fbpx

Apakah anda pernah mendengar kata “Tesla”? jika belum, tesla merupakan salah satu contoh teknologi mobil listrik buatan mancanegara. Teknologi ini mulai hadir sejak, abad 19 dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Nah, di Indonesia sendiri, pembuatan mobil dengan teknologi listrik dipelopori oleh anak muda berbakat Indonesia di tahun 2012. Sejak itu, mobil listrik menjadi semakin populer dan terus dikembangkan, karena ramah lingkungan. Lalu, kira-kira apa saja keunggulan lainnya dibandingkan mobil berbahan bakar bensin ya? Anda, tentunya penasaran kan seperti apa ya kira-kira mobil dengan teknologi baru ini? Mari simak ulasan lengkap Bootsol di bawah ini yuk!

Baca juga : Kelebihan Pintu Smartlock

5 Hal Terkait Teknologi Mobil Listrik :

1. Keunggulan Teknologi Mobil Listrik dan Kekurangannya :

Adapun keunggulan dan kekurangan dari menggunakan mobil listrik adalah sebagai berikut :

– Lebih hemat biaya (karena digerakkan oleh baterai sehingga, dapat di re-charge)

– Mengurangi polusi (tidak menggunakan bensin, ramah lingkungan)

– Adanya teknologi ITS (aman dan canggih)

– Lebih low maintenance (perawatan terletak pada baterai saja)

Sedangkan, untuk kekurangannya adalah :

– Keterbatasan Distance dan Time (perlu di-charge secara berkala)

– Keterbatasan Speed

– Harganya cenderung lebih mahal

– Kurangnya sosialisasi mengenai keunggulannya

Berdasarkan ulasan di atas, kehadiran mobil listrik diharapkan dapat mengurangi polusi khususnya di kota-kota besar. Bagaimana menurut anda, apakah lebih banyak keunggulan dibanding kekurangannya? komen di bawah ya!

2. Teknologi Mobil Listrik Indonesia

Perkembangan mobil listrik di Indonesia dapat dikatakan tidak terlalu cepat. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Dilansir dari Tempo, adaptasi mobil listrik di Indonesia terhambat karena beberapa kendala.

– Harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan mobil konvensional

– Jumlah charging station yang masih terbatas

Terlepas, dari beberapa kendala yang ada sumber daya di Indonesia diyakini, dapat mendukung cita-cita bangsa kita, untuk menjadi salah satu negara produsen mobil listrik utama. Menurut, penuturan di maret 2021, sudah ada perkembangan dalam produksi baterai mobil listrik. Dalam hal ini, PLN telah ber-partner dengan perusahaan mancanegara seperti Korea.

3. Contoh Mobil Listrik

Di dunia, sudah ada deretan berbagai macam mobil listrik dari negara yang berbeda. Berikut adalah beberap contoh mobil listrik populer di dunia versi Bootsol.

– Chevrolet Volt

Mobil listrik Hybrid ini berasal dari Amerika, telah diperkenalkan sejak 2010. Uniknya, mobil ini memakai konsep hybrid, sehingga dapat berubah menjadi tenaga bensin jika, daya listrik menipis.

– Tesla Roadster

Mobil listrik merk ini pasti kerap kali anda dengar. Dilihat dari tampilan, kemampuan daya listriknya mobil listrik yang diproduksi oleh Tesla Motors ini, dinilai sebagai mobil listrik nomor satu di dunia. Pernyataan ini, didukung dengan jumlah unit penjualan hingga saat ini. Bukankah itu menakjubkan? Namun, sayang haganya dapat dikatakan masih sangat mahal. Untuk dapat memiliki teknologi mobil listrik canggih ini, anda perlu menyiapkan biaya sekitar 57.400 pound atau sekitar 1.1 miliar rupiah Indonesia dimasanya.

Bagaimana menurut anda? kira- kira apakah worth it untuk mengeluarkan biayar sebesar itu untuk membeli sebuah mobil listrik? komen di bawah ya!

– Mitsubishi I – MIEV

Nah, untuk merk mobil ini juga dinilai sebagai salah satu top mobil listrik di dunia. Hal yang hebat dari mobil listrik Mitsubishi ini, yaitu adanya pasar khusus untuk di negara Eropa khususnya, Prancis. Sehingga, namanya pun menyesuaikan yaitu, Peugeot Ion. Teknologi mobil listrik ini, disesuaikan dengan bentuk tubuhnya yang kecil. Sehingga, baterai dan jarak tempuhnya pun juga ikut menyesuaikan.

Hal ini berdampak pada daya baterainya yang cenderung kecil serta, jarak tempuhnya yang masih terbilang terbatas.

4. Tipe-Tipe Mobil Listrik

Kali ini Bootsol ingin membahas mengenai jenis-jenis mobil listrik yang berada di market. Penasaran? Simak ulasan menarik di bawah ini ya.

Hybrid (Level Pemula)

Untuk teknologi mobil listrik jenis pertama ini, bekerja melalui kombinasi antara machine/ bensin dan listrik. Pada umunya mobil listrik dengan konsep hybrid akan berjalan dengan tenaga listrik jika berada di kecepatan kurang dari 60 m ataupun dalam posisi berhenti. Selain itu, mobil juga akan beralih ke tenaga listrik jika kapasitas daya listriknya menipis.

Full Listrik/ Baterai

Untuk mobil listrik jenis kedua ini, sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik/ baterai. Oleh karena itu, anda perlu melakukan pengisian baterai secara berkala. Nah untuk pengisian baterainya cukup mudah kok, sangat mirip dengan pengisian daya perangkat elektronik. Selain di pom bensin, anda juga dapat menemukan charging station di sejumlah titik.

PHEV / Plug in Hybrid

Teknologi mobil listrik jenis terakhir ini sedikit mirip dengan Hybrid. Letak perbedaannya terdapat pada sistem integrasinya. Untuk konsep kerjanya, mesin PHEV memiliki tugas untuk menyalurkan energi untuk meng-charge baterai dengan tujuan untuk menggerakan komponen mobil listrik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top