fbpx

Kegiatan melakukan multitasking pada smartphone saat ini membuat kita perlu mengetahui cara merawat baterai hp agar lebih awet. Komponen baterai yang tersematkan pada tiap hp merupakan salah satu faktor daya tarik untuk calon konsumen membelinya. Baterai yang besar kapasitasnya secara otomatis akan membuat hp yang kita gunakan dapat bertahan lebih lama dalam melakukan berbagai aktivitas.

Meskipun demikian, masih banyak pengguna smartphone masih belum tahu untuk memaksimalkan merawat baterai hp agar lebih awet ke depannya. Mereka juga banyak yang mengeluhkan bahwa terdapat penurunan performa baterai yang signifikan setelah menggunakannya lebih dari satu tahun. Padahal, jika mereka dapat merawat baterainya dengan baik akan mendapatkan umur baterai yang lebih panjang.

Merawat baterai smartphone juga dapat diartikan merawat smartphone itu secara keseluruhan. Baterai hp yang sehat membuat performa hp tersebut akan semakin maksimal untuk digunakan. Oleh karena itu penting bagi kalian memahami cara merawat baterai hp seperti yang disajikan Bootsol. Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Merawat Baterai Hp

Ilustrasi handphone dan power bank
Ilustrasi handphone dan power bank

Berubahnya tipe hp yang tidak dapat dilepas atau non-removable membuat kita harus dapat merawat baterai hp secara maksimal. Tidak seperti beberapa waktu silam yang memungkinkan kita untuk membeli baterai hp baru jika suatu saat baterai hp yang kita gunakan sudah rusak atau mengalami penurunan performa.

Hal ini lah yang membuat lebih banyak masyarakat untuk mengetahui cara merawat baterai hp mereka agar lebih awet dalam jangka waktu yang lama. Simak beberapa cara merawat baterai hp di bawah ini.

Baca juga: 3 Tips Agar Baterai Smartphone Long-lasting dan Tidak Boros

1. Hindari Suhu yang Panas

Menggunakan smartphone dalam kondisi suhu yang panas secara tidak langsung akan memengaruhi perfoma baterai. Tingginya suhu yang secara terus menerus pada suatu smartphone akan menurunkan kualitas dari baterai smartphone tersebut. Dikutip dari tirto.id, paparan suhu panas yang terkena smartphone akan memperpenduk usia komponen smartphone.

Sebaiknya Anda menggunakan smartphone dalam suhu ruangan atau suhu yang cenderung dingin. Hal ini akan membuat performa baterai tidak cepat panas yang dapat menurunkan kinerjanya. Jika Anda berada di luar ruangan, usahakan terhindar dari paparan langsung sinar matahari terus menerus agar suhu baterai smartphone stabil.

Cara merawat baterai hp yang satu ini memang cukup efektif karena hampir semua smartphone yang mengalami kenaikan suhu panas secara konstan akan mengalami penurunan performa. Penurunan performa ini akan mengakibatkan lag pada hp dan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika Anda menggenggamnya.

2. Hindari Low-Battery

cara merawat baterai hp dengan menghindarkan low battery
Ilustrasi low battery

Low-Battery atau keadaan baterai yang rendah juga merupakan salah satu penyebab baterai menjadi tidak cukup awet. Cara merawat baterai hp dengan menghindarkan keadaan baterai yang rendah akan mampu menjaga kesehatan baterai smartphone Anda lebih awet lagi.

Dilansir dari cnnindonesia, baterai berjenis Li-ion yang banyak beredar saat ini sangat tidak disarankan dalam keadaan kosong. Hal ini lantaran berbeda dengan tipe baterai smartphone yang lebih tua seperti NiCd dan NiMH yang disarankan untuk sering dikosongkan agar keadaan baterai tetap sehat 100 persen.

Cara merawat baterai hp yang satu ini mungkin masih sering disepelekan oleh banyak pengguna smartphone saat ini. Hal ini tercermin dari kebiasaan para pengguna smartphone yang benar-benar menghabiskan kapasitas baterai hp hingga dalam keadaan di bawah 20 persen. Bahkan beberapa pengguna sering kali mulai melakukan charge pada indikator kapasitas di bawah 10 persen.

3. Ubah Kebiasaan “Ngecas”

Ilustrasi pengisian daya
Ilustrasi pengisian daya

Banyak pengguna smartphone mungkin masih banyak yang merasa takut bahwa melakukan cas atau charge dalam waktu yang lama akan menurunkan performa baterai. Namun, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi bagi smartphone kekinian. Hampir semua hp yang beredar saat ini telah dilengkapi fitur memutus daya listrik bila baterai telah dicas penuh 100 persen.

Bahkan ada anggapan cara cas hp yang benar adalah memulai cas pada indikator baterai 40 persen. Pengecasan dilakukan hingga indikator baterai menunjukkan angka 80 persen untuk menjaga umur baterai smartphone tersebut. Cara cas hp yang benar ini lah masih cukup dikesampingkan bagi pengguna smartphone.

Akibatnya, mereka mulai melakukan cas pada hp mereka ketika indikator baterai menunjukkan angka di bawah 20 bahkan 10 persen. Cara merawat baterai hp yang satu ini Anda harus coba dan terapkan. Pastinya kalian tidak ingin performa baterai hp kalian menurun sebelum waktunya, kan?

4. Gunakan Fitur Battery Saver

Fitur battery saver atau penghemat baterai merupakan fitur yang ada pada tiap smartphone untuk menghemat baterai ketika daya baterai sudah cukup minim. Dengan mengaktifkannya, pengguna akan mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama lagi dibandingkan tidak mengaktifkannya sama sekali.

Cara merawat baterai hp yang satu ini memang tidak begitu banyak diperhatikan oleh para pengguna smartphone, namun dampaknya cukup besar. Menurut jalantikus.com, dengan mengaktifkan fitur battery saver, otomatis smartphone akan mengurangi performa CPU hp tersebut agar baterai lebih awet lagi.

Namun perlu diperhatikan bahwa fitur penghemat baterai ini sebaiknya digunakan jika Anda tidak dapat melakukan pengecasan pada hp dalam waktu segera. Jika Anda dapat melakukan pengecasan ketika daya baterai sudah minim, lebih disarankan.

5. Atur Kecerahan Layar Hp

Sebagian dari kalian mungkin sudah menyadari cara merawat baterai hp yang satu ini, yaitu dengan mengatur kecerahan layar hp. Kecerahan yang tinggi pada smartphone akan menguras penggunaan baterai yang lebih besar. Oleh karena itu penting bagi kalian untuk mengaturnya secara manual sesuai dengan tempat kalian menggunakan smartphone tersebut.

Selain untuk keperluan menghemat dan merawat baterai, menurunkan tingkat kecerahan hp juga membantu Anda dalam merawat mata. Tingkat kecerahan hp yang terlalu terang dapat membuat mata kita cepat lelah dan mudah berair. Oleh karena itu, cara merawat baterai hp yang satu ini dapat dimanfaatkan juga untuk kesehatan tubuh.

Keuntungan Merawat Baterai Hp

Menjaga dan merawat baterai hp juga dapat dikatakan merawat kehadiran hp itu sendiri. Meskipun demikian, smartphone yang memiliki baterai yang terawat akan mendapatkan beberapa keuntungan bagi setiap penggunanya. Oleh karena itu berikut beberapa keuntungan merawat baterai hp.

1. Membuat Hp Lebih Awet

Baterai handphone yang terawat akan otomatis dapat memperpanjang umur tidak hanya baterai namun juga handphone itu sendiri. Oleh karena itu penting bagi kita semua pengguna smartphone untuk selalu mempertahikan kesehatan baterai kita. Karena baterai smartphone yang baik akan menurunkan kualitas performa dari smartphone itu sendiri.

Meskipun baterai smartphone saat ini rata-rata telah mencapai 4000-5000mAh, namun rasanya akan terasa boros jika sudah dipakai selama 1 hingga 2 tahun. Padahal, dikutip dari bobo.grid.id, umur rata-rata baterai Li-ion pada smartphone memiliki 500 siklus pengisian daya dari 1 hingga 100 persen.

Hal inilah mengapa penting untuk memberhentikan pengisian daya sebelum 100 persen. Agar baterai yang kita gunakan dapat memiliki umur siklus pengisian daya yang lebih lama.

2. Menjaga Performa Hp

Selain membuat hp lebih awet, keuntungan merawat baterai hp lainnya yaitu dapat menjaga performa hp lebih baik. Apa maksudnya? Mungkin sebagian dari kita mendapati bahwa baterai yang sudah boros akan membuat hp yang digunakan lebih sering mengalami lag.

Hal ini tentu sangat buruk apalagi untuk pengguna yang memerlukan performa prima seperti pemain game dan sebagainya. Keuntungan merawat baterai hp yang satu ini akan sangat berguna mengingat kita seharusnya memang diwajibkan menjaga performa hp selalu dalam keadaan prima.

3. Harga Jual yang Lebih Baik

Meskipun sebagian orang tidak akan pernah ingin menjual smartphone yang dipakainya, namun keuntungan merawat baterai hp yang satu ini akan dirasakan bagi mereka yang berencana untuk menjual kembali hp tersebut. Jika baterai dari smartphone yang ingin kalian jual sudah dalam keadaan yang tidak mumpuni, maka harga jualnya pun kian menurun.

Seperti contohnya smartphone iPhone. Kini banyak yang menjual iPhone jenis apapun dalam kondisi yang cukup beragam. Namun, calon pembeli akan memertahikan selain dari keaslian produk juga memertahikan kesehatan baterai.

Kesehatan baterai yang jauh dari 90 bahkan 85 persen akan mengurangi harga jual yang cukup jauh. Jadi, sebisa mungkin kita harus merawat kesehatan baterai semaksimal mungkin.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai cara merawat baterai hp agar lebih awet. Mulai sekarang kalian disarankan harus lebih sadar betapa pentingnya merawat dan menjaga kesehatan baterai. Semoga artikel ini bermanfaat!

1 thought on “Important 5 Cara Merawat Baterai Hp Agar Lebih Awet”

  1. Pingback: Super Keren! Kelebihan HP yang Ada NFC, Mulai dari Cek Saldo Hingga Terkoneksi ke Mobil Otomatis, 2021 Wajib Tau - Bootsolhp yang ada NFC

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top