fbpx

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Namun, hal tersebut jangan menjadi alasan untuk tidak produktif. Kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari melakukan hobby, makan malam bersama keluarga, bahkan menghasilkan uang. Serius. Jaman sekarang banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari uang dengan cara duduk manis di dalam rumah. Salah satunya adalah affiliate marketing.

Affiliate marketing programs menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang secara online yang paling populer saat ini. Hal ini tidak mengherankan karena pekerjaanya yang terbilang cukup praktis, tidak memerlukan biaya yang banyak (hanya kuota internet), dan penghasilan yang didapatkan tidak main-main. Jika istilah ini masih asing ditelinga kalian, yuk langsung cari tahu.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Dilansir dari Jurnal Entrepreneur, Affiliate Marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual barang atau jasa seorang merchant kepada konsumen secara online. Sederhananya, kamu menjual produk orang lain lewat media sosial, dan ketika produk tersebut terjual, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan atau ketentuan yang berlaku.

Posisi kamu disini adalah sebagai orang yang tidak memiliki jasa ataupun produk, sehingga kamu bisa membantu perusahaan orang lain atau jasa seorang merchant untuk dipromosikan di sosial media. Kamu bisa mendapatkan komisi jika tautan yang ditempelkan dalam konten yang kamu buat menarik perhatian banyak orang hingga mereka menekan meng-klik tautan tersebut. Konten yang dibuat bisa berupa blog, platform media sosial, podcast, ataupun website.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Ilustrasi Cara Kerja Affiliate Marketing di blibli.com

Merujuk pada penjelasan diatas, kegiatan ini memerlukan satu hal yang cukup krusial yaitu konten. Ya, kamu memerlukan konten untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan mereka. Secara singkat, cara kerja affiliate marketing adalah sebagai berikut:

  1. Tunjukkan iklan atau tempelkan tautan produk perusahaan dalam website, blog, atau social network yang kamu miliki
  2. Katakanlah, seorang customer mengklik tautan uniknya
  3. Customer kemudian melakukan pembayaran kepada perusahaan tersebut
  4. Jaringan affiliate (affiliate network) akan nge-record atau merekam transaksi ini
  5. Pembayaran akhirnya dikonfirmasi oleh perusahaan
  6. Kamupun mendapatkan komisi

Baca Juga: Awesome Yuk Baca Juga 5 Tips Melakukan Social Media Marketing

Cara kerja ini sering dilakukan oleh beberapa perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkinan cara kerjanya akan berbeda di perusahaan lainnya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan kegiatan kerjasama ini, pastikan kamu membaca syarat dan ketentuannya dulu.

Begitupun dengan tarif pembayaran yang sangat tergantung pada perusahaan dan penawaran yang dilakukan. Biasanya sih, tarif paling rendah adalah 5% dari hasil penjualan. Tapi kamu juga bisa mendapatkan 50% dari hasil penjualan jika mempromosikan suatu acara atau kelas. Ada juga perusahaan yang menentukan tarif tetap dari setiap penjualan, tidak dengan menggunakan sistem presentase.

Bagaimana Cara Memulainya?

Membangun audience/customer adalah satu cara sukses di affiliation marketing

Apa kamu langsung tertarik untuk melakukan kerjasama mutulisme ini? Bagus. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara memulainya.

Pertama, pilih platform dan metode yang kamu inginkan.  Langkah pertama ini dilakukan untuk mengumpulkan dan membangun customer. Setiap affiliate marketer biasanya memiliki platform yang berbeda-beda, tergantung pada pendekatan yang dilakukan. Platform yang dipilih sebaiknya adalah platform yang sering digunakan dan kamu kuasai. Ada banyak ide pemasaran yang bisa dilakukan berdasarkan konten yang kamu buat, misalnya:

  • Ulasan Produk: membandingkan produk perusahaan dengan perusahaan saingannya. Buatlah secara teratur untuk membangun audiens atau customer.
  • Digital Content: Content creator seperti blogger, YouTuber, atau influencer bisa membuat konten yang di dalamnya terdapat tautan produk. Mereka membuat konten yang khusus dibuat untuk membangun customernya. Tujuannya sudah jelas, untuk memperkenalkan produk yang diminati oleh customer.
  • Membuat Acara atau Kursus: Jika kamu seorang pendidik atau event organizer, kamu bisa mengintegrasikan acara kamu dengan kemitraan afiliasinya.

Langkah kedua adalah menemukan produk. Tentu saja kamu membutuhkan produk untuk dipromosikan di dalam konten yang telah dibuat. Item atau layanan/jasa yang kalian pajang haruslah sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan. Jika kamu penasaran perusahaan apa yang menyediakan produk untuk di afiliasi, jangan khawatir. Kamu bisa cek beberapa affiliate marketplace berikut:

TIPS AFFILIATE MARKETER PEMULA

Maksimalkan media sosial untuk affiliate marketing
  • Jika kamu merasa informasi ini masih kurang, lakukanlah riset yang lebih mendalam mengenai affiliate marketing ini. Semakin banyak yang kamu tahu, semakin bagus.
  • Cari tahu produk yang akan kamu bahas
  • Buatlah ulasan yang personal dan menarik
  • Buatlah konten yang valuable, kamu harus mengetahui unique selling point untuk pembaca
  • Perhatikan SEO dengan cara riset keyword, misalnya di Google Keyword Planner
  • Bagikan konten ke semua platform yang kamu miliki

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: Spoiler Alert! 5 Aplikasi yang Dapat Menghasilkan Uang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top