fbpx

Seiring berjalannya waktu, teknologi juga terus berkembang secara pesat. Ditambah lagi, dengan adanya pandemi ini yang ikut mempengaruhi transformasi di dunia digital. Lalu, kira-kira seperti apa ya tren teknologi yang akan mendominasi tahun 2021? Simak pembahasan di bawah ini ya.

Digitalisasi memang dituntut untuk dilakukan oleh masyarakat dunia. Hal tersebut, disebabkan karena kita harus beradaptasi dengan keadaan “new normal”. Sebagai contohnya di kehidupan sehari- hari, dalam bersosialisasi, berinteraksi dengan sesama, bahkan teknologi pun juga menyesuaikan.

Oleh karena itu, Bootsol rasa, penting sekali bagi kita yang hidup di zaman modern ini, untuk adaptif terhadap sesuatu yang baru, khususnya technology. Dilansir dari Forbes , disampaikan informasi terkait perkiraan transformasi yang akan terjadi di tahun 2021. Apakah anda penasaran? Berikut penjelasan Bootsol supaya, anda tidak ketinggalan dengan perkembangan tren.

Alasan Perlunya Beradaptasi dengan Technology :

1. Dapat melihat dan mampu memanfaatkan peluang baru yang muncul karena perkembangan dunia digital.

2. Dapat meningkatkan skill dan kemampuan

3. Agar kita dapat tetap relevan dengan situasi dan kondisi

4. Mempermudah aktivitas dan pekerjaan kita

Prediksi Tren Teknologi 2021 :

1. 5G Networks

Telah berhembus kabar terkait perkembangan jaringan ponsel atau dapat disebut juga dengan 5G. Lalu, apa saja keunggulannya dibandingkan jaringan di smartphone kita sekarang? pertama, dapat terhubung dengan perangkat lain, peralatan rumah tangga dan mobil. Lalu, kecepatannya mencapai hingga 800 Gbps per detik. Nah jika, dianalogikan anda dapat mengunduh sekitar 30 film kualitas HD dalam hitungan detik saja loh!

Berdasarkan informasi yang beredar, hingga sekarang sudah ada sekitar 101 operator seluler di dunia yang menyediakan 5G Networks. Kabarnya jaringan 5G juga masih dinantikan di Indonesia. Selain itu, diprediksi adanya perubahan perilaku dalam menggunakan smartphone begitu jaringan 5G tersedia. Seperti contohnya pengguna akan lebih banyak mengakses video streaming dan semakin bergantung pada ponsel pintarnya.

2. Cognitive Foundation (CF)

Untuk jenis technology yang satu ini dapat menghubungkan dan mengkontrol sistem TIK. Kecerdasan dalam pengelolaan dan alokasi sources menjadikan CF mampu untuk me-integrate semua informasi sensor. Seperti audio, video dan lainnya. Selain itu, terdapat platform baru yang diciptakan oleh CF. Platform tersebut, mampu memproses informasi, menganalisa dan memprediksi tanpa batasan sistem ataupun data.

Prediksi tren teknologi 2021 Cognitive Foundation
Source : NTT- REVIEW.JP

3. Cyber Security

Cyber Security adalah suatu praktik melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. Biasanya, serangan siber ini bertujuan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif. Bahkan lebih fatalnya lagi dapat mengarah pada tindak kriminal seperti pemerasan uang pengguna. Perkembangan teknologi di dunia digital khususnya selama pandemi ini, berpengaruh terhadap pentingnya kebutuhan cyber security. Menurut prediksi, di masa mendatang sistem keamanan siber akan menjadi keharusan bagi suatu bisnis atau perusahaan.

Selain itu, sistem keamanan siber juga dianggap akan lebih diminati lantaran, kebijakan yang menganjurkan karyawan untuk bekerja dari rumah. Oleh karena itu, peran cyber security merupakan hal penting untuk meningkatkan keamanan data dan privacy bagi individu maupun perusahaan.

4. Artificial Intelligence (AI)

Hal Penting yang Perlu Anda Pahami :

– AI mengacu pada simulasi dari human intelligence dalam mesin

– Tujuan penggunaan AI termasuk : learning, reasoning, and perception

– Digunakan dalam beberapa industri berbeda seperti finansial dan kesehatan

– Terdapat dua macam AI , simpel dan lebih kompleks (human-like)

Mengapa AI di prediksi sebagai salah satu tren teknologi di 2021?

AI merupakan salah satu dari ketiga hal yang marak digunakan oleh perusahaan di masa kini, dan nantinya akan terus berkembang. Ketiga technology yaitu Data, AI, Machine learning mampu memberikan solusi terhadap permasalahan individu maupun, perusahaan dalam larger scale. Berikut, Bootsol jelaskan beberapa manfaat dari AI :

– Perencanaan Supply Chain

– Pengoptimalan Campaign

– Customer Service (Chatbot)

– Analisa Performa Media Sosial

5. Quantum Computing

Quantum Computing Technology diprediksi juga akan menjadi salah satu tren di tahun 2021. Dilansir dari antaranews, pendanaan teknologi ini di 2021 dan kedepannya lebih terjangkau untuk dieksplor lebih lagi loh.

“Bayangkan untuk riset obat-obatan yang saat ini perlu waktu minimal satu tahun, dengan quantum computing cuma butuh hitungan menit dan bisa cocok dengan DNA seseorang,”

-Haris, CEO Microsoft Indonesia

Menurut penuturannya, Teknologi Quantum Computing mampu mempercepat kecepatan penggunaan komputer dengan chip silikon hingga jutaan kali lipat. Wah, ternyata Quantum Computing memiliki pengaruh yang besar ya! tentunya, sekarang QC bukanlah sekedar teori saja. Selain itu, algoritma jenis teknologi ini juga sudah dikembangkan . Sehingga, diprediksi dapat membawa dampak positif bagi berbagai macam industri. Sungguh menarik, bukan?

Bootsol telah sampaikan lima prediksi tren teknologi 2021. Ada baiknya, jika anda pelajari lebih dahulu. Supaya anda tidak ketinggalan dengan perkembangan latest technology!

Baca juga Top 10 Start Up Indonesia dengan Produk Super Inovatif

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top