fbpx
Konsep Pembelajaran Dengan Bantuan Teknologi
Konsep Pembelajaran Dengan Bantuan Teknologi

Tahukan kamu di zaman serba digital ini, terlebih lagi di saat pandemi ini, banyak konsep pembelajaran dilakukan secara daring dengan bantuan teknologi. Konsep pembelajaran ini disebut juga dengan E-Learning.

Pendidikan berbasisi Teknologi (Ed-tech) merupakan konsep pembelajaran yang disinyalir mampu mempercepat proses belajar dan mengajar. Hal ini juga diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi pelajar.

Berikut ini tiga konsep pembelajaran dengan E-Learning, simak ulasannya!

1. Augmented Reality (AR)

Smart learning: Augmented Reality (AR)
Smart learning: Augmented Reality (AR)

Augmented reality, merupakan salah satu konsep pembelajara dengan teknologi. Teknologi belajar ini pernah dibuat oleh Microsoft dengan produknya bernama hololens. Jadi, penggunaanya semacam menggunakan kacamata yang menampilkan layar monitor didalam lensa.

Metode smart learning ini dinilai efektif karena dikatakan mampu menyelamatkan bumi dari penggunaan kertas yang banyak menebang pohon.

2. Virtual Reality (VR)

Smart Learning: Virtual Reality (VR)
Smart Learning: Virtual Reality (VR)

Biasanya mungkin kamu pernah mendengar teknologi VR digunakan dalam tujuan bermain video games. Namun, teknolog VR juga bisa digunakan untuk sarana pendidikan juga.

Teknologi virtual reality merupakan konsep pembelajaran gamification atau semacam bentuk permainan games namun sambil berlajar.

Teknologi VR ini dapat kamu temukan di Indonesia, yaitu startup buatan anak negeri yang bernama VRIDOM. Sebuah konsep pembelajaran dengan teknologi virtual reality yang memungkinakan pelajar belajar bahasa asing seakan akan sedang berbicara dengan native speaker.

3. Artificial Intelligence (AI)

Smart Learning: Artificial Intelligence (AI)
Smart Learning: Artificial Intelligence (AI)

Teknologi AI atau artificial intelligence merupakan konsep teknologi tiruan kecerdasaan buatan layaknya kecerdasan manusia.

Teknologi ini awalnya dibuat untuk memcahkan permasalah logika maupun aritmatika. Teknologi AI dalam pembelajaran digunakan demikian, yaitu membantu para pengajar dan pelajar untuk memecahkan persoalan.

Manfaat teknologi dalam pembelajaran digital

Banyak manfaat yang dapat diambil dari penggunaan teknologi seperti VR, AR, AI dalam dunia pendidikan, yaitu:

  • Membentuk pelajar yang tech savvy
  • Membentuk pelajar sebagai peneliti
  • Sarana penunjang pendidikan
  • Memebentuk keterampilan pelajar dalam membuat teknologi terbaru
  • Membangun keahlian digital

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top