesana kemarin secara manual. Hal seperti ini tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat terutama yang berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Mencari segala sumber referensi untuk tugas dapat dilakukan dengan cepat tanpa berkeliling kemana-mana. Bisa mengerjakan tugas dengan lengkap dengan buku yang dimiliki dan tambahan referensi yang ditemukan. Hampir seluruh informasi dari berbagai bidang mata pelajaran tersedia di internet dan dapat diakses dengan sangat mudah.

Menghemat uang

Literasi digital
Mengerjakan sesuatu tanpa mengeluarkan biaya besar

Manfaat yang sangat terasa dengan hadirnya literasi digital yaitu dapat menghemat uang. Beragam informasi dari manapun dapat diakses dengan mudah dan gratis. Hanya bermodal konektivitas internet yang stabil. Terutama bagi sektor pendidikan, biasanya para pelajar atau mahasiswa membutuhkan banyak buku yang tidak murah harganya. Dengan adanya internet banyak perpustakaan online yang menyediakan buku, jurnal, dan karya tulis ilmiah lainnya yang dapat dijadikan referensi tambahan ketika mengerjakan tugas. Bahkan banyak yang menyediakan secara gratis, kalaupun berbayar umumnya dengan harga yang masih terjangkau oleh kantong siswa dan mahasiswa. Selain itu kini banyak bimbingan belajar yang dilakukan secara online. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan literasi digital sehingga fasilitas pembelajaran semakin lengkap, canggih, dan lebih murah jika dibandingkan dengan bimbel offline.

Membuat lebih aman

Literasi digital
Menyediakan sumber yang aman dan terpercaya

Mengakses internet memang bisa dilakukan dengan bebas dan luas. Beragam informasi tersedia bahkan rasanya seperti tak terhitung jumlahnya. Memang dengan banyaknya informasi memudahkan untuk memilih yang terbaik. Namun dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang tepat agar bisa memilih informasi yang valid. Masyarakat harus bisa memahami literasi digital dengan sangat optimal. Dengan begitu tak perlu khawatir dengan banyaknya informasi yang ada tetap akan mendapatkan informasi dengan sumber yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu yang paling sering digunakan ialah transaksi keuangan secara digital yang semakin banyak digunakan. Sudah banyak pihak yang merasa aman bertransaksi tanpa menggunakan uang cash.

Memperoleh informasi terkini

Literasi digital
Informasi selalu diperbarui

Kehadiran teknologi digital membuat masyarakat dengan mudah memperoleh informasi terbaru dan terpercaya. Saat ini sudah menjadi kebiasaan menyebarluaskan suatu informasi melalui internet dengan tujuan agar lebih cepat dan mudah diterima, selain itu jangkauannya akan lebih luas. Begitupun bagi masyarakat yang terbiasa mencari informasi terkini akan dengan mudah menemukannya, bahkan setiap detik akan ada informasi yang diperbarui. Informasi dengan beragam jenis dan dari beragam sudut pandang yang dapat diakses oleh siapa saja.

Selalu terhubung

Literasi digital
Relasi semakin berkembang dan terjaga

Dengan menggunakan literasi digital, memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan siapapun melalui aplikasi maupun website yang dirancang sebelum untuk kepentingan komunikasi. Hal tersebut membuat relasi semakin berkembang dan selalu terhubung dengan orang-orang tertentu. Semuanya dapat dilakukan dengan fitur-fitur di media sosial. Terutama untuk tetap menjadi komunikasi bersama orang di luar sana yang jaraknya jauh, entah itu teman, sahabat, maupun keluar. Menggunakan media sosial seolah-olah dapat mendekatkan yang jauh. Semakin lama pengguna media sosialpun semakin banyak dan dari berbagai kelas umur, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Faktanya kegiatan menggunakan media sosial seakan sudah menjadi aktivitas sehari-hari baik bagi masyarakat lokal maupun internasional.

Membuat keputusan yang lebih tepat

Literasi digital
Membuat keputusan tanpa ragu

Literasi digital memiliki manfaat mempermudah seseorang untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Hal ini disebabkan oleh mudahnya mencari informasi sebagai referensi pilihan keputusan yang seharusnya diambil. Selain itu juga mempermudah mempelajari, menganalisis, dan membandingkan suatu keputusan dengan bebas. Sehingga pada akhirnya seseorang akan benar-benar yakin dengan keputusan yang dibuat dan puas dengan kemungkinan yang akan terjadi karena telah melakukan segala cara demi menemukan yang paling tepat. Hal kecil yang biasanya dilakukan yaitu membeli suatu barang. Dengan banyaknya pilihan merek dan jenis fitur akan bingung memilih mana yang akan dibeli. Masyarakat dapat mencari perbandingan harga kualitas, kelengkapan fasilitas secara cepat dan akurat sehingga tak perlu ragu untuk kemudian membeli.

Mempermudah pekerjaan

Literasi digital
Mengerjakan pekerjaan lebih mudah

Dengan literasi digital tentunya segala jenis pekerjaan lebih mudah dikerjakan. Terutama bagi jenis pekerjaan yang sehari-harinya memanfaatkan komputer, teknik jaringan, aplikasi, website, dan lain-lain. contoh nyatanya bagi para siswa atau mahasiswa yang sedang melakukan pengamatan maupun penelitian. Pemanfaatan informasi yang tersedia di internet akan mempermudah tugas dalam hal melengkapi data. Selain itu jenis kuesioner maupun wawancara yang dapat memanfaatkan fitur suatu aplikasi atau website.

Membuat lebih bahagia

Literasi digital
Kebahagiaan lebih terasa sejalan dengan kemudahan

Internet dengan segala kemudahannya dapat membawa kebahagiaan bagi manusia. Terdapat banyak konten mulai dari yang berbentuk teks narasi, gambar, hingga video yang dapat digunakan untuk mengusir penat disaat waktu luang. Belum lagi teknologi yang mempermudah liburan. Mulai dari mencari destinasi wisata, memeriksa hasil review tempat wisata, booking hotel online, membeli tiket transportasi secara online, dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti itu yang membuat internet semakin dekat dengan aktivitas manusia hingga akhirnya sulit untuk dipisahkan.

Mempengaruhi dunia

Literasi digital
Teknologi semakin canggih dan dunia semakin berkembang

Peradaban dunia sepuluh tahun telah berubah drastis sejalan dengan adanya media digital. Literasi digital yang optimal sangat diperlukan agar manfaat dari perkembangan teknologi tersebut dapat benar-benar terasa. Dimana dinamika kehidupan semakin lama semakin berkembang. Kehidupan sosial semakin berubah dari masa ke masa. Perkembangan teknologi diberbagai sektor semakin pesat, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, pariwisata, dan sebagainya. Untuk pemanfaatan yang maksimal tentu saja kembali pada individu yang melakukan, dimana kita ketahui bersama bahwa setiap teknologi bukan hanya memberi keuntungan tetapi dilengkapi juga kerugian yang bisa ditimbulkan di masa yang akan datang.

Literasi digital memberikan banyak sekali manfaat. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan demi memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengakses dan mengelola berbagai informasi di media digital sesuai dengan aturan yang ada. Selain itu, literasi digital juga dapat mencegah terjadinya berbagai kejahatan dunia maya yang harus selalu diwaspadai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top