fbpx

Apakah anda tahu, Jika ada sejumlah teknologi buatan Indonesia dengan kualitas yang bagus pula! Hadirnya teknologi membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, anda dapat mudah mendapati produk teknologi milik negara asing. Jika berbicara terkait teknologi di Indonesia, Indonesia memang masih tergolong sebagai salah satu negara berkembang. Namun, ternyata Indonesia mampu loh membuat beragam teknologi bagi berbagai sektor. Selain itu, lebih kerennya lagi, sejumlah teknologi pun ada yang sudah dipantenkan, diakui, bahkan, digunakan oleh orang di negara asing. Anda tentunya penasaran kan, ingin tahu seperti apa ya teknologi made In Indonesia ? simak pembahasan Bootsol di bawah ini ya.

Menurut penuturan Liputan 6, sejak tahun 2020 Indonesia sudah memiliki Strategi Kecerdasan Buatan atau yang sering disebut juga dengan “AI” loh.

“Indonesia membutuhkan strategi nasional kecerdasan artifisial dengan memperhatikan dan memperhitungkan isu-isu yang ada di lingkungan strategis nasional negara-negara lain baik regional maupun global,” tutur Hammam.

-Liputan 6

Baca juga : Prediksi Tren Teknologi Remarkable 2021

Kali ini, Bootsol ingin berbagi informasi terkait, beberapa contoh teknologi canggih buatan Indonesia.

5 Teknologi Buatan Indonesia :

1. Tablet Computer Wakamini & Wakatobi

Perusahaan Zyrex, menawarkan kedua tablet mini ciptaan Indonesia. Komputer berbentuk tablet ini dipatok dengan harga yang cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan komputer tablet dari brand luar. Keunikan yang dihadirkan berupa :

– 180 degree rotation

– Ukuran mini sekitar 8 dan 10 inchi

– Memiliki empat tipe warna

Untuk kecanggihan dari kedua tablet yang diklaim 100% teknologi buatan Indonesia ini, juga tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, anda patut membeli tablet ini, karena kualitas dan harganya cukup terjangkau.

2. Xirka (Rangkaian Chip)

Rangkaian chip merupakan teknologi buatan Indonesia yang telah hadir sejak tahun 2009. Chipset ini, terdiri dari dua jenis yaitu fixed dan mobile. Kedua jenis ini dibedakan menurut fungsinya. Nah, namun pemanfaatan chip masih terbatas. Dimana, hanya baru dimanfaatkan sebagai alat pencatat absensi dan transaksi tanpa uang tunai.

3. Sosrobahu

Dalam sektor industri, ternyata Indonesia memiliki ilmuwan berbakat yang mampu menciptakan Sosrobahu. Sosrobahu, merupakan technology canggih yang dimanfaatkan dalam pembangunan flyover. Konon, jalan hasil pembangunan dengan Sosrobaru memiliki ketahanan sampai sekitar satu abad loh. Sungguh keren bukan? kecanggihan Sosrobahu telah mendunia. Buktinya, beberapa negara di Asia memanfaatkan teknologi ini dalam bidang industri.

4. SmartEagle II

Teknologi buatan Indonesia yang akan dibahas adalah pesawat. Pesawat Eagle merupakan pesawat tanpa cabin crew pertama. Nah, kenapa pesawat ini didesain tanpa cabin crew ya? ya, karena pesawat ini memang dimanfaatkan untuk keperluan militer negara. Uji coba pesawat Eagle telah dilakukan di Pantai daerah Jawa Barat. Eagle mampu mengudara sekitar enam jam termasuk di malam hari. Namun, pengembangan pesawat Eagle ini tidak berjalan mulus. Dan, sayangnya hingga sekarang pesawat ini terabaikan.

5. Mobil Arina

Di Indonesia, sudah ada mobil karya Anak Bangsa loh. Mobil Arina merupakan salah satu mobil yang berhasil dirancang oleh para pelajar SMK. Untuk mesin yang digunakan dalam Arina adalah mesin sepeda motor dengan tiga kapasitas berbeda. Nah, hal yang menariknya adalah bensin yang diperlukan cenderung sedikit, yaitu sekitar 1 liter untuk menempuh jarak 40km.

Perkembangan teknologi buatan Indonesia masih terus berlanjut hingga sekarang. Salah satu upaya pengembangan teknologi adalah berdirinya Grab Tech Centre. Inovasi perusahaan Teknologi Indonesia diharapkan, dapat menjadi solusi bagi permasalahan lokal masyarakat.

Fitur-fitur baru yang akan dirancang di Tech center, merupakan solusi bagi para pelaku bisnis Indonesia. Selain itu, Grab juga akan melalukan investasi lebih lagi sehingga, orang dengan talenta dalam bidang teknologi dapat terus berkembang. Pendirian Grab Tech center, juga untuk mendukung UMKM Indonesia supaya dapat mengalami transformasi digital secara lebih cepat.

Tech Center atau pusat teknologi ini akan difokuskan pada pengembangan solusi “Buatan Indonesia” untuk para UMKM, mitra merchant, dan agen GrabKios

-Tribunnews



Itulah 6 contoh teknologi buatan Indonesia. Bagaimana menurut anda? Apakah Indonesia memiliki potensi untuk bersaing dengan negara lain di bidang teknologi kedepannya? Komen di bawah ini ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top