fbpx

Dalam dunia digital marketing, ada banyak trik cerdik yang digunakan penjual dalam memasarkan produknya. Salah satunya adalah affiliate marketing. Trik ini merupakan salah satu dari banyak model bisnis internet marketing yang sering menjadi strategi pilihan pelaku bisnis dalam menjangkau lebih banyak lagi konsumen untuk bisnisnya. Tak perlu waktu lama, model ini akan menghasilkan keuntungan besar untuk bisnismu. Mau coba menggunakan model ini ke dalam bisnismu? Mari kenali lebih jauh apa itu affiliate marketing beserta keuntungannya untuk bisnismu!

Pengertian Affiliate Marketing

Kenali lebih dalam affiliate marketing!
Kenali lebih dalam strategi marketing satu ini!

Dilansir dari Gramedia.com, affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran digital di mana seseorang akan memperoleh penghasilan ketika terjadi penjualan terhadap suatu produk maupun jasa yang dipromosikan melalui link afiliasi yang telah kamu buat. Singkatnya, model ini merupakan sebuah proses menawarkan produk dan jasa yang kamu miliki lewat jasa afiliasi. Menurut perusahaan pemasaran ternama asal Amerika Serikat, CJ Affiliate, menyebutkan bahwa model pemasaran ini terdiri atas tiga sisi, yakni penjual, afiliasi, dan konsumen. Penjual akan berafiliasi dengan konsumen melalui pihak ketiga.

Penggunaan affiliate marketing ini sendiri berbasis komisi. Mungkin di antara kamu pernah ada yang melihat teman-teman kamu tiba-tiba menawarkan produk kesehatan maupun kecantikan dengan harga yang mahal? Itulah salah satu contoh sederhana dari model pemasaran ini. Teman-temanmu itu berperan sebagai partner perusahaan yang bertugas mempromosikan produk yang mereka miliki. JIka produknya terjual, maka mereka akan mendapatkan komisi dalam bentuk uang maupun barang berharga lainnya dari perusahaan bersangkutan.

Affiliate marketing ini bisa dibilang menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi, pihak perusahaan akan meraup untung karena bisa menjangkau lebih banyak lagi segmen konsumen. Di sisi lain, pihak afiliasi juga akan diuntungkan apabila berhasil menjual beberapa produknya ke teman maupun rekan lainnya. Komisi yang diperoleh pula bervariasi, disesuaikan dengan target yang kamu peroleh. Nantinya kamu pula akan dimasukkan ke dalam sebuah grup dan bekerja sama untuk mempromosikan produk kamu ke teman-temanmu.

Di sini, kamu tidak memiliki produk maupun jasa yang bisa kamu jual. Karena itulah, kamu akan membantu merchant lain untuk memasarkan produk maupun jasa mereka dan tentunya akan memperoleh komisi begitu berhasil mencapai target yang diberikan.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerjanya yang mudah jadi pilihan untuk siswa maupun ibu rumah tangga
Cara kerjanya yang mudah jadi pilihan untuk siswa maupun ibu rumah tangga

Untuk menjadi anggota marketing ini, maka kamu harus mendaftarkan diri ke situs perusahaan yang bersangkutan. Setelah terdaftar, kamu harus mempromosikan produk yang kamu miliki ini ke forum-forum online, social media, maupun blog milikmu. Intinya, kamu seolah menjadi freelancer marketing untuk perusahaan yang bersangkutan. Besarnya komisi yang kamu peroleh akan ditentukan dari produk maupun jasa yang berhasil terjual. Karena mudah dan tidak perlu persyaratan terlalu rumit, pekerjaan ini sering menjadi pilihan siswa maupun ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan sehari-hari.

Baca Juga: Interesting to Know! 5 Tips Digital Advertising Yang Perlu Kamu Tahu

Kelebihan Affiliate Marketing

Simak keuntungan dari affiliate marketing berikut!
Apa saja keuntungan dari strategi satu ini?

Lantas, apa saja keuntungan dari strategi satu ini dibandingkan yang lainnya?

Modal yang Relatif Rendah

Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun!
Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan sepeserpun!

Untuk kamu siswa, mahasiswa, ibu rumah tangga, maupun pekerja kantoran yang mau menambah pundi-pundi keuntungan ke kantungmu, maka menjadi affiliate marketer ini sangat cocok! Kamu tidahanya membutuhkan modal yang relatif kecil, biasanya hanya di awal untuk membeli produk bersangkutan. Bahkan, beberapa perusahaan tidak mewajibkan kamu untuk membeli produk mereka sebelum menjadi afiliasi. Dari modal nol, kamu bisa meraup keuntungan yang tidak bisa dibilang kecil! Bagaimana? Sudah tertarik mencoba?

Mudah untuk Dilakukan Siapa Saja

Siapapun kamu, pasti bisa melakukan ini!
Siapapun kamu, pasti bisa melakukan ini!

Keuntungan lain yang bisa kamu peroleh dari bisnis ini adalah bisnis ini sangat mudah dimulai, terutama bagi pemula yang relatid masih baru dalam dunia bisnis ini. Industri dalam affiliate marketing ini juga sedang berkembang pesat dan emnawarkan keuntungan yang tidak sedikit. Apabila kamu terus menekuni bisnis ini, maka peluang kamu memperoleh penghasilan yang besar semakin tinggi. Intinya, tetap tekun dan jangan mudah menyerah kalau kamu gagal memasarkan produkmu. Terus promosikan ke teman maupun keluargamu!

Proses Kerjanya Fleksibel

Kamu bebas bekerja kapanpun dan dimanapun
Kamu bebas bekerja kapanpun dan dimanapun

Menjadi seorang afiliasi menawarkan jam kerja yang fleksibel. Kamu bisa menawarkan produkmu kapanpun kamu mau dan dari mana pun kamu berada. Kamu tidak terikat oleh perusahaan dan tidak ada tuntutan sama sekali. Karenanya, kamu bisa memiliki kebebasan dalam memilih kapan kamu bekerja, seberapa lama, dari mana, dan kapan berhenti. Sefleksibel itu, namun tetap menawarkan keuntungan yang besar.

Selain itu, dilihat dari sisi merchant, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk promosi produk. Kamu cukup memberikan produkmu ke afiliasi dan menunggu terjual. Cara iklan bebas resiko ini juga tidak membutuhkan anggaran yang besar.

Itu dia pengertian dari affiliate marketing serta beberapa keuntungan yang bisa kamu raup dari melakukannya! Bagaimana? Tertarik mencoba? Jangan lupa tinggalkan jejak digital pada kolom komentar!

Baca Juga: Awesome! Jangan Lagi Bingung, Kenali 3 Perbedaan SEM dan SEO, Cari Tahu Manfaatnya Untuk Bisnismu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top