fbpx
Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air
Ponsel yang Terkena Air

Akhir-akhir ini musim hujan telah melanda sebagian besar kawasan di Indonesia. Di saat musim hujan seperti ini, terjebak di tengah hujan saat berkendara di jalan bisa saja terjadi pada Anda. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda menunggu hingga hujan reda. Namun saat terburu-buru, kebasahan akibat hujan tidak dapat terhindarkan.

Jika begini, barang-barang Anda seperti ponsel juga bisa terkena air hujan sehingga dapat menimbulkan kerusakan. Padahal ponsel adalah barang yang esensial dan sangat penting bagi kita, yakni sebagai alat komunikasi hingga perangkat yang dapat membantu pekerjaan bekerja atau sekolah. Jika ponsel Anda rusak, bukan Anda saja yang terkena imbasnya, rekan dan atasan Anda juga bisa kerepotan jika Anda tiba-tiba tidak bisa dihubungi.

Selain akibat terkena air hujan, ponsel yang terkena air juga dapat diakibatkan oleh sebab lain seperti terjatuh di genangan air. Selain itu, bagi Anda yang terbiasa membawa ponsel ke kamar mandi untuk sedikit membunuh waktu, ponsel terjatuh di bak air atau closet juga dapat menjadi sebuah kemungkinan.

Untuk itu, Bootsol akan menghadirkan 4 tips pertolongan pertama untuk mengatasi ponsel yang terkena air. Informasinya sebagai berikut.

Baca Juga: Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang

Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Air

1. Jangan Mengaktifkan Ponsel

Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air
Jangan Aktifkan Ponsel

Saat kondisi ponsel masih basah atau masih terdapat air di komponen bagian dalam, usahakan untuk tidak menghidupkan ponsel Anda. Hal ini dikarenakan air yang masih berada di dalam dapat berbahaya dan menimbulkan kerusakan. Terlebih lagi jika terdapat air dibagian lubang-lubang input yang terhubung langsung dengan komponen kelistrikan.

2. Lepas Baterai

Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air
Source: Elppas Story!

Jika ditemukan indikasi bahwa air telah masuk ke dalam perangkat ponsel Anda, Anda harus segera mencabut baterai, SIM Card, serta memory external yang berada di dalam perangkat ponsel Anda. Dengan melepas baterai, ponsel Anda akan lebih aman karena hal tersebut benar-benar menghentikan aliran listrik pada perangkat.

Baca Juga: 7 Game Mobile Gratis Buatan Indonesia yang Super Challenging!

3. Segera Keringkan

Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air
Source: Bobobox

Setelah Anda mengeluarkan baterai, SIM Card, dan memory external, Anda perlu mengeluarkan atau mengeringkan air yang terdapat pada ponsel Anda. Anda dapat mengeringkan permukaan perangkat ponsel yang terkena air dengan menggunakan tissue atau kain microfiber yang menyerap air. Hindari penggunaan hairdryer karena hal tersebut dapat membuat komposen perangkat ponsel Anda menjadi rusak.

4. Gunakan Beras

Agar air yang terdapat pada perangkat ponsel Anda benar-benar kering, Anda dapat menggunakan butiran gel silika yang dapat menyerap air dengan sangat baik. Bagi Anda yang belum tahu, gel silika adalah butiran yang menyerupai kaca, terbuat secara sinteris dari natrium silikat. Meski dinamai gel, gel silika berbentuk padat menyerupai butiran pasir yang agak besar. Gel silika memang memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban berlebih pada udara, sehingga penggunaannya sangat cocok untuk perangkat yang terkena air.

Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air
Beras Dapat Membantu Menyerap Air pada Ponsel

Namun sayangnya gel silika tidak cukup mudah untuk didapat. Sebagai pengganti, Anda dapat menggunakan beras yang pasti Anda temukan di rumah Anda. Selain mudah ditemui, penggunaan beras pada perangkat ponsel yang terkena air juga berdampak serupa seperti penggunaan gel gel silika. Caranya, Anda dapat memasukan beras pada wadah tertutup, lalu Anda dapat menimbun perangkat ponsel yang terkena air. Diamkan seperti ini hingga kurun waktu minimal satu hari.

Nah itulah tips pertolongan pertama pada perangkat ponsel yang terkena air. Namun perlu Anda ingat bahwa hal diatas hanyalah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan agar kerusakan pada ponsel Anda tidak semakin parah. Jika kondisi ponsel Anda sudah parah sehingga Anda tidak dapat Anda aktifkan meskipun telah melakukan langkah-langkah diatas, ada baiknya Anda menggunakan jasa profesional untuk memperbaiki ponsel Anda.

Bagaimana menurut Anda mengenai tips dan langkah-langkah diatas? Apakah bermanfaat? Silahkan tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Makin Meresahkan! 3 Bahaya Deepfake yang Perlu Anda Ketahui dan Bagaimana Mendeteksinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top