fbpx

Perkembangan teknologi memungkinkan penggunaan earphone mengandalkan sistem bluetooth. Banyak sekali merk earphone bluetooth terbaik saat ini yang dapat Anda dapatkan. Tentunya earphone yang berbasis bluetooth atau yang biasa disebut wireless memiliki segudang fitur dan kemudahan bagi siapapun yang menggunakannya.

Salah satu alasan banyak orang kini menggunakan earphone bluetooth adalah karena kemudahannya dalam menunjang kegiatan multitasking. Multitasking sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan. Tentunya dengan teknologi bluetooth, Anda tidak lagi sibuk dengan kabel yang seringkali mengganggu bahkan kusut.

Oleh karena itu, penting untuk Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dari earphone wireless atau bluetooth itu sendiri. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kelebihan Earphone Bluetooth

Terdapat beberapa kelebihan earphone bluetooth
Terdapat beberapa kelebihan earphone bluetooth

Salah satu jenis earphone yang saat ini paling digemari adalah earphone yang tidak lagi menggunakan kabel. Hal ini juga didukung dengan banyaknya smartphone yang tidak lagi memiliki lubang jack 3.5mm. Sebab itu, penggunaan teknologi bluetooth tentunya menjadi jawaban atas hadirnya berbagai teknologi yang mutakhir.

Namun, apa saja kelebihan earphone yang mengguakan perangkat bluetooth jika dibandingkan dengan earphone konvensional berkabel?

1. Meningkatkan Kenyamanan

Penggunaan earphone bluetooth tentu memberikan pengalaman yang lebih nyaman jika dibandingkan dengan earphone konvensional. Ketidakhadiran kabel pada earphone membuat penggunanya tidak lagi memikirkan masalah tentang kerusakan pada kabel atau kabel yang kusut. Pengguna earphone dengan perangkat bluetooth hanya perlu menghubungkan perangkat earphone dengan bluetooth yang telah disematkan di dalam smartphone.

Berbeda dengan earphone konvensional yang sering kali memiliki masalah kerusakan pada ujung kabel. Hal tersebut tidak lagi ditemukan dalam earphone bluetooth yang tidak lagi memiliki kabel. Jadi, intinya adalah earphone wireless memiliki tingkat kenyamanan yang lebih.

2. Hands-Free

Dikutip dari Tokopedia, salah satu kelebihan dari penggunaan earphone bluetooth yaitu bebas dari adanya kabel atau hands-free. Berkaitan dengan poin nomor 1, ketidakhadiran kabel dalam earphone tersebut dapat meningkatkan kenyamanan serta produktivitas seseorang. Anda dapat melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu atau multitasking.

3. Menjaga Konsentrasi

Menggunakan earphone wireless membantu Anda untuk tidak lagi sibuk ketika menerima panggilan masuk. Anda hanya menyentuh atau menekan tombol earphone Anda tanpa berueusan dengan smartphone.

Selain itu, earphone bluetooth juga dapat digunakan untuk memberhentikan atau memilih lagu yang sedang diputar. Hal ini pastinya akan menjaga Anda tetap fokus terhadap apa yang sedang Anda kerjakan. Misalnya, Anda sedang membaca buku seraya mendengarkan lagu menggunakan earphone wireless, Anda tidak perlu lagi memeriksa smartphone ketika ingin memberhentikan lagu atau memilih untuk lagu selanjutnya.

4. Lebih Fleksibel

Kelebihan earphone bluetooth yang satu ini mungkin sudah banyak disadari oleh banyak orang. Earphone wireless memungkinkan Anda menggunakan earphone seraya melakukan aktivitas-aktivitas lainnya, khususnya berolahraga. Meskipun olahraga memaksa Anda untuk banyak bergerak, namun dengan memakai earphone bluetooth Anda tidak perlu khawatir lagi dengan perangkat earphone yang sedang Anda gunakan.

Earphone wireless telah teruji bahwa tidak mudah lepas meskipun penggunanya sedang melakukan olahraga. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kenyamanan olahraga karena tidak lagi perlu memikirkan kabel earphone yang cukup mengganggu.

5. Lebih Hemat Daya

Penggunaan perangkat bluetooth pada earphone memungkinkan untuk menghemat dan menjaga baterai ponsel jauh lebih baik. Hal ini karena teknologi wireless tidak membutuhkan daya listrik sebesar pada earphone-earphone konvensional. Oleh karena itu, penggunaan earphone wireless sangat dianjurkan kepada Anda yang ingin lebih menghemat daya pada ponsel yang kalian sedang gunakan.

Baca juga: Bingung Cara Menggunakan Earphone? No Worry! Ini 5 Cara Basic Menggunakan Earphone Agar Tetap Awet!

5 Merk Earphone Bluetooth Terbaik

Saat ini banyak sekali tersedia pilihan berbagai earphone wireless atau bluetooth yang memiliki kualitas baik. Beberapa di antaranya telah menggunakan bluetooth versi terbaru untuk mengoptimalkan gangguan sinyal pada perangkat earphone. Namun, masih ada juga earphone yang menggunakan teknologi bluetooth versi 4.1 dan 4.2 yang menyebabkan terkadang terjadi latensi terhadap suara yang dihasilkan.

Nah, oleh karena itu penting kalian mengetahui earphone bluetooth mana saja yang memiliki kualitas terbaik saat ini sehingga kalian lebih mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Berikut ulasannya.

1. Apple AirPods Pro

Salah satu merk earphone bluetooth terbaik Apple
Salah satu merk earphone bluetooth terbaik Apple (Sumber: Apple)

Bagi Anda yang menggunakan produk Apple seperti iPhone, iPad, atau Macbook, Apple AirPods Pro merupakan teman terbaik Anda. AirPods merupakan salah satu produk Apple yang menghasilkan earphone bluetooth terbaik saat ini. Tentunya earphone ini telah disematkan banyak fitur yang pastinya akan memanjakan pengalaman para penggunanya.

Apple AirPods Pro disematkan chipset bernama Chip Headphone H1 dengan ditemani konektivitas bluetooth 5.0 yang memiliki laju transmisi 2x lebih cepat dan 4x jarak transmisi lebih lebar jika dibandingkan dengan bluetooth 4.2. Terdapat beberapa sensor dalam earphone bluetooth ini seperti mikrofon ganda pembentuk sinyal, sensor optik ganda, sensor tekan, dan lain-lain.

2. Vyatta Airboom Pro

Vyatta Airboom Pro (Sumber: Liputan6)

Vyatta merupakan salah satu merk asal Indonesia yang terkenal memproduksi berbagai macam earphone dengan kualitas baik. Harga yang ditawarkan merk Vyatta juga tergolong terjangkau. Salah satu earphone bluetooth produk Vyatta yang paling menarik adalah Airboom Pro. Earphone ini dilengkapi banyak sekali fitur yang tidak kalah dengan AirPods Pro.

Pada produk Airboom Pro, Vyatta menghadirkan suara bass yang tergolong baik tanpa menutupi instrumen vokalnya. Selain itu, fitur unggulan pada Vyatta Airboom Pro adalah fitur kontrol 14 in 1 yang memungkinkan Anda mengontrol berbagai jenis perintah dalam satu jari saja. Vyatta juga tidak lupa untuk menyematkan microphone pada earphone ini dengan kualitas yang sangat baik sehingga dapat digunakan untuk telepon serta bermain game.

3. Xiaomi Haylou GT1

Haylou GT1 (Sumber: Root Nation)

Haylou GT1 merupakan earphone bluetooth buatan Xiaomi yang memiliki kualitas suara dan desain yang elegan. Xiaomi Haylou GT1 dilengkapi dengan bluetooth 5.0 serta memiliki sertifikasi tahan air IPX5. Hal ini tentu membuat para penggunanya tidak perlu khawatir ketika terjadi hujan sedang saat menggunakan earphone bluetooth ini.

Dilansir dari Pickybest, beberapa fitur andalan Xiaomi Haylou GT1 adalah suaranya yang jernih, konektivitas yang cepat, serta bebas dari suara bising. Rata-rata ketahan baterai dari Haylou GT1 yaitu 15 jam. Xiaomi Haylou GT1 menjadi earphone bluetooth yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin tampil elegan dengan kualitas suara yang baik.

4. SoundPeats TrueAir 2

SoundPeats TrueAir 2 (Sumber: Soundpeats)

Merk earphone bluetooth terbaik selanjutnya berasal dari SoundPeats TruAir 2. Earphone ini menjadi andalan bagi Anda yang menginginkan kualitas earphone terbaik namun dengan harga yang sangat terjangkau. Harga dari earphone ini jauh di bawah AirPods namun memiliki kualitas yang hampir mirip.

Keunggulan dari SoundPeats TrueAir 2 yaitu pada suara bassnya yang tergolong kategori mid-bass namun memiliki suara yang kuat. Selain itu, karakteristik suara dari SoundPeats TrueAir 2 adalah warm. Untuk ketahanan daya baterainya, SoundPeats TrueAir 2 memiliki jangka waktu 4,5 jam dalam sekali charge.

5. JBL Endurance Run BT

JBL Endurance Run BT (Sumber: JBL)

Merk earphone bluetooth terbaik yang terakhir ini sedikit berbeda dengan keempat earphone yang telah disebutkan. Seperti namanya, JBL Endurance Run BT sangat cocok bagi Anda yang menginginkan earphone sebagai teman olahraga seperti jogging. Earphone ini dilengkapi dengan teknologi anti keringat yang memungkinkan Anda bebas melakukan olahraga apapun menggunakan earphone ini.

Daya tahan JBL Endurance Run BT dalam sekali pengisian daya dapat hingga 6 jam. Tentunya dilengkapi juga dengan microphone yang berkualitas baik untuk memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

Nah, kalian sudah tahu kan merk earphone bluetooth apa saja yang terbaik saat ini. Pastinya kalian dapat mencobanya karena semua earphone bluetooth tersebut sangat terjangkau untuk dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top