fbpx

Belakangan ini, industri game online khususnya mobile telah mengalami perkembangan pesat dengan munculnya beberapa tournament esport yang diselenggarakan hingga kancah internasional. Tak tanggung-tanggung, prize pool yang di tawarkan pun menarik hingga mencapai miliaran rupiah. Hal ini disebabkan karena perkembangan game mobile di masyarakat mengalami peningkatan yang begitu pesat. Bisa di katakan, anak remaja saat ini setidaknya memiliki satu game online yang di gemari dan dimainkan setiap hari.

Moba atau multiplayer online battle arena adalah sebuah subgenre dari permainan video yang mana dalam permainan ini, seseorang akan mengendalikan satu karakter dalam setiap tim untuk bertarung melawan tim musuh. Tujuan utamanya adalah menghancurkan struktur utama dari tim lawan dengan bantuan unit-unit yang dikendalikan oleh komputer.

Saat ini, moba berkembang begitu pesat dan bisa dimainkan di smartphone. Dulu kita tahu bahwa ada beberapa game moba yang sangat digemari seperti Dota 2, League of Legends, Heroes of The Storm, dan masih banyak lagi. Kini beberapa game moba telah bisa dimainkan di smartphone dan sangat di gemari seperti Mobile Legends: Bang Bang, Arena Of Valor (AOV), League of Legends Wildrift, dan game mobile lainnya.

Peningkatan perkembangan game juga dibarengi dengan pertumbuhan scene kompetitif dari game tersebut. Hal ini didasari atas munculnya beberapa tournament esport dengan basis tiap game, dan dilaksanakan mulai dari ranah nasional, regional, hingga internasional. Ini juga membantu menumbuhkan esport dan memunculkan atlet-atlet esport pada masing-masing game.

Illustrasi Tournament Esport
Illustrasi Tournament Esport

Tournament Esport adalah istilah yang digunakan untuk kompetisi permainan video game dengan pemain jamak, dan umumnya antar pemain professional. Aliran game yang dimainkan pun beragam, mulai dari life-time strategy, battle royal, termasuk moba. Game tersebut juga bisa terbagi atas perangkat yang digunakan, baik itu PC maupun smartphone.

Baca juga: Awesome Ini 5 Laptop Gaming Terbaik di Tahun 2021

Semakin berkembangnya esport, khususnya di dalam negeri, membuat pemerintah mulai memperhatikan bidang ini sebagai kompetisi professional. Salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah adalah membuat organisasi yang membawahi esport di Indonesia yakni PB ESI. PB ESI adalah singkatan dari Pengurus Besar Esport Indonesia yang telah diresmikan sejak 18 Januari 2020 lalu. PB ESI telah menjadi induk organisasi cabang olahraga prestasi esport di Indonesia.

Pertumbuhan scene kompetitif dengan munculnya tournament esport juga dibarengi dengan penawaran prize pool yang menjanjikan. Hadiah yang di tawarkan bahkan mencapai jutaan USD atau miliaran rupiah. Hal ini mendorong semangat bermain dalam memperebutkan prize pool yang tinggi. Selain itu, seorang atlet esport juga biasanya memperjuangkan titel juara pada turnamen tertinggi disamping nilai hadiah yang diperebutkan.

Sudah penasaran belum dengan tournament esport dengan prize pool tertinggi? Yuk simak 5 tournament esport mobile berikut ini!

Honor of Kings World Champions Cup 2021

Tournament esport Honor of Kings World Champions Cup
Honor of Kings World Champions Cup (Sumber: games.grid.id)

Bagi yang asing terhadap game Honor of Kings, game ini adalah game Arena of Valor, namun di buat versi China. Dimana, game Honor of Kings ini telah menjadi salah satu game paling di gemari di China dengan selalu berada pada posisi teratas terkait prize pool di bandingkan dengan game mobile lainnya. Meskipun tidak terlalu di gemari di Indonesia, namun game Honor of Kings menjadi salah satu game dengan tournament esport yang sangat menjanjikan.

Di tahun lalu, tournament esportnya yakni Honor of Kings World Championship 2020 telah mengucurkan hadiah sebanyak 4,6 juta US Dollar atau sekitar 66 miliar rupiah. Hal ini membuat tournament ini sempat menjadi kejuaraan esport mobile dengan prize pool tertinggi, sebelum akhirnya di geser oleh PMGC 2021.

Namun, tak membutuhkan waktu lama pasca pengumuman PMGC 2021, Honor of Kings World Champions Cup 2021 telah mengumumkan bahwa pada kejuaraan tahun ini akan memberikan total hadiah sebesar 7,7 juta US Dollar, jauh meningkat dari hadiah tahun sebelumnya. Itu artinya Honor of Kings World Champions Cup 2021 menjadi tournament dengan hadiah terbesar, mencapai 110 miliar rupiah.

PUBG Mobile Championship 2021

Tournament esport PUBG Mobile Championship 2021
PUBG Mobile Championship 2021 (Sumber: oneesport.gg)

Selanjutnya adalah game PUBG Mobile dengan tournament PUBG Mobile Championship 2021. Masih dari developer yang sama yakni Tencent, PMGC 2021 nyatanya telah menyaingi Honor of Kings, dimana PMGC 2021 akan memberikan prize pool sebesar 6 juta US Dollar atau sekitar 86 miliar rupiah yang akan dilakukan akhir tahun ini.

PMGC akan diikuti oleh tim-tim PUBG Mobile terbaik di seluruh dunia yang mana hal ini diukur melalui perolehan poin dari masing-masing PMPL di tiap negara dan juga regional sehingga berhak berkompetisi di PMGC 2021. Rencananya PUBG Mobile World Championship 2021 akan diselenggarakan di bulan November 2021 hingga Januari 2022 mendatang.

Free Fire World Series 2021

Tournament Esport Free Fire World Series 2021
Free Fire World Series 2021 (Sumber: dailyspin.id)

Tournament esport selanjutnya adalah Free Fire World Series 2021. FFWS 2021 adalah kejuaraan terakbar game Free Fire yang telah dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Menariknya FFWS tahun ini telah memecahkan rekor dengan penonton terbanyak, sehingga menjadi salah satu game mobile paling digemari di seluruh dunia.

Baca juga: Amazing Demam Game Online? Ini 5 Tim Esport Indonesia Yang Sukses Mengharumkan Nama Bangsa!

FFWS 2021 telah dilakukan pada akhir bulan Mei lalu, dimana total Free Fire World Series 2021 memberikan prize pool sebesar 2 juta US Dollar atau sekitar 28,6 miliar bagi seluruh pemenang FFWS 2021. Ini merupakan prize pool terbesar FFWS semenjak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019.

Tournament Esport Arena of Valor World Cup 2021

Tournament Esport Arena of Valor World Cup 2021
Tournament Esport Arena of Valor World Cup 2021 (Sumber: upstation.asia)

Arena of Valor adalah salah satu game yang paling di gemari di seluruh dunia yang telah memperluas pasarnya dengan nama yang beragam. AOV adalah game moba yang dikembangkan oleh developer Tencent, yang mana pada tahun 2017 lalu AOV dilaporkan telah memiliki lebih dari 80 juta pemain aktif di setiap harinya dan 100 juta pemain aktif yang telah memainkannya.

Arena of Valor World Cup 2021 atau AWC 2021 tahun ini akan memberika prize pool sebesar 500 ribu US Dollar atau sekitar 7,1 miliar rupiah. Walaupun tidak dilaksanakan pada tahun lalu yakni AWC 2020, namun hadiah yang di tawarkan tidak mengalami perubahan dari sebelumnya yakni AWC 2019, meskipun sedikit lebih kecil dari AWC 2018 yaitu sekitar 550 ribu US Dollar.

M3 Mobile Legends World Championship

Tournament Esport M3 Mobile Legends World Championship
M3 Mobile Legends World Championship (Sumber: games.grid.id)

Dan yang terakhir adalah M3 Mobile Legends World Championship. Dilihat dari namanya, M3 tahun ini adalah pagelaran tournament esport dari game Mobile Legends: Bang Bang yang akan dilaksanakan ke tiga kalinya. Tahun ini, M3 akan diikuti oleh tim-tim terbaik dari seluruh dunia mulai dari Brazil, Rusia, Amerika Utara, Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Yang mana, tim-tim tersebut akan memperebutkan total prize pool sebesar 800 juta US Dollar atau sekitar 11,4 miliar rupiah.

Nah itu dia 5 tournament esport mobile dengan hadiah tertinggi, ada game favoritmu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top