fbpx

Tahukah Anda jika Indonesia menjadi negara dengan jumlah startup terbanyak? Ya, Indonesia menempati urutan ke-5 sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak. Menurut Start-up Ranking, Indonesia hanya disusul oleh Kanada, Inggris, India, dan Amerika Serikat di urutan pertama. Tapi sebelumnya, apakah Anda tahu yang dimaksud dengan startup dan produk startup Indonesia apa saja yang sedang eksis ?

Pengertian Startup

Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif: Hadirkan Kemudahan Lewat Teknologi
Startup

Startup adalah sebuah perusahaan yang baru dirintis, dalam arti masih dalam tahap pengembangan atau dalam tahap penelitian untuk mencari pasar yang tepat. Saat ini startup memang sedang naik daun, banyak yang tergiur untuk bekerja di dalamnya, atau bahkan membangun sebuah perusahaan startup. Selain desain kantor yang dibuat nyaman dan lingkungan kerja yang terkenal santai, perusahaan start-up juga dinilai menjadi tempat yang tepat untuk lebih banyak belajar dan berkembang dibandingkan perusahaan besar. Hal ini diakibatkan budaya kerjanya yang mengharuskan pekerja memiliki growth mindset, serta menjadi pribadi yang dinamis, fleksibel, dan agile (lincah).

Terdapat berbagai jenis sektor usaha startup, diantaranya adalah:

  • E-commerce
  • Agtech (Agriculture Technology)
  • Edtech (Education Technology
  • Fintech (Financial Technology)
  • Healthtech (Health Technology)
  • Insurtech (Insurance Technology)
  • Legaltech (Legal Technology)
  • Proptech (Property Technology)
  • Loyalty Platform
  • New Retail
  • On-Demand
  • OTA (Online Travel Agency)
  • POS (Point of Sales)
  • Ride Hailing

Tentunya, anda sudah familiar dengan startup Indonesia yang sudah tergolong sukses sepeti Gojek, Tokopedia, Traveloka, Dana, dan Ruangguru. Kelimanya adalah jajaran startup besar di Indonesia. Namun kali ini, Bootsol membuat daftar Top 10 startup Indonesia dengan produk super inovatif yang tentunya siap bersaing dan turut serta dalam menghadirkan kemudahan lewat teknologi.

Baca Juga: 5 Prediksi Tren Teknologi 2021

Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif

1. Aruna

Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif
Source: Aruna.id

Start-up Indonesia dengan produk inovatif yang pertama adalah startup yang didirikan oleh Farid Naufal, Indraka Fadhillah, dan Utari Octavianty yang merupakan anak dari seorang nelayan. Aruna adalah perusahaan agtech sekaligus e-commerce yang menghadirkan revolusi dalam pengembangan ekosistem maritim secara berkelanjutan. Terdapat dua misi yang dijalankan oleh Aruna, yakni memajukan ekonomi warga pesisir dan menghadirkan produk bahari yang berkualitas kepada konsumen. Melalui platform yang dibagi menjadi aplikasi pemasok dan pembeli, Aruna berusaha mempersingkat supply chain antara nelayan dan produsen produk bahari dengan konsumen.

2. Sayurbox

Serupa dengan Aruna, Sayurbox adalah perusahaan startup Indonesia yang berbasis agtech dan e-commerce. Misi yang diemban oleh Sayurbox juga serupa, yakni memajukan ekonomi petani dan menghadirkan produk sayuran dan buah organik dan segar kepada konsumen. Kini, Sayurbox telah menghadirkan kategori selain sayur dan buah, yakni daging, ayam, bumbu dapur, dll. Setiap produk yang dijual di Sayurbox diberi label sesuai dengan ingredient (all natural), metode penanaman (conventional), kualitas (imperfect), dan lain-lain sebagai bahan pertimbangan konsumen.

3. Halodoc

Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif
Source: Katadata

Hadir di tahun 2016, Halodoc adalah aplikasi dan website kesehatan yang dirilis oleh PT. Media Dokter Investama. Platform healthtech ini telah membantu pengguna dalam konsultasi kesehatan yang dijawab langsung oleh dokter-dokter handal. Seiring berjalannya waktu, Halodoc mulai bergerak ke sektor e-commerce produk obat-obatan, vitamin, dan suplemen kesehatan. Yang unik, melalui Halodoc, anda dapat reservasi dan cek harga periksa di rumah sakit. Fitur ini menjadi andalan di masa pandemi seperti sekarang karena Halodoc memfasilitasi reservasi tes COVID-19.

4. PrivyID

PrivyID adalah perusahaan startup Indonesia berbasis legaltech, yakni sebagai penyedia layanan tanda-tangan digital (digital signature) yang dapat memudahkan penandatanganan dokumen secara cepat, aman, dan terpecaya. Telah diakui oleh OJK dan Bank Indonesia, PrivyID telah dipercaya oleh 750 perusahaan dan lebih dari 12 juta pengguna. Dihadirkan oleh Marshal Pribadi dan Guritmo Adi di tahun 2016, PrivyID optimis dengan potensi pasar di Indonesia. Upaya yang dilakukan PrivyID untuk menjangkau lebih banyak pengguna adalah dengan meningkatkan kerja sama dengan perusahaan startup serta perusahaan konvensional.

5. Sejasa

Kesulitan mencari penyedia jasa rumah tangga atau event? Mungkin Sejasa bisa menjadi solusi untuk Anda. Berbeda dengan produk on-demand dari startup Indonesia yang lainnya seperti Seekmi, Beres.id, atau Ahlijasa yang mulai memfokuskan kategori jasa yang paling populer, Sejasa masih teguh dalam menghadirkan berragam kategori jasa mulai dari renovasi rumah, kebersihan, catering, service elektronik, kelistrikan, dan masih banyak lagi. Marketplace jasa yang hadir pada tahun 2015 oleh RecomN Technologies Pte Ltd ini masih mengandalkan ulasan dari pengguna jasa untuk kualitas penyedia jasa yang berbasis kemitraan.

Baca Juga: Maraknya Produk Berbasis Digital di Tahun 2020, Apakah Sesuai Kebutuhanmu?

6. Kulina

Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif
Source: Selular.ID

Startup Indonesia yang berbasis on-demand yang tak kalah unik adalah Kulina. Dirilis tahun 2016, Kulina adalah aplikasi dan website kuliner yang dapat membuat pengalaman makan siang Anda lebih berkesan dengan cara berlangganan lunch box. Banyak yang menyangka Kulina adalah jasa layanan antar makanan atau catering, tapi nyatanya tidak keduanya. Terdapat dua kewajiban utama yang diemban Kulina pada client-nya, yakni menjamin kualitas makanan dan meminimalisir biaya ongkos kirim. Dalam usahanya, Kulina menargetkan karyawan kantoran di perkotaan yang memiliki waktu makan siang terbatas. Pilihan menu dan harga berlangganan yang ditawarkan oleh Kulina cukup bervariatif, mulai dari Rp.25.000,- per lunch box dan minimal langganan tiga hari, Anda tidak perlu repot lagi pergi ke luar kantor untuk membeli makan siang.

7. Chat Alia

Dari produk startup di Indonesia yang berbasis fintech, ada Chat Alia. Chat Alia adalah platform pertama yang menyediakan financial management terintegrasi AI (Artificial Intelligence). Platform ini menghadirkan fitur budget tracking, track spending, dan save money. Dipimpin oleh Nadia Amalia, seorang lulusan finance dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) sebagai CEO dan Co-founder, Chat Alia menyasar kaum milenial dan generasi z di Asia Tenggara sebagai pengguna. Platform ini diharapkan dapat membantu pengguna yang merupakan kaum muda dalam menyelesaikan permasalahan dan mengatur keuangan. Chat Alia turut serta dalam menyebarkan pengaruh positif agar pengguna lebih melek finansial dengan mempublish konten-konten bermanfaat.

8. Warung Pintar

Didirikan pada 2017, Warung Pintar adalah startup Indonesia yang berbasis new retail yang berinovasi dengan mengkombinasikan teknologi dan usaha mikro yakni warung. Warung Pintar berusaha memaksimalkan potensi yang dapat diberikan oleh warung yang telah menjadi wadah distribusi yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Dengan menjalin kemitraan dengan warung pintar, juragan warung (anggota kemitraan Warung Pintar) difasilitasi dengan kemudahan operasional, kemudahan distribusi, dan pengembangan usaha agar mereka dapat lebih bersaing diantara 3,5 juta warung di Indonesia.

9. Wahyoo

Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif
Source: Tribunnews.com

Sebagai startup Indonesia berbasis new retail, Wahyoo mengemban misi yang serupa dengan Warung Pintar, yakni membuat warung konvensional naik level melalui teknologi. Wahyoo memadukan teknologi terbarukan dengan usaha warung makan yang memiliki potensi besar di Indonesia. Dalam prakteknya, Wahyoo berusaha memajukan ekonomi para mitra dengan menghadirkan kemudahan berbelanja lewat digital, pemberian pelatihan dan pembimbingan usaha, dan menaikan pendapatan mitra melalui produk, program, dan kampanye inovatif dan menarik.

10. Rumah123

Last but not least, Rumah123 mewakili startup Indoneisa yang bergerak di sektor proptech dengan inovasi teknologi yang unik. Rumah123 adalah platform property dimana pengguna dapat melakukan transaksi jual-beli atau sewa rumah dan apartemen di lokasi-lokasi strategis dengan harga terjangkau. Untuk pilihan sewa, pengguna dapat menyewa harian, bulanan, atau tahunan. Fitur yang menjadi keunggulan Rumah123 adalah fitur view 360 derajat sehingga calon pembeli atau penyewa dapat melihat kondisi rumah atau apartemen secara menyeluruh. Hal ini tentunya dapat memudahkan proses hunting yang memakan banyak energi, waktu, dan biaya.

Itulah 10 startup Indonesia yang menghadirkan produk super inovatif yang memudahkan pengguna melalui teknologi terbarukan. Startup Indonesia mana yang menarik perhatian Anda? Silahkan tulis di kolom komentar.

Baca juga: Seberapa Penting Website Mobile Friendly di Era 4.0?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top