fbpx

Dalam beberapa tahun terakhir, digital advertising telah berkembang menjadi industri yang bernilai miliaran dan menyumbang lebih dari seperempat total pengeluaran media. Iklan Pay-Per-Click (PPC) bukan hanya salah satu bentuk periklanan paling populer, tetapi juga membantu kamu menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan kamu. Terlebih lagi, kamu hanya perlu membayar jika seseorang mengklik iklan kamu.

Kamu juga mendapatkan free brand exposure ketika seseorang melihat bisnis kamu dalam sebuah pencarian, meskipun mereka tidak mengklik iklanmu. Dan, bagian terbaiknya, analitik menunjukkan bahwa konsumen yang mengeklik iklan berbayar memiliki kemungkinan 50 persen lebih besar untuk membeli produk atau layanan daripada mereka yang berasal dari penelusuran organik.

Keberhasilan promosi digital advertising bergantung pada berbagai faktor; mulai dari menargetkan audiens yang tepat hingga mengubahnya menjadi pelanggan kemudian menjalankan setiap langkah proses dengan hati-hati yang sangat penting untuk kompetensi promosi kamu. Jika kamu tidak mengoptimalkan setiap bagian dari iklanmu dengan mempertimbangkan tujuan konversi, maka bisa saja kamu berisiko kehilangan prospek yang ada.

Tidak dapat disangkal bahwa setiap bisnis membutuhkan beberapa bentuk iklan. Namun, tidak berarti setiap bisnis membutuhkan promosi besar yang ekstensif, tetapi hal itu perlu dilakukan untuk memberi tahu konsumen bahwa bisnis kamu ada di luar sana. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasang advertising yang menarik di media cetak dan online.

Untuk membantu kamu memulai promosi penelusuran berbayar kamu sendiri, yuk ikuti langkah-langkah sederhana ini.

Fokus Pada Return of Investment (ROI)

Return on Investment (ROI) adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Rasio ini menunjukkan hasil dari seluruh aktiva yang dikendalikan dengan mengabaikan sumber pendanaan, rasio ini biasanya diukur dengan persentase. Jika pemilik bisnis menginvestasikan uang dalam promosi digital advertising, mereka akan menganalisis penjualan yang dihasilkan oleh advertising dan menggunakan informasi tersebut untuk menentukan ROI. Jika uang yang dihasilkan melebihi jumlah yang dibelanjakan, maka bisnis dapat menganggapnya sebagai ROI yang dapat diterima.

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang dengan promosi yang mereka buat adalah berfokus pada daya tarik yang terlihat dari digital advertising yang mereka buat mereka daripada hasil. Meskipun ide kamu mungkin tampak luar biasa bagi kamu, ada kemungkinan bahwa itu tidak berakhir sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Di sisi lain, penerapan yang tampaknya membosankan terkadang dapat membawa hasil yang luar biasa. Tujuan kamu yaitu perlu harus fokus pada ROI, dan bukan estetika.

Membuat Daftar Keyword Digital Advertising

Menetapkan daftar keyword atau kata kunci yang secara efektif menggambarkan bisnis kamu akan membutuhkan banyak waktu dan usaha, tetapi ini sangat berharga untuk promosi bisnis kamu. Kata kunci yang kamu pilih harus relevan, luas, dan lengkap agar dapat muncul dalam halaman teratas mesin pencarian.

Ingatlah, saat promosi kamu sudah berkembang, kamu pasti akan ingin terus memantau daftar kamu sehingga kamu karena dapat membuat perubahan yang efektif dengan menambahkan kata kunci tambahan dan menambahkan kata kunci negatif sehingga Anda dapat meningkatkan relevansi dan mengontrol pengeluaran. Jadi mempersiapkan kata kunci yang relevan sangat penting untuk keberlangsungan digital adveritising kamu.

Menargetkan Audiens Yang Tepat

Promosi yang tidak ditargetkan kepada orang yang tepat akan gagal. Kamu tidak bisa hanya menampilkan digital advertising yang kamu buat kepada individu secara acak dan mengharapkan mereka menjadi pelanggan kamu. Salah besar kalau kamu berpikir seperti itu. Untuk mendapatkan ROI maksimum dari ide online, menargetkan audiens yang tepat adalah langkah kunci.

Dedikasikan waktu yang ada untuk meneliti target audiens kamu secara menyeluruh. Semakin spesifik trafik kebutuhan mereka, semakin tinggi peluang kamu untuk menjangkau orang yang tepat. Google Ads dapat memungkinkan kamu untuk menargetkan digital advertising kamu sesuai dengan analisa dan demo tertentu. Memiliki data yang akurat tentang target audiens kamu membantu kamu memanfaatkan fitur ini sebaik mungkin untuk mencari target yang tepat.

Tetap Relevan dan Konsisten

Digital advertising yang kamu buat harus sesuai dengan garis yang sudah ditetapkan. Artinya harus bermakna dan relevan bagi audiens yang melihatnya. Tanpa relevansi, sebuah digital advertising akan perlahan menghilang dari sebuah pencarian karena memiliki peminat yang kurang. Hal ini juga penting untuk iklan untuk menjadi konsisten. Pelanggan menyukai konsistensi. Ini membangun kepercayaan dan membuat mereka lebih tertarik pada apa yang dilakukan dan dikatakan perusahaan. Pembuatan konten yang konsisten, pendekatan periklanan, presentasi logo/warna, dan bahkan layanan pelanggan memiliki dampak signifikan dalam membangun kepercayaan pelanggan yang merupakan suatu hal yang sangat penting.

Sama seperti bisnis kamu yang semakin berkembang, begitu pula pelanggan kamu. Teknologi, pengembangan produk, dan perhatian konsumen bergerak dengan kecepatan yang menakutkan. Jika persona pelanggan kamu tidak mengikuti apa yang dicari terget audiens kamu, kamu akan membuang-buang anggaran iklan untuk digital advertising yang tidak terhubung dengan audiens target kamu. Segarkan persona pembeli kamu setidaknya beberapa kali dalam setahun agar tetap relevan.

Mengoptimalkan Digital Advertising

Saat pertama melakukan promosi digital advertising, sangat normal jika kamu merasa gugup. Untungnya, semua yang ada di PPC dapat diukur. Setelah iklan kamu ditayangkan pada bulan pertama, ukur hasilnya, evaluasi dan ubah promosi jika diperlukan, lalu coba lagi. Ingatlah untuk tetap positif dan jangan berkecil hati jika kamu belum melihat hasil terbaik selama beberapa bulan pertama.

Saat menganalisa terget kamu, pastikan kamu menyesuaikan promosi kamu dengan tepat. Tapi, digital advertising bisa jadi sulit untuk dilakukan. Jika iklan kamu tidak berhasil dengan baik tetapi kamu juga tidak yakin bagaimana untuk meningkatkannya, inilah saatnya untuk mendapatkan bantuan dari pakar digital advertising. Kita tahu bahwa iklan berbayar adalah taktik pemasaran yang terbukti untuk mendorong hasil, tetapi sama seperti upaya pemasaran lainnya, menguasai strategi membutuhkan waktu dan banyak latihan. Namun, begitu konversi mulai masuk, kamu akan melihat bahwa waktu yang telah kamu habiskan berakhir dengan baik!

Baca Juga: Interesting Kenali 4 Macam Advertising di Dunia Bisnis

Nah, itu dia 5 tips digital advertsing yang perlu kamu ketahui sebelum memasang iklan untuk sebuah promosi. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Interesting to Know! 5 Tips Digital Advertising Yang Perlu Kamu Tahu”

  1. Pingback: Super Kenali Affiliate Marketing dan 3 Manfaat Super Untukmu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top