fbpx

Dalam mengawali sebuah bisnis maupun usaha, penting untuk memahami betul apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Kebutuhan inilah yang nantinya akan kamu coba atasi melalui nilai yang produk kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan metode value proposition canvas. Sebelum bisa menentukan nilai yang akan kamu sampaikan ke konsumen, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan konsumenmu, apa yang menjadi masalah bagi konsumen yang harus kamu selesaikan, dan di bagian mana muncul kesempatan untuk produkmu masuk dan memuaskan hati pelanggan. Untuk melakukan semua ini memang tidak semudah membalikkan tepalak tangan. Itulah sebabnya kamu butuh tools satu ini untuk membantumu. Ya, value proposition canvas bisa jadi jawaban untuk menentukan value yang tepat untuk disampaikan ke konsumen.

Value proposition canvas merupakan sebuah alat yang akan membantu kamu memahami perilaku konsumen yang menjadi bagian dari target pasarmu. Dengan memahami konsumen, kamu akan bisa menghasilkan produk yang menarik perhatian mereka. Konsumen bisa diibaratkan sebagai pemain utama yang harus kamu puaskan, karena dari sanalah bisnis kamu bisa mendapat keuntungan. Untuk lebih mudah memahami model satu ini, yuk simak penjelasan di bawah!

Apa itu Value Proposition Canvas?

Value proposition canvas akan membantumu memetakan kebutuhan konsumen dan nilai dari produkmu
Value proposition canvas akan membantumu memetakan kebutuhan konsumen dan nilai dari produkmu

Value proposition canvas merupakan suatu alat yang membantu kamu dalam melihat apa-apa saja yang menjadi suka duka dari konsumen, apa saja hal-hal yang perlu mereka kerjakan, sehingga kamu bisa menciptakan suatu value melalui produkmu itu yang dapat menjawab segala kebutuhan konsumen. Kamu bisa tahu apa saja manfaat yang diperoleh konsumen ketika menggunakan produkmu melalui model satu ini. Kamu akan bisa melihat apa saja kebutuhan konsumen, masalah apa yang mereka hadapi, dan apa saja yang harus kamu lakukan supaya masalah mereka itu terselesaikan.

Value proposition canvas sebenarnya merupakan penjabaran lebih detil dari business model canvas atau BMC. BMC ini merupakan model yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis dalam memetakan hubungan antar komponen yang dibutuhkan dalam usahanya. VPC secara spesifik berfokus pada hubungan antar customer segments dengan value proposition yang ditawarkan suatu produk.

Seperti dilansir dari B2B International, VPC pertama kali ditemukan oleh Dr. Alexander Osterwalder. Terdapat dua bagian besar dari model satu ini, yakni profil pelanggan dan value proposition. Tujuan pembuatan dari VPC ini adalah untuk mempertemukan profil pelanggan dengan value atau nilai yang ditawarkan suatu produk. Kedua bagian tersebut masing-masing terbagi lagi ke dalam 3 bagian kecil. Untuk lebih mendalami apa itu value proposition canvas, berikut ini merupakan penjelasan dari keenam bagian pada VPC.

Baca Juga: No Worry 7 Strategi Pemasaran Ini Siap Upgrade Bisnismu!

Customer Profile

Kenali tugas paa saja yang harus diselesaikan konsumen melalui value proposition canvas.
Kenali tugas apa saja yang harus diselesaikan konsumen.

Customer profile merupakan bagian kanan dari value proposition canvas. Bagian ini menampilkan segala atribut yang dimiliki oleh konsumen, mulai dari tugas-tugas yang harus mereka selesaikan, apa yang akan mereka dapatkan ketika tugas itu terselesaikan dengan baik, dan apa saja ketidaknyamanan yang dialami konsumen ketika menjalankan tugas tersebut. Berikut ini beberapa bagian dari customer profile.

Customer Job

Customer job merupakan bagian dari VPC yang berisi tentang apa saja yang menjadi masalah dan kebutuhan dari konsumen. Untuk dapat mengisi bagian ini, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar kamu bisa mengerti kebutuhan apa saja yang menjadi penting bagi konsumen. Kamu harus mengenali konsumen dari segi emosiional (preferensi), sosial (reputasi), dan fungsional (kepraktisan).

Tempatkan dirimu di posisi konsumen. Ketika kamu menggunakan produk A, apa saja yang ingin bisa kamu lakukan dengannya? Pastikan ekspektasi konsumen itu terus kamu jaga dengan produk yang kamu tawarkan.

Pain

Pain merupakan kesulitan maupun masalah-masalah negatif yang timbul selama menjalankan tugas yang bersangkutan. Pain inilah yang harus dikurangi, bahkan sebisa mungkin dihilangkan, oleh produk yang nantinya ditawarkan. Nilai produk yang ada harus mampu mengurangi kesulitan dari konsumen guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

Gain

Gain merupakan sikap positif yang ditunjukan konsumen. Hal ini biasanya terlihat dari apa saja yang digemari pelanggan dan apa-apa saja yang membuat mereka merasa puas selama menggunakan produk kita. Poin inilah yang harus bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan, oleh produk yang nantinya ditawarkan sebuah perusahaan. Bagian ini berusaha memetakan apa saja yang menjadi kesukaan konsumen selama berinteraksi dengan produk.

Value Proposition

Kamu perlu ketahui apa saja yang membuat konsumen puas.
Kamu perlu ketahui apa saja yang membuat konsumen puas dan masukkan ke dalam produkmu!

Value propositon merupakan bagian dari VPC yang mengindikasikan desain serta atribut dari produk yang ditawarkan. Desain dan atribut ini sebisa mungkin menjawab segala permasalahan yang ada pada blok customer profile. Semakin banyak masalah dan tuntutan yang diselesaikan menggunakan produk bersangkutan, maka semakin baik pulalah produk yang kita rancang. Berikut ini merupakan tiga bagian dari value proposition.

Product and Service

Product and service merupakan produk dan jasa yang kamu tawarkan untuk bisa mengatasi masalah dan menjawab semua kebutuhan dari konsumen yang kamu miliki. Tidak hanya menyebut soal produk saja, melainkan termasuk pula apa jenisnya, ada berapa banyak, dan lain sebagainya.

Pain Relievers

Pain relievers merupakan bagian yang bertanggungjawab menghilangkan pandangan negatif konsumen terhadap produk. Pada bagian ini, kamu bisa mengisikan solusi-solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen pada bagian pain. Solusi ini akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.

Gain Creators

Gain creators merupakan poin kelebihan yang diunggulkan oleh produkmu, yang nantinya akan bisa meningkatkan bagian gain pada customer profile. Kamu harus bisa menemukan sesuatu yang baru dan unik untuk menjadi nilai jual bagi konsumen dan agar kamu bisa bertahan dalam persaingan dengan kompetitor.

Itu dia pengertian dari value proposition canvas serta keenam bagian yang ada di dalamnya! Model satu ini sangat mudah untuk dirancang dan akan sangat membantu kamu memetakan apa saja kebutuhan konsumen, masalah yang mereka hadapi, serta bagaimana menghubungkan antara kebutuhan konsumen dengan nilai dari produk yang kamu tawarkan. Bagaimana? Tertarik menggunakannya?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top