fbpx

Mengembangkan skill digital marketing merupakan salah satu tanda dari bergeraknya dunia ke arah digital. Perusahaan-perusahan mulai gencar melakukan aktivitas pemasaran melalui pemanfaatan digital guna meningkatkan penjualan mereka. Dalam hal ini, skill digital marketing diperlukan sebagai seorang digital marketer.

Jika kamu tau CPC, CPA, CPV, dan terms lainnya, sebenarnya terms ini merupakan sebuah aspek yang sangat krusial dan perlu kamu tau dalam beriklan untuk menentukan campaign. Misalnya, istilah CPC punya kepanjangan cost per click, dimana kamu hanya bayar iklan jika iklan kamu di click audiens. Sebaliknya, jika tidak di klik berarti tidak dibayar.

Ilustrasi mengembangkan skill digital marketing.
Ilustrasi mengembangkan skill digital marketing.

Setidaknya, kamu harus tau arti dan bagaimana cara mempraktekan terms tersebut untuk mendalami iklan. Kamu harus tau bagimana cara menentukan iklan apa dan budget berapa yang harus di set.

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan fatal dengan mengira-ngira yang terbaik menurut kamu tapi  bukan menurut data yang ada. Campaign yang dapat meng-generate sales harus tau untuk siapa iklan itu disampaikan, bagimana cara membungkus campaign dengan menyentuh sisi emosi audience dengan story telling, dan lainnya.

Jika kesalahan terjadi akibat human error, akan sangat disayangkan sudah mengeluarkan budget untuk iklan tapi ujung-ujungnya malah boncos alias rugi. Dikutip dari Chataja, berikut 6 skill yang diperlukan dalam digital marketing.

Mengembangkan Skill Digital Marketing

  • Memahami prinsip SEO
Ilustrasi mengembangkan skill digital marketing.
SEO dalam mengembangkan skill digital marketing.

Salah satu keterampilan dalam mengembangkan skill digital marketing adalah mengetahui prinsip-prinsip dasar optimasi mesin pencari (SEO). Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimalkan posisi website kita di mesin pencari. Sebagai pemula kita perlu mengetahui bagaimana kata kunci dan kata kerja dapat membantu meningkatkan situs web kamu.

Oleh sebab itu, kamu perlu mencari kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi. Ada banyak situs web yang dapat kamu gunakan untuk mencari kata kunci, seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, dan KWFinder by Mangools. Dengan pengetahuan teoretis dan pengalaman SEO ini, kamu dapat memulai karir pemasaran digital sebagai spesialis SEO.

  • Kemampuan Menulis

Semakin tinggi kualitas konten dan semakin menarik metode penyajiannya, semakin banyak pula pembaca yang tertarik mencari topik tersebut. Kemampuan menulis ini tidak hanya terjadi begitu saja, ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan menulis guna mengembangkan skill digital marketing, seperti membuat blog pribadi dan menulis cerita dari ide yang kamu miliki melalui artikel di media. Jika kamu unggul dalam bidang ini, kamu dapat memulai karir sebagai penulis konten atau content writer.

  • Analisa Data dengan Google Analytics

Salah satu keterampilan yang tidak dapat dipisahkan dalam mengembangkan skill digital marketing adalah kemampuan menganalisis data. Keterampilan ini penting bagi mengingat banyaknya data yang tersedia saat kamu bekerja sebagai pemasar digital. Alat yang paling banyak digunakan dalam pemasaran digital adalah Google Analytics.

Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas situs web. Kamu dapat menggunakan Google Analytics untuk mendapatkan data tentang durasi sesi, jumlah halaman per sesi, rasio pentalan, dan lainnya. Dari data yang diberikan, kamu juga dapat mengetahui perilaku dan kebiasaan pengunjung website guna menentukan strategi peningkatan konversi di website kamu.

  • Menguasai Media Sosial

Dalam pemasaran digital, website bukan satu-satunya media yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kegiatan promosi melalui media sosial (Medsos) juga penting bagi pelaku digital marketing dalam kaitannya menggembangkan skill digital marketing. Media sosial digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan produk yang dijual dan untuk menarik calon pembeli.

Kamu dapat menawarkan produk kepada audience menggunakan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Selain itu, platform ini menawarkan fungsionalitas dalam bentuk akun bisnis dengan banyak manfaat yang tidak ditemukan di akun biasa. Kamu juga dapat mengatur target agar sesuai dengan produk yang menawarkan profil pengguna media sosial.

Baca Juga: 4 Digital Marketing Strategy yang Helpful untuk Perkembangan Bisnis Kamu

  • Cepat Belajar

Perkembangan dan dinamika pemasaran digital berlangsung sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan dan perubahan berbagai alat, platform, dan media yang digunakan dalam kegiatan pemasaran digital. Berbagai alat dan platform juga berkembang dari hari ke hari. Oleh karena itu, pemasar digital perlu belajar dengan cepat dalam mengembangkan skill digital marketing. Adaptasi diperlukan untuk dapat mengenali perubahan perilaku konsumen serta perubahan alat dan platform. Kamu juga perlu terus membangun keterampilan untuk meningkatkan kualitas kamu sebagai digital marketer terpercaya.

  • Pendengar yang Baik

Bagi seorang digital marketer yang meniti karir di dunia digital marketing, kemampuan menjadi pendengar yang baik sangatlah penting. Kemampuan untuk menggali kebutuhan konsumen semakin ditingkatkan dengan tidak hanya mengetahui informasi tentang perilaku pengunjung situs web, tetapi juga dengan mengetahui survei sederhana yang dapat dilakukan di situs web dan keluhan yang dapat diberikan melalui email.

Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu dapat meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan oleh konsumen, mendiversifikasi produk, dan memperluas pilihan kamu untuk profil konsumen yang lebih luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top