fbpx

Rekomendasi True Wireless Stereo banyak dicari belakangan ini karena makin banyaknya brand terkenal yang mengeluarkan produk TWS dengan fitur dan keunggulannya masing-masing.

True Wireless Stereo atau disingkat TWS, adalah perangkat nirkabel seperti headphone atau earphone yang dirancang tanpa kabel atau kawat. TWS pada dasarnya bekerja dengan gelombang radio yang kompatibel dengan koneksi Bluetooth untuk dapat terhubung ke perangkat lain seperti smartphone, laptop, atau komputer.

Penggunakan True Wireless Stereo dalam kehidupan sehari-hari.


Cara Kerja True Wireless Stereo

TWS sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat mengubungkan speaker dengan bluetooth untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Tidak hanya untuk mendengarkan musik, headphone atau earphone ini juga berfungsi untuk berkomunikasi melalui telepon dan kegiatan lainnya yang membutuhkan output dan input suara. Biasanya TWS dapat menjangkau sampai 10 meter, asalkan sinyal dari perangkat bluetoothnya tetap tersambung.


Kelebihan penggunaan True Wireless Stereo

Berikut kelebihan dari TWS yang perlu kamu tau sebelum membelinya:

1. Desain yang sederhana dan tanpa kabel.
Pada era ini, semua orang semakin menghindari hal-hal yang merepotkan. Kita cenderung menyukai hal yang ringkas dan sederhana. Maka TWS menjadi salah satu opsi karena desainnya yang sederhana dan kecil, selain itu TWS juga tidak menggunakan kabel penghubung sama sekali. Hal ini membuat TWS lebih digandrungi oleh banyak kalangan. Kita bisa menggunakannya saat berolahraga atau beraktifitas berat lainnya tanpa terganggu dengan kabel yang terjuntai panjang dan terkadang menjadi kusut. Earphone dengan modifikasi TWS juga mempunyai casing yang kecil sehingga mudah dibawa kemana saja.

2. Teknologi bluetooth 5.0
Dengan adanya teknologi ini, perangkat audio akan tetap mendapatkan sinyal walau sejauh 10 meter dan tanpa kabel.

3. Daya tahan baterai yang tahan lama.
Dibanding dengan earphone atau headphone yang biasa, mode TWS memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Secara umum earphone atau headphone TWS dapat digunakan sampai setengah hari.
Tetapi jika kamu kehabisan baterai, kamu tidak perlu khawatir karena beberapa casing dari TWS tersebut dapat mengisi daya secara otomatis. Selain itu, kamu dapat menggunakan power bank dan kabel charger untuk mengisi daya disituasi yang mendesak.

4. Harga yang semakin bersaing
Semakin banyak brand yang mengeluarkan produk earphone atau headphone TWS, maka mereka akan berlomba-lomba untuk menghasilkan barang dengan kualitas tinggi tetapi harganya akan selalu bersaing dengan kompetitornya. Hal yang dapat kamu perhatikan sebelum membeli ialah koneksi, hasil audio, desain, dan daya tahan baterai.

Rekomendasi True Wireless Stereo

Untuk kamu yang masih bingung mau beli earphone atau headphone wireless yang bagaimana, berikut aku kasih 5 rekomendasi True Wireless Stereo yang pastinya worth to buy dan tetap fashionable!

JBL T450BT

JBL mempunyai banyak seri headphone yang berbeda dari jenis maupun kelebihannya. Salah satunya adalah JBL T450BT yang dimodifikasi dengan teknologi Pure Bass hingga kualitas yang dihasilkan lebih dalam dan kuat. Headphone ini hadir dalam 3 variasi warna yaitu hitam, putih, dan biru. Headphone ini dapat dilipat dan ringan sehingga mudah untuk dibawa berpergian.

Dengan kualitas yang kamu dapatkan, harga dari JBL Wireless On-Ear Headphone T450BT ini masih sangat terjangkau, lho! Di web official JBL, kamu akan mendapatkan potongan sebesar 58% sehingga headphone ini dibandrol dengan harga Rp399.000 saja. Jika berbicara tentang kelebihannya, JBL Headphone T450BT ini sudah dirancang dengan teknologi Pure Bass. Hal ini berarti suara yang dihasilkan akan lebih mumpuni dibandingkan dengan headphone lainnya.

3 variasi warna JBL T450BT.

Untuk kamu yang cukup sibuk dan sering menerima panggilan telepon, headphone ini juga mempunya fitur untuk menjawab panggilan dengan tombol mikrofon yang terletak di ear-cup. Kamu hanya perlu menekan tombol mikrofon sebanyak satu kali untuk menjawab panggilan. Hal ini tentu sangat efektif hingga komunikasi dapat menjadi lebih nyaman tanpa harus repot untuk melepaskan headphone terlebih dahulu.
3
Kamu juga tidak perlu khawatir karena daya baterai JBL Headphone ini sangat awet, lho! Setelah satu kali charger, kamu dapat menggunakannya selama 11 jam tanpa henti.

Saat pembelian JBL Headphone T450BT ini, kamu akan mendapatkan kotak kemasan yang cukup besar dengan isi 1 buah kabel charge, kartu peringatan, kartu garansi, kain pelindung, dan juga QSG.

XIAOMI MiFa X3

Selain mengeluarkan produk handphone dan smart watch, Xiaomi juga mengeluarkan produk earphone dengan fitur bluetooth. Earphone ini didesain dengan material plastik yang kokoh, solid, dan tahan air.

Xiaomi MiFa X3 variasi warna hitam.

Xiaomi MiFa X3 sendiri dibandrol dari harga Rp450.000 dengan fitur yang sudah mumpuni. Earphone ini sudah dimodifikasi dengan fitur sertifikasi IPX4 dan menggunakan sensor touch untuk pengaturannya. Daya baterainya pun sangat tahan lama bahkan bisa sampai 32 jam.

Untuk kualitas suara saat menonton youtube atau mendengar lagu, suara vokal dan bass yang dihasilkan akan jernih. Tetapi jika digunakan saat gaming, suara yang dihasilkan akan kurang bagus dan sering kali delay.

SONY WH-CH510

Dengan desain yang cukup sederhana, Sony WH-CH510 juga jadi rekomendasi True Wireless Stereo yang cocok buat kamu nih! Hadir dengan 3 variasi warna yaitu hitam, putih, dan juga biru. Headset ini juga sudah dimodifikasi dengan standar bluetooth 5.0 yang merupakan versi terbaru teknologi nirkabel.

3 Variasi warna Sony WH-CH510.

Di situs resmi Sony, headphone ini dibandrol dengan harga Rp699.000.
dengan spesifikasi sebagai berikut :
– Berat 132 gram
– Koneksi Bluetooth 5.0 (maksimum jarak 10 m)
– Respon frekuensi 20Hz – 20.000 Hz (Sampling 44,1kHz)
– Unit driver 30 mm
– Format bluetooth audio didukung SBC, AAC.

Kualitas bass dan trebel yang dihasilkan dari Sony WH-CH510 ini terbilang bagus dan sesuai dengan harganya. Untuk menonton youtube, mendengarkan lagu, dan bermain game, suara yang dihasilkan juga tetap bagus dan tidak delay.

Bantalan headphone ini juga cukup nyaman jika digunakan. Bahannya cukup tebal tetapi tidak panas walaupun digunakan dalam waktu yang cukup lama. Di salah satu ear cup terdapat tombol volume up dan down, tombol power, lampu indikator, port USB, dan lubang mikrofon.

Saat pembelian, kita akan mendapatkan buku panduan, kabel USB 2.0 to USB B (for charging), dan satu unit headphone Sony WH-CH510. Sementara untuk mengklaim garansi, kamu cukup membawa nota dan box yang terdapat stiker hologramnya.

REALME BUDS AIR

Realme Buds Air didesain dengan mode kekinian dan mengutamakan nilai estetika. Dengan bobot 35gram, earphone ini membuat penggunanya merasa nyaman karena ringan bahkan seperti tidak menggunakan apa-apa. Perangkat ini dimodifikasi oleh cip R1 dengan Bluetooth 5.0 yang akan menghasilkan koneksi yang stabil.

Earphone ini juga dilengkapi oleh 2 mikrofon yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan menyaring kebisingan suara. Dilansir dari Gizmologi.id, Realme Buds Air juga dirancang dengan diafragma komposit multi-layer LCP yang canggih dan driver suara 12mm yang besar.

Desain Realme Buds Air yang sederhana dan kokoh.

Walau dibandrol dengan harga Rp1.299.000, earphone ini masuk kedalam rekomendasi karena cukup worth it jika kita bandingankan dengan fitur dan desainnya. Dengan desain DBB (Dynamic Bass Boost), audio bass yang diciptakan lebih tinggi dan mendalam.

Daya tahan baterai earphone ini juga cukup awet. Kamu hanya cukup mencharger selama 10 menit untuk pemakaian selama tiga jam. Realme Buds Air ini juga sudah menggunakan port USB C sehingga cukup praktis karena sama dengan kabel charger smartphone saat ini.

APPLE AIRPODS

Apple AirPods hadir dalam rekomendasi True Wireless Stereo yang paling terakhir, nih! Untuk para pengguna Apple Iphone dan memiliki perangkat iOS, AirPods Pro hadir dan didesain dengan chip H1 dengan efisiensi daya yang lebih besar. Apple AirPods Pro juga memiliki 3 fitur yang lebih bagus dibandingkan tipe sebelumnya, yaitu: Active Noise Cancellation, Transparency Mode, dan Adaptive EQ.

Desain Apple AirPods yang fashionable.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh Apple AirPods Pro terbilang sangat berkualitas. Dengan harga yang cukup tinggi (Rp3.999.000), Apple sendiri mengklaim bahwa AirPods ini memiliki “kualitas suara yang superior”.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena AirPods Pro memiliki dua buah mikrofon yang mengarah keluar dan kedalam. Mikrofon yang mengarah keluar akan mengatur suara eksternal. Suara tersebut akan dideteksi dan akan diblokir secara otomatis suaranya. Sementara mikrofon yang mengarah kedalam akan mendeteksi suara yang akan kita dengarkan.

Daya tahan baterai AirPods ini bisa tahan antara 3-5 jam tergantung apakah kamu mengaktifkan mode ANC atau tidak. Tetapi jika AirPods ini dimasukan di dalam casingnya, maka ia akan tercharger otomatis karena adanya fitur wireless charging Qi. 

Baca Juga : Amazing 5 Aplikasi Untuk Mendengarkan Musik yang Sedang Diminati

Dari 5 rekomendasi True Wireless Stereo yang udah kita bahas, kira-kira kamu jatuh hati sama yang mana nih? Tentunya tiap produk memiliki fitur keunggulan yang berbeda. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki sehingga TWS pilihanmu tetap worth to buy!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top