fbpx

Iklan produk merupakan bagian dari bauran promosi (promotion mix) dan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) yang diperlukan bagi seorang promotor dalam mengiklankan produknya melalui berbagai jenis iklan yang dapat digunakan, salah satunya ialah iklan animasi.

Secara sederhana iklan didefinisikan sebagai informasi yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada khalayak luas melalui suatu media tertentu seperti desain, isu, atau dari mulut ke mulut. Kotler dan Amstrong memaparkan iklan sebagai segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi nonpribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa.

Ilustrasi animasi dalam iklan produk
Ilustrasi animasi dalam iklan produk.

Membuat animasi sebagai iklan produk merupakan salah satu cara kreatif dibandingkan hanya mempromosikan lewat gambar sebab animasi memiliki keunggulan dengan gambar yang bergerak sehingga memanjakan mata dengan menjual visualnya. Sementara jika dibandingkan dengan iklan video cenderung punya durasi yang agak panjang sehingga diperlukan adanya perhatian lebih khusus oleh masyarakat untuk agar dapat menyelesaikan durasi iklan video hingga akhir.

Pernyataan diatas sejalan dengan beberapa fungsi iklan sebagai berikut.

  • Memberi informasi

Iklan produk membuat konsumen atau audience sadar dan aware akan merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat produk, serta memfasilitasi penciptaan produk yang positif.

  • Membujuk

Iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan. Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori produk.

  • Pengingat

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen. Periklanan yang efektif juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.

  • Menambah nilai

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen. Periklanan yang efektif juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.

  • Menambah penjualan

Peran lain dalam periklanan adalah membantu perwakilan penjualan. Iklan mengawali proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak personal dengan para pelanggan yang prospektif.

Baca Juga: 4 Digital Marketing Strategy yang Helpful untuk Perkembangan Bisnis Kamu

iklan produk
Website di viewst.

Viewst(dot)com merupakan website yang diperuntukkan untuk mendesain berbagai macam jenis output salah satunya adalah iklan produk dengan hasil animasi. Mereka (viewst) memaparkan bahwa merek-merek besar di penjuru dunia selalu mencari ide inovatif untuk kampanye iklan mereka. Viewst sendiri ini lahir dari gagasan pendiri mereka, yaitu Victoria Duben saat di AS setelah satu setengah tahun membangun produk untuk iklan premium – spanduk iklan animasi.

Ide-ide besar ini seringkali membutuhkan animasi yang jauh lebih kompleks. Setelah periode refleksi singkat, mereka menyadari bahwa untuk menghasilkan unit iklan yang lebih canggih, mereka memerlukan akses ke berbagai alat dan platform untuk menyelesaikan masalah tersebut dan memutuskan untuk menggabungkan perangkat lunak standar industri seperti Adobe, Figma, Canva, dan sejenisnya ke dalam satu media. yaitu viewst.

Sejak itu, mereka dapat membuat spanduk dengan berbagai gaya animasi, meningkatkan efisiensi produk mereka hingga 10x lipat, dan membuat beban kerja tim desain yang mereka miliki menjadi lebih mudah untuk dikelola sebab dunia desain sangat membutuhkan media atau alat untuk menyelesaikan semua kesulitan dalam produksi desain.

Sejak saat itu, terbentuklah vieswst untuk membuat desain iklan dan spanduk yang kreatif menjadi mudah dan menyenangkan.

Dengan kamu mengetahui website ini dan mengaplikasikannya, kamu akan punya kesempatan lebih besar dari yang lainnya untuk bisa berinovasi dengan lebih mudah namun dengan hasil yang tidak kalah bagus. Jika promosi berjalan dengan lancar, maka kamu tidak perlu khawatir sebab masyarakat luas akan tertarik akan produk yang kamu punya, paling tidak akan ingat produk kamu dari kekreatifan yang kamu ciptakan. Tertarik mencobanya?

Membuat animasi iklan produk di viewst

  • Buka website viewst.com
  • Sign up/sign in terlebih dahulu
  • Klik start designing
  • Pilih new project
  • Pilih display entah itu desktop atau mobile
  • Pilih template lalu edit template yang sudah kalian pilih mulai dari teks, menambahkan foto, sampai dengan mengganti warna
  • Jika sudah klik download pilih mp4
  • Klik notifikasi lalu download project yang sudah kalian buat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top