fbpx
Ilustrasi smart home
Ilustrasi smart home

Teknologi semakin lama semakin canggih. Beragam teknologi hadir dalam rangka mempermudah aktivitas manusia. Setelah sebelumnya muncul istilah smartphone sebagai bentuk telepon genggam yang pintar memberikan banyak kemudahan dari segi informasi, komunikasi, dan masih banyak lagi. Kini muncul smart home system melengkapi kehadiran smartphone sebagai teknologi yang serba pintar. Dimana smart home system memberikan fasilitas berupa hunian serba nyaman berbasis teknologi.

Beberapa tahun belakangan ini istilah smart home sendiri semakin marak terdengar. Tentunya seiring dengan perkembangan teknologi yang serba memadai. Belum lagi inovasi yang bermunculan semakin bervariasi dan semakin membuat berbagai aktivitas menjadi praktis. pengembangan teknologi tersebut semakin diwujudkan hingga semakin lama semakin banyak pula yang familiar dengan penggunaan smart home system.

Istilah smart home meningkatkan eksistensi suatu rumah, sehingga berdampak menaikkan harga jual rumah tersebut. Hal tersebut dianggap wajar karena penggunaan sistem rumah pintar bukan membutuhkan uang yang sedikit. Jika dilihat dari segi kemudahan yang diberikan harga tersebut bisa dianggap seimbang, dimana bukan hanya menawarkan kemudahan tetapi juga keamanan. Sebenarnya seperti apa smart home system itu? Mari simak pembahasan berikut ini :

Apa itu smart home system

Smart home system memiliki arti rumah pintar. Maksud dari istilah tersebut menunjukkan rumah yang memanfaatkan kepintaran dari teknologi yang canggih. Teknologi diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sistem yang serba otomatis dan flexible, yakni mudah diakses darimanapun dan kapanpun.
merupakan cerminan rumah berbasis teknologi. Dimana konektivitas internet menjadi syarat utama untuk memfasilitasi gadget atau media lainnya sebagai remote control.

Mengutip dari wikipedia Sistem otomasi rumah akan memantau dan / atau mengontrol atribut rumah seperti pencahayaan, iklim, sistem hiburan, dan peralatan. Ini mungkin juga termasuk keamanan rumah seperti kontrol akses dan sistem alarm. Saat terhubung dengan Internet, perangkat rumah adalah bagian penting dari Internet of Things. sistem rumah pintar atau smart home system dapat dihubungkan dengan seluruh perangkat di rumah. Hal tersebut membuat penghuni memiliki kemungkinan untuk mengontrol dengan mudah terkait segala keadaan di sekitar rumah tersebut, mulai dari memantau keamanan, pencahayaan, suhu ruangan, dan masih banyak lagi hanya melalui perangkat seluler yang dapat diakses dari jarak jauh. Bagi rumah yang sudah menggunakan system smart home, dari segi tampilan tidak akan jauh berbeda.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh smart home system membuat kenyamanan di rumah semakin meningkat. Kini ketika sang penghuni berada di luar rumah tidak perlu khawatir dengan keamanan, karena bisa dipantau dimanapun sesuai keinginan. Tak heran semakin lama semakin banyak yang tertarik untuk menggunakan teknologi tersebut, terutama bagi kaum masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas.

Smart home di Indonesia

Di Indonesia smart home memang belum terlalu banyak yang menggunakan. Belum banyak juga masyarakat yang familiar dengan teknologi yang satu ini. Mayoritas masyarakat yang sudah melek dengan teknologi ialah yang tinggal di wilayah perkotaan. Itulah alasan teknologi rumah pintar di Indonesia belum semarak di negara-negara maju seperti, Korea, Amerika, Jepang, dan lain-lain. Berjalannya waktu smart home di Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat dan pihak tertentu sudah semakin terbiasa menggunakannya.

Kemahiran akan teknologi menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi masyarakat indonesia dari kalangan yang sudah berumur. Beradaptasi dengan teknologi akan lebih sulit dilakukan. Dimana kita ketahui bersama semakin canggih teknologi maka semakin tinggi pemahaman yang dibutuhkan. Sistem yang serba otomatis bisa saja membingungkan bukan hanya untuk kaum berumur tetapi juga kaum muda, apalagi bagi kaum yang belum terbiasa menggunakan teknologi internet. Belum lagi budaya maupun kebiasaan tertentu yang belum tentu bisa menerima beragam kecanggihan dari smart home dengan mudah. Hal tersebut yang menjadi tantangan tersendiri untuk smart home agar diterima dan digunakan oleh masyarakat Indonesia, dengan target utama yaitu keluarga.

Sistem smart home kemungkinan akan dipantau melalui telepon genggam. Hal tersebut menandakan setiap suatu hak terjadi di rumah akan diberitahukan melalui ponsel. Berbagai fitur yang tersedia akan mendeteksi setiap kejadian yang dianggap mencurigakan atau membahayakan. Bisa disimpulan bukan hanya perlu kemahiran dalam mengaplikasikan smart home tetapi juga mengakses melalui smartphone.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Super Helpful

Kelebihan

Teknologi canggih yang hadir dalam bentuk smart home system memberikan banyak kelebihan. Tentu saja berbeda dengan rumah biasa pada umumnya. Apalagi jika anda menggunakan smart home system yang lengkap. Bisa dibilang semakin lengkap sistem yang anda terapkan maka akan semakin banyak kelebihan yang diperoleh. Berikut beberapa kelebihan menggunakan smart home system :

1. Memudahkan pengaturan

Ilustrasi pengaturan
Ilustrasi pengaturan

Beragam hal yang biasa anda atur dan awasi secara manual kini bisa dilakukan secara otomatis. Bukan hanya itu, teknologi yang canggih memungkinkan untuk sistem pengawasan jarak jauh sehingga berbagai pengaturan seperti keamanan rumah dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

2. Lebih efisien dan hemat energi

Ilustrasi efisien
Ilustrasi efisien

Pada dasar setiap teknologi yang diciptakan bertujuan untuk membuat pekerjaan manusia semakin efisien. Begitupun dengan teknologi rumah pintar, tak perlu lagi repot-repot memelihara dan mengawasi rumah dengan susah payah. Energi yang dibutuhkanpun bisa diupayakan seminimal mungkin dengan penggunaan teknologi tersebut. Semuanya dapat dilakukan menggunakan media berupa ponsel. Atur sesuka hati hanya melalui sentuhan layar ponsel.

3. Memberikan rasa tenang

Ilustrasi tenang
Ilustrasi tenang

Jika dulu mungkin ada saja orang yang merasa khawatir ketika meninggalkan rumah. Khawatir dengan keamanan maupun pemeliharaan rumah. Apakah semua pintu sudah dikunci? Apakah lampu sudah dimatikan? Hal-hal seperti itu yang biasanya membuat perasaan tidak tenang. Hadirnya teknologi rumah pintar akan menghilangkan rasa khawatir tersebut. Anda akan diberikan fasilitas untuk mengatur apapun selama terakses oleh ponsel. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui ponsel.

4. Kenyamanan tingkat tinggi

Ilustrasi nyaman di rumah

Segala sesuatu bisa dilakukan dengan praktis. Tentu saja hal seperti ini akan menjadi impian banyak orang. Istilah “Rumahku Surgaku” akan semakin terasa dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi rumah pintar. Fitur yang tersedia bisa diatur bebas, lepas, dan tuntas. Tinggal menyentuh layar ponsel, maka fasilitas yang tersedia dapat anda rasakan sepuasnya. Mulai dari pendingin ruangan, penghangat ruangan, televisi, dan lain-lain bisa diatur sambil “rebahan”.

Baca Juga : Mengenal Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan 3 Jenis Terpopuler

Kekurangan Smart Home

Teknologi secanggih apapun pasti memiliki kekurangan, begitupun dengan smart home system. Teknologi ini memang menawarkan sistem keamanan tingkat tinggi, tapi bukan berarti bisa sepenuhnya terhindar dari pembobolan sistem oleh hacker. Kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Jangan sampai orang asing dapat mengakses rumah anda dengan mudah, untuk itu pemasangan password yang kuat sangatlah penting. Pastikan semua akses hanya bisa terhubung ke perangkat yang terpercaya. Kekurangan lainnya ialah biaya yang mahal. Semakin canggih teknologi memang memerlukan biaya yang semakin tinggi. Itulah alasan saat ini terutama di Indonesia pengguna sistem rumah pintar memang hanya dari kalangan yang benar-benar di kelas ekonomi atas.

Itulah pembahasan lengkap terkait smart home system. Di Indonesia penggunanya memang belum sebanyak negara-negara maju, tetapi seiring berjalannya waktu masyarakat Indonesia pun semakin terbiasa dengan canggihnya teknologi begitupun pengguna teknologi tersebut yang semakin berkembang.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top