fbpx

Sudah sejak lama tim Esport Indonesia nyatanya berprestasi di ajang nasional maupun internasional. kemudian belakangan ini, masyarakat di Indonesia di mabukan dengan adanya game. Semenjak beberapa tahun belakangan, game online menjadi kesukaan banyak orang mengingat asyik dimainkan, serta ada tantangan tersendiri. Sehingga banyak orang rela menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game tersebut.

Game online pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan permainan atau game lainnya, hanya berbeda pada media penggunannya yang sudah mengalami proses digitalisasi sehingga bisa dilakukan secara online

Game online adalah suatu jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet, dan menggunakan teknologi-teknologi yang sedang berkembang saat ini untuk media penggunaannya. Jika dilihat dari sejarahnya, game online sejatinya sudah mulai ada pada sekitar tahun 1969, yang mana pada saat itu game online digunakan untuk kepentingan belajar.

Kemudian seiring perjalanan waktu dan perkembangan teknologi, game online berkembang pesat sehingga banyak digemari masyarakat saat ini, khususnya di Indonesia. Tak mengenal batas usia, game online bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Terlebih, adanya mobile smartphone membuat perkembangan game online semakin masih mengingat saat ini banyak game online yang bisa dimainkan melalui smartphone, seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Free Fire, LOL Wildrift, dan masih banyak lagi.

Selain game mobile pada smartphone, game online sejatinya mulai dikenal pada media PC dan sudah berkembang jauh sebelum munculnya game mobile. Game PC yang banyak digemari saat ini seperti DOTA 2, Valorant, CS Go, Point Blank, dan game menarik lainnya.

Seiring perkembangan game online di Indonesia, ternyata memberikan dampak yang sejalan dengan pertumbuhan komunitas game di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak muncul dan dikenalnya tim esport di Indonesia yang sering mengikuti beberapa turnamen baik itu lokal, regional maupun tingkat dunia.

Banyaknya tim esport yang saling bersaing untuk menjadi yang terbaik, membuat tim esport Indonesia beberapa kali mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah kompetisi game online. Setidaknya ada 5 tim esport Indonesia yang pernah menjadi juara tingkat regional hingga dunia dalam beberapa game online yang dipertandingkan. Mau tau tim apa saja? Yuk simak lebih lanjut!

Team Esport Indonesia BOOM Esport

Tim Esport Indonesia BOOM Esport
Sumber: oneesports.gg

Yang pertama adalah BOOM Esport. BOOM Esport adalah tim esport Indonesia yang beberapa kali mengharumkan nama bangsa dalam perhelatan kejuaran game tingkat internasional. BOOM Esport didirikan pada tahun 2016, yang mana telah menjadi tim esport multinasional dan membawahi banyak divisi game.

BOOM sendiri merupakan singkatan dari “Beast on our Mind”  yang mana hal tersebut menjadi misi BOOM Esport untuk menemukan dan mendukung talenda dibawah manajemen yang profesional dan berprestasi dalam scene kompetitif.

BOOM Esport telah memiliki 7 divisi yakni game Dota 2, Free Fire, Hearthstone, League of Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan League of Legends Wildrift.

Baca juga: SPOILER MAKNA DIBALIK LOGO ESPORT YANG MEMICU SEMANGAT JUARA 1

Salah satu prestasi membanggakan yang pernah dicapai oleh BOOM Esport adalah menjadi juara turnamen Dota 2 se-Asia Tenggara yakni ESL SEA Championship 2020. Selain itu, masih dari divisi Dota 2, BOOM Esport juga berhasil lolos ke 3 turnamen minor DOTA Pro Circuit 2019, menjadi juara dua di Asia Pacific Predator League 2019 dan ESL Clash of Nation 2019, namun BOOM Esport belum berhasil lolos ke main tournament yakni The International.

Tim Esport Indonesia ONIC Esport

Tim Esport Indonesia ONIC Esport
Sumber: esports.id

Tim esport Indonesia selanjutnya adalah ONIC Esport. Tim yang berlambang landak kuning ini sukses menarik perhatian khususnya saat tahun 2019 lalu. Yang mana ONIC Esport mendominasi beberapa turnamen Mobile Legends: Bang Bang dan hampir tak terhentikan.

Udil dkk saat itu berhasil menjadi juara di MPL Indonesia season ke 3, juara di Piala Presiden, dan berhasil membawa pulang kejuaraan Mobile Legends tingkat regional Asia Tenggara yakni MSC tahun 2019. Hal itu kemudian membuat tim kebanggan SONIC ini menjadi pusat perhatian khususnya di divisi Mobile Legends

Selanjutnya divisi PUBGM Mobile juga pernah menjadi juara di SEACA 2019, dan di kejuaraan yang sama divisi Free Fire yakni ONIC Olympus juga menjadi juara UCL 2019

Dan yang terakhir dari divisi League of Legends Wild Rift yang berhasil menjadi juara SEA Icon Series ID Summer Season 2021, namun sayang saat ini tim LOL Wild Rift ONIC telah resmi dibubarkan yang diumumkan melalui media sosial Instagram ONIC Esport pada 22 Juli 2021.

Tim Esport Indonesia Bigetron Esport

Tim esport Indonesia Bigetron Esport
Sumber: cnbcindonesia.com

Selanjutnya adalah Bigetron Esport. Bigetron didirikan sejak tahun 2017 yang mana hingga saat ini telah meraih prestasi lebih dari 150 kejuaran nasional dan 2 kejuaraan tingkat dunia. Tim berlambang robot ini memiliki 5 divisi game yakni PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, Valorant, dan Valorant Wild Rift

Salah satu prestasi membanggakan dari Bigetron adalah keberhasilan dari divisi PUBG Mobile yakni Bigetron Red Aliens yang menjuarai 2 kejuaraan tingkat dunia yakni PUBGM World Championship (PMCO) 2019, dan PUBG Mobile World League: West di 2020.

Selain itu, divisi Mobile Legends untuk Ladies yakni Belletron menjadi salah satu tim yang mendominasi pro scene Mobile Legends Ladies di Indonesia. Terakhir, Belletron menjadi juara di WSL Season 3 2021.

Berikutnya di divisi Mobile Legends untuk pria yakni Bigetron Alpha berhasil menjadi juara 2 di MPL ID season ke 7 dan berhasil menjadi perwakilan Indonesia di ajang Regional Asia Tenggara yakni MSC tahun 2021, namun sayang Bigetron Aplha belum berhasil menjadi juara.

Tim Esport Indonesia Rex Regum Qeon (RRQ)

Tim esport Indonesia Team RRQ
Sumber: revivaltv.id

Berikutnya adalah Team RRQ (Rex Regum Qeon). RRQ didirikan sejak tahun 2013 dan hingga saat ini sudah beberapa kali menjadi juara di ajang kejuaraan lokal hingga internasional. Saat ini Team RRQ memiliki 6 divisi dengan 8 team didalamnya, yakni Mobile Legens, PUBG Mobile, Free Fire, Valorant, FIFA, dan Leage of Legends Wild Rift.

Prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Team RRQ adalah menyabet juara dunia pada dua divisi, yakni Point Blank dan PUBG Mobile. Dari divisi Point Blank, Team RRQ yang diwakili oleh RRQ Endeavour menjadi satu-satunya tim esport Indonesia yang meraih dua gelar juara nasional dalam satu tahun yakni PBGC 2017 dan PBNC 2017. RRQ Endeavour juga menjadi juara dunia di turnamen PBIC 2017 setelah mengalahkan perwakilan Russia. Selain itu masih dari divisi yang sama RRQ Epic pernah menjadi juara di PBWC di Russia 2019

Baca juga: Cool Berikut 5 Rekomendasi Channel YouTube Untuk Belajar Photoshop Pemula!

Dari Divisi PUBG Mobile yakni diwakili RRQ Athena menjadi satu-satunya tim yang pernah menyabet gelar juara dunia sebanyak 2 kali yakni PMCO Sea Championship. Di divisi Mobile Legends, Team RRQ yang diwakili oleh RRQ Hoshi juga menjadi satu-satunya team yang pernah back to back di kejuaran nasional yakni MPL ID season 5 dan 6. RRQ juga pernah menjadi juara di ajang yang sama pada season ke 2.

Tim Esport Indonesia EVOS Esport

Tim Esport Indonesia EVOS Esport
Sumber: suara.com

Yang terakhir adalah EVOS Esport. Evos Esport menjadi salah satu tim esport Indonesia terbesar dan sudah tersebar ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. EVOS Esport memiliki 5 divisi yakni Mobile Legends, LOL Wild Rift, PUBG Mobile, Free Fire, dan Realm of Valor (ROV).

Tim kebanggaan EVOS Fams ini telah beberapa kali menjadi juara di ajang nasional bahkan dunia. Dari divisi PUBG Mobile EVOS Esport menjadi juara PINC tahun 2019 dan berhasil menyingkirkan juara bertahan yakni Bigetron.

Selanjutnya dari divisi Free Fire, EVOS Esport mendominasi di beberapa turnamen nasional bahkan dunia mulai dari FFIM Spring 2019, FF Pro League Thailand Season 4, Free Fire World Cup 2019, FFIM 2020 Fall, dan FF Pro League Thailand Season 3.

Dari divisi Mobile Legends, torehan prestasi yang diraih EVOS Esport juga terbilang sangat baik, dimulai menjadi juara back to back  di WSL season 1 dan 2 dan FGL Minor Series Season 1 yang diwakili oleh EVOS Ladies, back to back juara NMA season 2 dan 3, juara MPL ID season 4 dan 7 yang diwakili oleh EVOS Legends, Juara MPL MY/SG Season 4 dan Juara MPL SG Season 1 oleh EVOS SG, dan IENC 2019. Selain itu, prestasi yang membanggakan adalah EVOS Legends menjadi tim Mobile Legends pertama di Indonesia yang menjadi juara tingkat dunia yakni M1 tahun 2019.

Di divisi Arena of Valor, EVOS menjadi satu-satunya tim Esport di Indonesia yang menjuarai ASL (Arena of Valor Star League) secara 4 musim berturut-turut dan menjadi perwakilan Indonesia di ajang Sea Games 2019 . Namun sayangnya saat ini tim EVOS divisi AOV telah dibubarkan.

Dari beberapa tim tersebut, tentu masih banyak lagi tim esport Indonesia yang telah meraih banyak prestasi membanggakan, baik itu juara nasional bahkan sampai mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Nah dari bebera tim esport itu, adakah tim favoritmu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top