fbpx
Video Marketing

Video marketing merupakan salah satu metode pemasaran digital yang banyak digunakan sekerang ini. Video marketing adalah metode memasrakan sesuatu menggunakan konten video. Dengan perkembangan dunia digital yang semakin meluas, membuat konten menjadi salah satu yang paling banyak diminati untuk memasarkan apa saja. Dengan menggunakan cara yang tepat untuk membuat  konten video kalian dapat meningkatkan penjualan kalian. lalu bagaimana cara mengaplikasikannya?

1. Menentukan Target dan Konten

Target Market

Dengan menentukan target pasar yang tepat dan konten yang menarik, barulah kalian menggunakan cara menggunakan video marketing dengan benar

1.1 Cara Menentukan Target Produk

Sebelum membuat konten yang matang, kalian harus menentukan target produk kalian. target yang spesifik bisa memudahkan kalian membuat konten video yang menarik. jika produk yang kalian jual adalah produk bayi, akan kurang pas jika kalian menargetkan untuk anak-anak remaja. Telitilah dalam memilih target pasar kalian.

1.2 Menentukan Konten Video dengan Matang

Jika kalian sudah menentukan taget pasar mana yang akan kalian jangkau, kalian baru bisa memilih konten apa saja yang akan kalian buat. Bisa saja itu konten berbasis tutorial. Jika kalian menjual barang, kalian bisa membuat video bagaimana cara menggunakan barang itu. Atau kalian bisa membuat konten jenis lainnya seperti promosi, testimoni, edukasi, dan lainnya.

2. Merancang Konten Video

Storyboard

Setelah kalian mengtahui target pasar kalian dan konten jenis apa yang akan kalian buat, kalian baru bisa membuat rancangan konten video kalian. dengan membuat rancangan terlebih dahulu, kalian dapat memaksimalkan konten video kalian. orang-orang biasanya membuat storyboard terlebih dahulu sebelum membuat konten videonya. Apa itu storyboard? Storyboard adalah rangkaian sketsa yang akan menjadi alur dari video kalian. Mulai dari awal hingga akhir. Dengan adanya storyboard, akan memudahkan kalian dalam proses produksi sampai proses pengeditan.

Baca Juga : Cara Menarik Minat Konsumen dan Menaikan Traffic

3.Memproduksi Konten Video

Memproduksi Konten Video

Setelah kalian selesai membuat storyboard, kalian bisa melanjutkan ke proses pembuatan video. Dengan mengikuti alur yang sudah kalian buat di storyboard, itu akan memudahkan kalian dalam proses pembuatan video. Jadi kalian tidak bingung dalam merekam alur dari video kalian. setelah kalian selesai dengan proses pembuatan video, kalian harus melewati proses editing, proses editing berguna untuk membuang, mengganti, dan menyatukan sebuah klip, audio track, grafik, dan material lainnya agar sesuai dengan yang kalian inginkan.

4. Memasukan SEO Video

SEO Videos

Dengan memasukan poin-poin penting agar menaikan peringkat video kalian di mesin pencari. Ada banyak poin-poin SEO Video yang harus kalian masukan diantaranya:

4.1 Menentukan platform

Menentukan tempat / platform untuk meng-upload video kalian merupakan salah satu cara agar video kalian bisa dilihat oleh banyak orang. Setiap platform mempunya caranya masing-masing untuk naik ke dalam explore. Jika kalian salah dalam menentukan platform, akan sedikit orang yang menonton video kalian. kalian juga bisa memasukan video yang kalian buat ke dalam iklan berbayar yang ada di Google ataupun Facebook. jika kalian ingin meng-upload konten video kalian ke dalam Youtube, kalian harus menggunakan SEO videos Youtube agar konten kalian direkomendasikan oleh Youtube. Jika kalian ingin meng-upload video kalian ke dalam sosial media, hal yang harus kalian gunakan adalah kemampuan copy writing yang bagus. Karena untuk menulis caption yang menarik pembeli merupakan tugas yang gampang-gampang susah.

4.2 Menentukan Keyword

Dengan menentukan keyword yang tepat, dapat menaikan kemungkinan video kalian ditemukan oleh para calon pembeli kalian. kalian bisa mulai me-research di platform yang kalian gunakan. Dengan menentukan keyword yang tepat, akan memudahkan para calon pembeli kalian menemukan video kalian.

5. Membuat Planning Upload Video Konten

Planning Upload

Dengan membuat planning upload akan memudahkan kalian dalam membuat membuat video konten kalian. buatlah planning serasional mungking. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lama. Kalian harus konsisten dalam membuat video konten pemasaran kalian. buatlah misalkan 4 hari sekali, kalian meng-upload konten kalian. jika kalian memiliki waktu yang lebih, kalian bisa meng-upload konten kalian 2 hari sekali.

Dengan menerapkan video marketing yang menarik, akan membuat para calon pembeli tertarik dengan produk yang kalian jual. Kalian juga bisa menggunakan jasa yang ada di Bootsol jika kalian tidak ingin repot mengikuti cara-cara di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top