fbpx
Media Sosial
Ilustrasi kecanduan media sosial

Saat ini media sosial menjadi suatu hal yang tidak asing lagi bagi kaum manapun, bahkan kelas usia berapapun. Seringkali kita lihat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia terbiasa menggunakannya. Rasanya menggunakan teknologi jenis ini memang sudah menjadi rutinitas umum di jaman yang serba canggih ini.

Media sosial memberikan banyak sekali keuntungan. Dengan menggunakan media sosial, saat ini kita bisa berinteraksi dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun tanpa mengenal jarak. Jangkauan semakin luas bahkan terkesan tak terbatas. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna teknologi ini, muncul istilah “Media sosial dapat mendekatkan yang jauh dan dapat menjauhkan yang dekat”. Istilah tersebut menunjukkan media sosial ibarat pisau bermata dua. Memang perlu diakui hal tersebut memberikan beragam manfaat bahkan dari berbagai bidang. Jangan salah, hal tersebut juga memberikan banyak dampak negatif jika terlena dalam penggunaanya.

Menggunakan media sosial terlalu lama memang terkesan asik dan menyenangkan. Namun lama kelamaan tenggelam dalam dunia maya tersebut tidaklah baik untuk kondisi tubuh. Mudahkan mengakses internet membuat semakin mudahnya berselancar di internet. Waktu penggunaan tidak ada yang mengatur dan membatasi, hingga akhirnya terlena dan lupa akan lingkungan sekitar. Pada akhirnya banyak penggunanya yang mengalami kecanduan. Mengutip dari wikipedia Salah satu dampak dari keberadaannya ialah timbulnya ketergantungan pada masyarakat terhadap teknologi tersebut.

Kecanduan Media Sosial

Kecanduan media sosial ditandai dengan keadaan seseorang yang bergantung pada aktivitas di timeline, tidak bisa lepas dari akun, dan penggunaanya sudah diatas waktu wajar masyarakat pada umumnya. Bagaimana cara mengetahui ketika penggunaan media sosial sudah diatas batas wajar? Mudah saja, ketika aktivitas prioritas anda sudah terganggu bahkan terbengkalai akibat terlalu sering menggunakannya, bisa dipastikan anda mulai kecanduan.

Perlu diingat bahwa kecanduan tidak hanya berhubungan dengan makanan atau minuman saja. Pengguna media sosial diatas batas wajar pun disebut kecanduan. Hal tersebut tentu saja perlu diwaspadai. Faktanya, pengaruh dari kecanduan media sosial sangatlah berbahaya, bahkan bisa memicu berbagai masalah serius. Pengaruh tersebut bisa menimbulkan gangguan kecemasan, tidak percaya diri, depresi, dan gangguan kesehatan lainnya.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Langkah tepat untuk mencegah maupun mengatasi kecanduan media sosial

Kemudian bagaimana cara mencegah terjadinya kecanduan media sosial? Balik lagi kepada diri sendiri, ketahui dan pahami fungsi awal menggunakan teknologi tersebut. Perlu adanya kesadaran diri sendiri untuk memprioritaskan apa yang seharusnya diprioritaskan. Adapun langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi , yaitu sebagai berikut :

1. Fokus pada Lingkungan sekitar

Media Sosial
Simpan sejenak dan lebih fokus pada lingkungan sekitar

Cara pertama untuk mencegah kecanduan media sosial yaitu fokus pada lingkungan sekitar. Mencoba untuk lebih memperhatikan orang-orang di sekililing anda. Lebih peka bahwa kehidupan di dunia nyata jauh lebih penting daripada berinteraksi melalui dunia maya. Contohnya kecilnya yaitu habiskan waktu luang untuk berkumpul bersama teman, bercengkrama bersama keluarga, dan berinteraksi dengan orang-orang secara langsung. Sadari bahwa kehadiran seseorang jauh lebih berharga dibandingkan dengan teks, video, maupun foto. Coba lebih banyak untuk mengobrol bersama orang lain tanpa harus terus menerus memegang smartphone.

Hargailah waktu sebagai sesuatu yang sangat berharga untuk berinteraksi bersama orang-orang tersayang. Rasakan betapa menyenangkan berinteraksi secara langsung, saling berbagi cerita, berbagi hal-hal menarik dengan orang sekitar. Perlu diingat bahwa kehadiran seseorang jauh lebih berharga dibandingkan postingan di Instagram.

2. Matikan Notifikasi Media Sosial Ketika Mengerjakan Hal Penting

Media Sosial
Matikan notifikasi sosial media agar lebih nyaman mengerjakan sesuatu

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mencegah atau mencegah kecanduan media sosial ialah mematikan notifikasi. Ketika mengerjakan sesuatu cobalah untuk fokus menyelesaikannya. Pada umumnya munculnya bunyi notifikasi media sosial memunculkan rasa penasaran sehingga mengganggu aktivitas. Walaupun mencoba untuk tidak memperdulikan notifikasi tersebut, tetapi lama kelamaan akan menimbulkan rasa “geregetan” ingin memeriksa. Padahal belum tentu hal tersebut menunjukkan hal yang penting.

Saat mengerjakan sesuatu kemudian mencoba merespon notifikasi tersebut, bukan tak mungkin bahkan akan keasyikan melihat sampai lupa mengerjakan hal yang seharusnya. Oleh karena itu, sangat penting mematikan notifikasi pada kondisi tertentu agar fokus tetap terjaga dan pekerjaan berjalan dengan lancar.

3. Hapus akun yang tak digunakan

Media Sosial
Hapus akun media sosial jika dirasa jarang atau bahkan sama sekali tidak digunakan

Hadirnya berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, dan lain-lain, membuat banyak orang untuk tertarik menggunakan sebanyak-banyaknya. Apalagi jika ada yang sedang mungkin, orang berlomba-lomba membuat akun agar tidak terkesan ketinggalan zaman. Tidak ada yang salah jika digunakan di dengan wajar, tetapi ketika memiliki banyak akun dan tak terpakai akan sia-sia. Hal tersebut bisa membuat memori internal handphone anda penuh dengan hal-hal yang belum tentu berguna. Akan lebih baik gunakan yang benar-benar bermanfaat.

Menghapus akun yang tak digunakan akan menjadi cara yang tepat untuk terhindar bahkan mengatasi kecanduan. Anda bisa tetap menggunakan jenis tertentu yang dianggap benar-benar berguna dan paling sering digunakan, tanpa harus memiliki semuanya.

4. Utamakan komunikasi secara langsung.

Media Sosial
Komunikasi langsung jauh lebih penting

Adanya teknologi memang memungkin untuk berkomunikasi dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Tak harus khawatir akan jarak, anda bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan media sosial melalui fitur massage, voicecall, dan videocall. Tidak ada yang salah dengan memanfaatkan teknologi yang ada, hanya saja pemanfaatannya perlu diperhatikan.

Ketahui dan pahami dengan jelas jenis komunikasi seperti apa yang harus dilakukan melalui teknologi. Jika keadaan memang memungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung maka akan lebih baik dilakukan dengan bertemu. Hal tersebut tentunya akan mengurangi kemungkinan untuk miskomunikasi karena proses komunikasi bisa dilakukan lebih lancar dan lebih jelas.

5. Setting media sosial dengan tepat

Media Sosial
Memfilter apa yang dilihat di media sosial

Media sosial memang membebaskan seseorang untuk melihat atau memperhatikan unggahan siapapun. Namun kadang kala kebebasan inilah yang menciptakan boomerang untuk diri sendiri. Anda harus bisa lebih pandai untuk memfilter apa yang baik untuk dilihat dan apa yang tidak, mana yang berpengaruhnya buruk mana yang tidak. Hal-hal tersebut memang terkesan sepele namun kadang kala masih sulit untuk diterapkan. Padahal dengan begitu akan kesehatan mental anda akan lebih stabil dan bisa terhindar atau mengatasi kecanduan.

6. Cari Kegiatan Lain

Media Sosial
Berlibur bisa menjadi kegiatan untuk menghilangkan kecanduan media sosial

Tahukah anda di dunia ini banyak yang lebih asik dan menarik untuk dilakukan daripada hanya terpaku dengan smartphone? Ya, tentu saja banyak. Anda bisa lebih banyak eksplor tentang kegiatan positif apa saja yang bisa dilakukan di waktu luang, terutama dalam rangka menghilangkan penat.

Setiap orang pasti memiliki kegemaran, entah itu membaca, menulis, menonton film, dan yang lainnya. Coba untuk lebih banyak mewujudkan kegemaran tersebut. Membuat tubuh lebih aktif dengan hal-hal yang jauh lebih berguna untuk perkembangan skill daripada hanya berdiam diri dengan handphone. Jika memang tidak ingin sendiri, jangan lupa untuk mengajak orang-orang tersayang seperti teman, sahabat, keluarga, atau pacar untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai. Bisa juga berkegiatan lain yang bisa membuat pikiran lebih jernih dan relax, contohnya saja berwisata. Sehingga kamu tidak lagi hanya berselancar di dunia Maya seharian.

7. Gunakan Secara Bijak

Media Sosial
Lebih bijak menggunakan media sosial

Hal yang penting dan harus selalu diingat ialah gunakan media sosial dengan bijak. Jangan sampai dengan membuat akun tertentu akan membuat anda tertekan setiap melihat timeline. Gunakan seperlunya dan seefektif mungkin. Ketahui batasan pemakaiannya, jika perlu jadwalkan sebagai pengingat. Jangan sampai bergantung pada media sosial. Selalu ingat untuk bijak terhadap diri sendiri, jangan sampai teknologi menyakiti.

Itulah tujuh hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi kecanduan media sosial. Jangan sampai kemajuan teknologi malah mengganggu produktivitas anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top