fbpx
virtual reality dan augmented reality

Virtual reality dan augmented reality, salah satu perkembangan teknologi yang lumayan banyak dipakai oleh orang-orang. Untuk menghibur para manusia dengan kehebatannya. Dengan majunya perkembangan zaman, semakin banyak juga terobosan-terobosan yang keluar. Tapi apakah kalian tau perbedaan antara virtual reality dan augmented reality? Mungkin belum banyak yang tahu perbedaannya dan masih ada banyak orang yang berpikir bahawa virtual reality dan augmented reality mempunyai kegunaan yang sama. Berikut adalah perbedaan antara virtual reality dan augmented reality:

1. Augmented Reality

augmented reality (AR)

Teknologi augmented reality atau yang biasa dikenal dengan AR adalah teknologi yang menambahkan unsur digital pada kenyataan. Sama seperti saat kalian menggunakan filter-filter yang terdapat pada Instagram atau TikTok. Saat kalian mengambil selfie menggunakan filter-filter yang terdapat di dalam Instagram atau TikTok, augmented reality atau AR akan menambahkan fungsi-fungsinya dan menambahkan sesaui tempatnya. Jadi augmented reality atau AR seperti mengganti warna rambut, menambah pemerah pipi, pewarna bibir, dan berbagai macam filter lainnya.

Pokemon Go juga menggunakan augmented reality atau AR dalam permainannya. Saat kalian mencoba untuk menangkap pokemon, kalian bisa mengarahkannya ke pokemon yang ada disekitar kalian melalui media kamera. Kalian tidak harus mempunyai handphone-handphone yang canggih untuk menggunakan augmented reality atau AR ini. kalian bisa menggunakan handphone-handphone yang biasa kalian pakai untuk sehari-hari. Augmented reality membuat kalian bisa berinteraksi secara real time atau langsung dengan objek maya yang ada melalui perantara kamera handphone.

2. Virtual Reality

virtual reality (VR)

Teknologi virtual reality atau VR adalah teknologi yang membuat kalian memungkinkan berinteraksi dengan objek dan lingkungan 3 dimensi yang dibuat mirip dengan dunia nyata atau dunia fantasi. Virtual reality membawa pengalaman yang sangat berbeda saat kalian memainkannya. Kalian dibuat seperti berada di dunia yang berbeda dari yang biasanya kalian lihat. Untuk mengakses virtual reality atau VR memerlukan alat atau gear khusus seperti headset, treadmill, hingga sarung tangan khusus untuk virtual reality atau VR. Virtual reality seperti membawa kalian ke pengalaman yang tidak pernah kalian rasakan sebelumnya. Virtual reality bisa digunakan untuk bermain game atau menonton film atau video dengan sensasi yang sangat berbeda dari yang pernah kalian bayangkan.

Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

Perbedaan virtual reality dan augmented reality ada pada kegunaannya dan perangkatnya. VR dan AR biasa digunakan untuk keperluan yang sangat berbeda satu sama lain. VR dan AR mempunyai perbedaan yang lumayan signifikan dari segi kegunaan dan perangkatnya. Berikut adalah perbedaan dari augmented reality (AR) dan virtual reality (VR)

Baca Juga: Fitur Apple Untuk Pengguna Disabilitas

Kegunaan

Perbedaan kegunaan antara VR dan AR sangatlah berbeda. VR biasa digunakan untuk bermain game atau menonton film. Tetapi tidak semua game bisa digunakan pada VR, hanya beberapa game saja yang bisa menggunakan VR. Untuk AR biasa digunakan untuk filter-filter yang ada di sosial media ataupun game. Banyak orang-orang yang menggunakan AR untuk membuat filter-filter wajah yang ada di aplikasi-aplikasi handphone.

Perangkat

Perbedaan kedua pada VR dan AR adalah perangkat yang digunakan berbeda. VR membutuhkan perangkat yang lebih banyak seperti headset, kacamata, sarung tangan, dan treadmill khusus. VR menggunakan perangkat yang lebih banyak karena VR memberikan sensasi yang berbeda ketimbang AR. Jadi sangat bisa dimaklumi perbedaan antara perangkat yang dibutuhkan. AR hanya membutuhkan smartphone untuk menggunakannya. Hanya ada beberapa aplikasi atau game yang mendukung AR. Tetapi AR bisa digunakan disemua perangkat handphone yang ada aplikasi yang sudah menggunakan AR seperti Instagram, Snapchat, dan TikTok. Aplikasi-aplikasi itu sudah menggunakan teknologi AR untuk filter-filter yang ada pada aplikasinya. Sudah banyak variasi-variasi filter yang menggunakan AR ini.

Jadi sekarang kalian sudah tahu kan ap aitu yang dimaksud dengan virtual reality dan augmented reality. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, mungkin akan ada teknologi-teknologi yang lebih canggih daripada virtual reality dan augmented reality. Kita hanya bisa menunggu terobosan-terobosan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada dibidang teknologi ini. teknologi ada untuk mempermudah kehidupan manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top