fbpx

Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM bukan merupakan suatu hal yang baru bagi para pemasar digital. SEM bisa menjadi strategi digital marketing lain yang bisa kamu gunakan selain SEO. Meskipun SEO dan SEM sama-sama berkaitan dengan search engine machine, namun tentu saja keduanya mempunya teknik yang berbeda. SEM ini mampu meningkatkan traffic website dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat.

Search Engine Marketing merupakan sebuah aktivitas strategi marketing untuk meningkatkan visibilitas website di halam hasil mesin pencarian. Singkatnya yaitu membeli traffic khusus dengan cara membayar mesin pencarian seperti Google atau Bing. Namun Google lebih banyak digunakan orang karena Google hampir 90% menguasai pasar, sehingga peluang untuk mendapatkan traffic dari iklan di Google sangatlah besar. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh seorang marketer.

Seorang marketer dapat melakukan bidding untuk kata kunci/keyword sesuai dengan yang mereka inginnya. Tujuannya supaya orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut akan memilih website atau iklan mereka. Sesuai penjelasan di atas, kebanyakan mesin pencarian seperti Google menggunakan sistem Pay Per Click (PPC). Di mana kamu diminta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan kamu.

Nah, apa saja sih peran penting Search Engine Marketing? Yuk simak penjelasan berikutnya.

Search Engine Marketing adalah Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website Kamu

Meningkatkan Traffic Web (Sumber: vlobs.com)

Setiap website, terutama situs business digital, tentu saja memerlukan optimasi agar memiliki traffic website yang potensial. Dari banyaknya metode optimasi web, SEM termasuk dari sekian banyak internet marketing strategis yang dipercaya dapat meningkatkan traffic pengunjung.

Dengan tingginya traffic yang ada, tentu saja akan memberikan impact yang sangat baik dalam meningkatkan bisnis online yang kamu lakukan. Seiring dengan meningkatnya traffic, maka jumlah pengunjung web yang berpotensi untuk menjadi konsumen kamu kana menjadi semakin tinggi.

Sebagai contoh, kamu akan melakukan promosi bisnis dengan melakukan teknik optimasi dari mulut ke mulut ataupun dari grup sosial media yang dibagikan ke grup sosial media lain. Dengan menggunakan cara non-SEM tersebut, kamu bisa mendapatkan 100 traffic perhari. Dapat dikatakan kamu mendapatkan 10 orang pembeli setiap harinya. Jika kamu menggunakan SEM, kamu hanya perlu menempatkan keyword atau kata kunci tertentu secara tepat, maka jumlah trafficnya bisa meningkat secara berkali-kali lipat. Dari yang awalnya 100 traffic, dengan SEM ternyata dapt meningkat hingga 250 traffic perhari. Tertarik untuk menggunakan teknik Search Engine Marketing untuk mengoptimasi bisnis kamu?

Cara Mudah Agar Muncul di Halaman Pertama Search Engine

Cara Mudah Muncul di Halaman Pertama (Sumber: sahabatartikel.com)

Baik SEO (Search Engine Optimization) atau SEM (Search Engine Marketing), ternyata keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Adapun perbandingan yang paling mencolok dari keduanya terletak pada budget yang harus dipersiapkan untuk mendukung pengoptimasian situs. Sebenarnya, bukan menjadi rahasia umum lagi jika teknik Search Engine Marketing memerlukan biaya lebih banyak supaya teknik optimasi membentuk hasil yang maksimal.

Walaupun biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak, namun konversi yang meningkatpun menjadi optimal, bahkan dapat meningkatkan return of investment (ROI). Mengingat dengan menggunakan SEM membuat peluang website kamu berada di halaman pertama mesin pencarian semakin besar. Alasannya, tentu saja iklan pemasaran melalui search engine ini bisa mendapatkan prioritas dalam mesin pencari, bahkan mampu mengalahkan hasil pencarian serupa lainnya.

Meskipun masih ada permasalahan mengenai kompetisi tingkat prioritas, teknik yang digunakan ini tetap dapat memberikan output yang cukup nyata. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan teknik optimasi tradisional yang hanya menggunakan fitur share ke social media.

Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan Brand Awareness (Sumber: indiekraf.com)

Ketika ingin berhasil memasarkan sebuah bisnis, salah satu point utama yang penting dan jangan sampai terlewat yaitu membangun brand awareness atau kesadaran brand. Walaupun tidaklah mudah untuk menanamkan kesadaran brand terhadap konsumen, Search Engine Marketing rasanya dapat menjadi sebuah pemecah masalah yang baik sekaligus dapat mengoptimalkan traffic web.

Ketika web atau toko online kamu berada di halaman pertama mesin pencarian, makan tentu saja akan memudahkan konsumen untuk menemukan produk atau brand yang kamu miliki. Secara tidak langsung, iklan SEM ini membuat produk atau brand lebih diketahui dan diingat oleh calon konsumen.

Mendapatkan Data Konsumen Secara Cuma-Cuma

Mendapatkan Database Konsumen (Sumber: ginee.com)

Menerapkan Search Engine Marketing tentu saja dapat mendatangkan lebih banyak manfaat dalam internet marketing sevices. Untuk mengoptimasi lebih lanjut, kamu bisa mendapatkan data konsumen, yang berupa jenis kelamin, data wilayah, dan minat konsumen. Dengan adanya data ini, kamu dapat melakukan analisa untuk menetapkan penargetan pasar yang lebih baik di kemudian hari, dan juga bisa mengkategorikan konsumen berdasarkan loyalitas mereka.

Dengan cara seperti ini, teknik pemasaran produk yang kamu tawarkan akan menjadi lebih efisien dari sebelumnya. Walaupun dalam praktiknya jumlah orang yang kamu ajukan penawaran akan menurun, pada dasarnya presentasi kesuksesan penjualan akan bertambah. Sangat menguntungkan, bukan?

Mempermudah Kamu Dalam Memasarkan Bisnis Secara Online

Mempermudah Bisnis Online (Sumber: money.kompas.com)

Dalam dunia online marketing, terdapat banyak sekali teknik pemasaran yang dapat kamu lakukan. Teknik pemasaran tersebut seperti paid promote, endorse, memasang unit iklan PPC atau iklan banner, sampai menjalakan share ke social media secara manual. Walaupun semua teknik yang disebutkan tadi mempunyai berbagai perbedaan dalam masalah teknis, semuanya mempunyai sebuah persamaan, yaitu untuk menarik traffic.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek khusus, memang tidak ada salahnya dengan menjalankan teknik yang telah disebutkan di atas. Sampai saat ini, masih banyak praktisi internet marketing yang memakai cara-cara tadi. Terlebih, teknik-teknik pemasaran itu juga mempunyai keunggulan tertentu. Walaupun begitu, sebagai pebisnis tentu kamu menginginkan cara yang lebih mudah dan efektif untuk mendongkrak performa bisnis kamu bukan? Jika iya, sudah saatnya untuk kamu beralih dan menggunakan teknik Search Engine Marketing!

Baca Juga: Amazing 6 Tips SEO yang Bisa Bikin Artikelmu Mangkal di Halaman Utama Google

Itulah 5 peran Search Engine Marketing dalam bisnis digital yang harus kamu tahu. Belajar teknik ini bukanlah hal yang sulit. Terlebih lagi, sekarang sudah banyak kelas online yang mengajarkan tentang teknik ini. Oleh karena itu, jangan ragu untuk belajar menguasai teknik ini, ya! Semuanya akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis yang sedang kamu lakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top