fbpx

Bagi pelaku bisnis, menjalankan konten marketing adalah salah satu upaya bagaimana memasarkan produk atau jasa dari bisnisnya. Ada banyak jenis konten-konten pemasaran yang diadaptasi untuk meningkatkan kesadaran publik atas produk atau jasa, bahkan meningkatkan jumlah pembelian. Sejatinya, konten marketing sangat penting dalam proses pemasaran, sehingga banyak pelaku bisnis yang menjalankan dan membuat konten-konten secara berkesinambungan dalam proses pemasaran.

Pada dasarnya, konten marketing bisa dimaknai sebagai suatu teknik pemasaran yang terdiri atas pembuatan dan pendistribusian konten-konten yang relevan, penting, dan bermanfaat kepada masyarakat banyak untuk menarik audiens agar menjadi konsumen. Maka, bisa di pahami bahwa konten marketing memiliki peran penting dalam suksesnya sebuah bisnis memperoleh konsumen dan sekaligus mengenalkan produknya kepada masyarakat luas.

Bisa di pahami, bahwa konten dalam marketing harusnya dibuat relevan, penting, serta bermanfaat. Kamu tidak bisa membuat konten terkait resep memasak, padahal bisnis kamu bergerak di dalam bisnis otomotif misal. Hal tersebut tentu tidak memiliki relevansi yang signifikan sehingga cocok bagi target audiens dari bisnis yang sedang di jalankan.

Illustrasi Konten Marketing
Illustrasi Marketing

Selain itu, sebuah konten juga harus memiliki nilai penting. Penting dalam hal ini adalah bagaimana sebuah konten memiliki daya tarik untuk dibaca atau dicermati. Sebuah konten yang dibuat secara asal-asalan, tidak memperhatikan hal-hal teknis, maka audiens juga tidak akan merasa bahwa konten yang kamu buat tidak penting untuk disimak, sehingga konten marketing tidak dilaksanakan secara optimal.

Baca juga: Inspiring ! Pentingnya Value Bisnis dan 4 Cara Meningkatkannya

Selain penting, pastikan bahwa konten yang kamu buat juga memiliki manfaat bagi audiens. Membuat konten tidak serta merta hanya bertujuan untuk memasarkan produk, namun juga memberikan unsur edukasi maupun sisi kebermanfaatan bagi audiens. Jika sebuah konten bermanfaat bagi orang banyak, bisnis yang kamu jalankan juga memiliki citra positif sehingga berdampak positif terhadap proses pemasaran.

Ada beragam bentuk konten-konten dalam marketing yang bisa dilakukan dan dikembangkan pada suatu bisnis. Kamu tinggal memilih mana yang cocok, dan mampu dijalankan secara berkelanjutan, sehingga memberikan hasil yang optimal dalam kegiatan pemasaran. Nah berikut beberapa bentuk konten marketing yang umum dilakukan.

Bentuk Konten Marketing

Blog

Bentuk Konten Marketing
Illustrasi Blog

Yang pertama ada blog. Blog adalah salah satu media yang menjadi bentuk dari konten marketing. Bahkan, blog adalah salah satu bentuk konten dalam marketing yang paling sering dilakukan oleh pelaku bisnis. Blog biasanya dibuat dalam bentuk website perusahaan yang mana memiliki pengaruh langsung dalam meningkatkan traffic pada website perusahaan.

Blog memberikan kamu kesempatan untuk menuangkan ide, serta membuat konten-konten yang relevan serta dibutuhkan oleh target audiens bisnis kamu. Kamu bisa membuat konten artikel di blog dengan memanfaatkan teknik SEO sehingga konten yang kamu buat lebih optimal sebagai media pemasaran. Selain itu, blog juga terbilang media yang cocok sebagai investasi jangka panjang, mengingat peran blog dirasa akan bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan alat lainnya.

Ebook

Bentuk Konten Marketing
Illustrasi Ebook

Ebook juga menjadi salah satu konten marketing yang cukup potensial untuk di jalankan. Belum banyak yang mengetahui bagaimana ebook menjadi salah satu media dalam konten marketing. Terkadang, dalam menjalankan proses pemasaran, kamu memerlukan media yang bisa memuat konten lebih panjang dari pada blog. Di situasi tersebut, ebook menjadi salah satu solusi yang bisa kamu terapkan.

Baca juga: IMPORTANT 3 HAL TENTANG VALUE YANG PERLU KAMU KETAHUI

Kamu juga bisa memanfaatkan ebook dalam hal lainnya. Misal salah satu syarat untuk mengunduh ebook, konsumen harus menyertakan alamat email. Hal itu bisa kamu manfaatkan sebagai media pemasaran lainnya, dan tentunya bisa berdampak baik dalam proses pemasaran produk atau jasa kamu.

Audio Visual

Bentuk Konten Marketing
Illustrasi Audio Visual

Selanjutnya ada konten audio visual. Kamu bisa memanfaatkan banyak platform dalam mendistribusikan konten audio visual, seperti media sosial atau juga website perusahaan. Terkhusus pada website, ketika membuat audio visual, hal tersebut akan membuat audiens lebih lama di website, sehingga akan menjadi hal positif terhadap penilaian Google, sehingga website kamu bisa muncul di halaman depan mesin pencari.

Namun selain itu, konten audio visual juga dibuat harus menarik. Banyak orang lebih suka melihat konten-konten audio visual dari pada membaca teks. Sehingga konten audio visual yang unik dan menarik mampu membuat audiens mengunjungi platform promosi bisnis kamu.

Email

Bentuk Konten Marketing
Illustrasi Email

Email menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif digunakan, bahkan dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan media lain seperti Facebook dan Twitter. Pemanfaatan email sebagai media promosi bisa kamu lakukan dengan mengirimkan email kepada audiens terkait promosi, iklan produk atau jasa kamu, potongan harga, shopping cart, newsletter, hingga penawaran-penawaran lainnya seputar bisnis kamu.

Social Media

Bentuk Konten Marketing
Illustrasi Sosial Media

Dan yang terakhir adalah sosial media. Sebagian dari kalian pasti sudah mengenal bagaimana media sosial menjadi salah satu media promosi yang paling banyak digunakan. Konten-konten yang ditawarkan dalam media sosial juga beragam, mulai dari inforgrafis, audio, audio visual, video pendek dengan tampilan dan penyajian yang berbeda-beda.

Bahkan ada banyak trend yang bisa kamu adaptasi dalam konten-konten di media sosial seperti challenge, meme, atau hal-hal menarik lainnya sehingga bisa menarik engagement dan ketertarikan audiens terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Nah itu dia lima bentuk konten marketing yang patut kamu coba dalam kegiatan pemasaran bisnis kamu. Ada yang pernah kamu coba?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top