fbpx
Ilustrasi mobile security
Ilustrasi mobile security

Kehadiran mobile security, membantu anda menjaga data atau informasi penting, baik pribadi maupun tentang pekerjaan di suatu perusahaan. Simak pembahasan berikut agar anda paham sepenuhnya terkait mobile security.

Saat ini kebutuhan akan akses data dan mobilitasnya semakin meningkat. Terutama bagi perusahaan besar, dimana datanya bersifat sangat rahasia. Pihak dalam perusahaan saja tidak bisa sembarang mengakses apalagi dari pihak luar. Data-data tersebut bisa saja terkait keuangan dan data lain yang dianggap rahasia. Untuk itu sangat penting suatu perusahaan menetapkan sistem keamanan khusus bagi semua data-data penting.

Zaman yang serba digital seperti saat ini, dokumen maupun data penting lainnya milik perusahaan tertentu, tak melulu berbentuk laporan. Apalagi berupa kertas-kertas tebal yang sulit untuk disimpan bahkan disembunyikan. Canggihnya teknologi, memungkinkan bentuk lama berupa tumpukan berkas berubah menjadi folder-folder dokumen penting, sehingga lebih mudah disimpan, disusun, hingga di jaga kerahasiaannya. Hal tersebut membuat kebutuhan akan keamanan data digital sangat dibutuhkan seiring dengan semakin banyaknya data yang menumpuk.

Bertambahnya kebutuhan terkait data mobility dan perangkat kantor (corporate device) menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi keamanan siber. Dimana keamanan siber tersebut harus selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam jangka waktu tertentu sistem keamanan perlu diperbarui dengan versi yang tersedia, agar sistem keamanan semakin terjaga.

Kita ketahui bersama bahwa telepon genggam menjadi barang andala disetiap situasi dan kondisi. Bisa dibilang perangkat dengan sebutan smartphone menjadi sahabat terbaik untuk membantu memudahkan segala kegiatan. Saking pintarnya, perangkat tersebut saat ini tak hanya berfungsi sebagai alat berkomunikasi, tetapi untuk mencari banyak informasi hingga menyimpan data-data penting. Smartphone menjadi perangkat penting bagi mobilitas manusia, terutama terkait data-data yang seharusnya dirahasiakan.

Ragam fungsi pada smartphone membuat kita mau tidak mau semakin meningkat sistem keamanan. Dimana banyak informasi baik pribadi maupun tersebut pekerjaan yang seharusnya menjadi privasi. Terutama bagi para pemilik bisnis masa kini, mobilitas informasi dan ketersediaan perangkat yang memadai menjadi faktor yang sangat penting. Banyak rintangan yang perlu dihadapi, terutama terkait resiko keamanan device yang biasa juga disebut mobile security. Menurut Cybersecurity Report 2020 dari Check Point Software Technologies, penyedia solusi keamanan siber global, hampir 30% dari bisnis menderita akibat serangan siber yang bermula dari ancaman pada perangkat mobile.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Website Color Palette untuk Desain yang Lebih Colorful

Pengertian mobile security

Menurut wikipedia mobile security atau biasa disebut keamanan seluler merupakan perlindungan melalui perangkat mobile dalam hal ini ialah tablet, laptop, terutama smartphone yang dianggap paling banyak digunakan. Perangkat tersebut membutuhkan perlindungan dari berbagai ancaman, terutama dari komputasi nirkabel. Hal seperti ini menjadi sangat penting, agar data atau informasi baik yang bersifat pribadi maupun kepentingan bisnis bisa tersimpan dengan aman.

Seiring dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang memanfaatkan fitur smartphone. Pemanfaatannya kini bukan hanya terkait komunikasi, tetapi juga perancangan informasi, agenda penting, hingga keuangan di kehidupan pribadi ata bisnia anda. Bebasnya penyimpanan data-data penting melalui smartphone menimbulkan ancaman akan pembobolan data tersebut. Dengan teknologi semacam smartphone memang banyak fitur yang memudahkan penyimpanan data penting, tapi perlu juga diperhatikan sistem keamanan yaitu melalui security mobile.

Baca Juga : 5 Tips Email Marketing WOW! Effective untuk Penjualan Bisnis Anda

Tips Mengoptimalkan Mobile security

Terutama bagi seseorang yang memiliki posisi penting di suatu perusahaan. Sudah pasti perangkat yang digunakan sehari-hari menyimpan data-data penting yang tidak boleh diakses sembarang orang. Apalagi saat ini perangkat mobile sudah bisa terhubung dengan jaringan perusahaan. Bobolnya sistem mobile security akan menjadi titik awal hancurnya suatu perusahaan. Untuk itu perlu langkah-langkah tertentu demi mengoptimalkan mobile security. Berikut beberapa tips mengoptimalkan mobile security melalui smartphone maupun perangkat lainnya, yaitu sebagai berikut :

1. Autentikasi pengguna

Ilustrasi autentikasi pengguna
Ilustrasi autentikasi pengguna

Tindakan paling awal demi mengoptimalkan aplikasi mobile security ialah autentikasi pengguna melalui tindakan pengamanan, seperti screen locking dengan password atau autentikasi biometrik penting untuk diterapkan. Langkah seperti ini bisa digunakan sebagai pembatas akses bagi pengguna dan pihak luar. Dengan begitu hanya pengguna atau orang-orang yang dikehendaki pengguna yang bisa mengakses berbagai informasi maupun data di smartphone tersebut.

2. Enkripsi data pada perangkat mobile

Ilustrasi enkripsi data pada perangkat mobile
Ilustrasi enkripsi data pada perangkat mobile

Enkripsi data menjadi solusi terdepan dalam melindungi berbagai informasi atau data-data tertentu melalui mobile security. Perlindungan dapat dilakukan pada informasi atau data dalam perangkat atau yang dikirim ke perangkat lain. Penggunaan decryption key dapat menentukan pihak mana yang benar-benar boleh untuk mengakses setiap informasi atau data yang dikirimkan. Sudah jelas nantinya tidak bisa sembarang orang yang mengakses, seseorang yang tidak berhak maka tidak akan bisa mengakses.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan penggunaan VPN. Penggunaan tersebut dilakukan demi menciptakan koneksi internet yang lebih aman dalam hal mobile security. Dengan menggunakan VPN, maka perangkat terkoneksi dengan server-server tertentu. Hal tersebut yang membuat koneksi menjadi lebih aman. Ketika enkripsi data dilakukan, semua data data berada pada jalur yang benar sehingga terinskripsi dengan aman.

3. Perbarui sistem operasi dan aplikasi

Ilustrasi update sistem operasi dan aplikasi
Ilustrasi update sistem operasi dan aplikasi

Sistem layaknya peralatan perlu pemeliharaan yang tepat. Oleh karena itu sangat penting melakukan pembaruan secara berkala dalam rangka mengoptimalkan mobile security. Sistem operasi pada perangkat, program, dan aplikasi pendukung lainnya yang terpasang di smartphone secara berkala akan menyediakan pembaruan. Sebagai Pemiliki, kita sudah seharusnya memerhatikan hal seperti ini. Update sistem dengan versi terbaru sehingga kinerjanya bisa meningkatkan, selain itu juga bisa lebih menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang terus berjalan.

4. Hindari terkoneksi ke jaringan WiFi publik

Ilustrasi WiFi publik
Ilustrasi WiFi publik

Anda perlu menyadari bahwa menggunakan jaringan WiFi publik bisa mengancam informasi atau data di smartphone yang seharusnya rahasia. Hal tersebut membuat Anda sebagai pemilik perangkat jangan sampai sembarangan menggunakan WiFi apalagi WiFi publik. Kinerja mobile security mungkin saja terancam dengan koneksi yang tidak aman. WiFi publik pada umumnya tidak terlindungi dan mudah diretas dengan serangan Man-in-the-middle sehingga dapat membahayakan data seseorang yang menggunakannya baik terkait data pribadi maupun pekerjaan di suatu perusahaan. Untuk itu, pengguna perangkat mobile disarankan untuk mematikan fungsi “automatic connection”.

5. Unduh aplikasi hanya dari sumber terpercaya

Ilustrasi unduh aplikasi terpercaya
Ilustrasi unduh aplikasi terpercaya

Jangan pernah asal dalam menggunduh suatu aplikasi. Di smartphone android anda bisa mengunduh aplikasi terpercaya melalui PlayStore, sedangkan pada iPhone, anda bis mengunduh aplikasi terpercaya melalui AppStore. Perlu diketahui bahwa, baik mengunduh maupun memasang program dari pihak ketiga dapat menimbulkan risiko tertentu terutama bagi mobile security. Hal tersebut akan mengancam privasi informasi pribadi atau informasi pekerja di suatu perusahaan.

Itu lima cara yang wajib dilakukan demi mengoptimalkan mobile security . Segala jenis keamana perlu dilakukan dengan baik dan benar. Jangan sampai salah paham terhadap sistem keamanan yang pada akhirnya mengancam informasi atau data penting di perangkat anda.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top