fbpx

Anda ingin membuat konten video untuk bisnis Anda? Atau Anda ingin membuat kanal Youtube agar dapat menarik lebih banyak customer dan engagement? Atau Anda sering kehabisan ide mengenai konten-konten apa saja yang menarik sekaligus bermanfaat untuk viewers dan subscribers Anda? Jangan khawatir, artikel ini akan menghadirkan beberapa ide menarik yang dapat Anda coba untuk kanal Youtube bisnis Anda.

5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda
Ide Konten Youtube yang Menarik dan Bermanfaat

Membuat konten Youtube yang menarik sekaligus bermanfaat memang cukup sulit dan menjadi tantangan bagi para content creator. Jangankan untuk Youtuber pemula, Youtuber yang profesional saja masih sering kehabisan ide dalam membuat konten yang menarik untuk para subscriber-nya. Terlebih lagi untuk akun bisnis, konten yang Anda buat harus relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, konten tersebut haruslah penting agar viewers menontonnya sampai selesai.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat konten Youtube untuk keperluan bisnis. Hal-hal tersebut adalah hal-hal yang berkaitan dengan strategi marketing bisnis Anda. Singkatnya, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan memperhatikan marketing persona seperti karakteristik target customer, apa yang ingin Anda sampaikan, dimana dan kapan Anda akan mempublikasikan konten Anda, dll. Hal seperti ini harus ditentukan sebelumnya dengan mengandalkan riset dan perencanaan yang matang. Setelah itu, Anda dapat melihat referensi dari konten serupa yang ingin Anda buat. Namun jangan lupa untuk melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) agar terhindar dari plagiarisme.

Meski cukup kompleks jangan patah semangat dulu karena di artikel kali ini, Bootsol akan menghadirkan ide konten Youtube yang super menarik tapi juga bermanfaat untuk keperluan bisnis Anda. Informasi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Trend Aplikasi Clubhouse: Apakah akan Menjadi The Next Hot Social Media di 2021?

Ide Konten Youtube untuk Bisnis yang Dapat Anda Coba

1. Konten Edukasi

Tahu kah Anda jika kata kunci “How to” atau ” Cara untuk” adalah kata kunci yang paling populer di Youtube? Maka dari itu, konten edukasi berupa tutorial, tips, atau informasi lainnya dapat menjadi salah satu ide konten Youtube yang tepat untuk Anda. Dengan menyesuaikan produk atau layanan yang Anda tawarkan, konten informatif yang seperti ini akan dapat mendatangkan manfaat untuk jangka waktu yang cukup lama.

5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda
Source: Youtube

Konten-konten edukasi dapat Anda temukan seperti di kanal Youtube milik Ruangguru. Ruangguru membuat konten yang relevan dengan layanan yang mereka tawarkan yakni bimbingan belajar online. Mereka membuat konten-konten seputar pelajaran, tips dan trik dalam mengerjakan ujian PTN, dll.

2. Ulasan Produk

Ide konten youtube selanjutnya adalah konten yang berhubungan langsung dengan produk atau layanan Anda, yakni ulasan atau yang biasa disebut juga dengan review. Ide konten ini muncul karena meski sudah terdapat deskripsi produk/layanan, calon customer yang bijak ingin mengetahui apakah produk/layanan yang ditawarkan tersebut adalah sesuatu yang cocok untuk mereka. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk membangun kepercayaan customer.. Yang menarik, data mengungkapkan bahwa 41% orang akan mencari review produk/layanan melalui Youtube, sehingga terdapat potensi yang cukup besar bahwa ide konten Youtube ini akan mendatangkan banyak viewer.

Untuk membuat konten ini, Anda perlu mendapatkan ulasan dari customer yang telah membeli sekaligus memakai/mengkonsumsi produk Anda. Hal ini sangat penting karena customer mengharapkan ulasan yang jujur dan asli. Jika Anda memiliki budget atau koneksi yang memadai, Anda dapat berkolaborasi dengan content kreator lain untuk mengulas produk/layanan Anda. Selain itu, Anda dapat mengemas konten ulasan menjadi bentuk storytelling yang menarik.

5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda
Source: Youtube

Contoh ide konten Youtube yang menghadirkan konten ulasan produk adalah The Body Shop Indonesia. Brand skincare ini telah mempublish konten review serta membuat kolaborasi dengan Beauty Influencer terkenal seperti Tasya Farasya dan Ia Ankayama.

3. Kampanye Sosial

Jika brand Anda memiliki pesan yang ingin disampaikan atau kampanye sosial yang dapat memberi pengaruh positif bagi viewers, Anda dapat membuat konten berupa kampanye sosial. Kampanye ini tentunya harus disesuaikan dengan target customer serta strategi bisnis yang Anda miliki. Ide konten Youtube seperti ini dapat Anda lihat di kanal Youtube The Body Shop dan Unilever.

5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda
Source: Youtube

Lewat kanal Youtubenya, The Body Shop mengampanyekan anti kekerasan seksual pada perempuan serta mengajak viewernya untuk ikut berkontribusi dalam mengesahkan RUU PKS. Selain itu, sesuai dengan strategi bisnis dari brand tersebut yang ingin menghadirkan produk ramah lingkungan, The Body Shop juga mengajak viewers-nya untuk menggunakan produk animal cruelty free seperti The Body Shop. Sedangkan, Unilever mengajak para viewernya untuk ikut berkontribusi dalam merawat lingkungan dengan menerapkan sutainable living. Melaui kanal Youtubenya, Unilever gencar dalam memberikan awareness kepada masyarakat luas mengenai permasalahan lingkungan, data survei dan penelitian terbaru, serta tips sehari-hari dalam menerapkan gaya hidup sustanable living.

4. Entertainment

5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda
Source: Vat19

Saat diawal kemunculannya, konten Youtube didominasi oleh konten hiburan. Nah, tidak ada salahnya jika kita memadukan konten yang sifatnya promosi dengan hiburan. Anda dapat membuat drama, parodi singkat, hingga opera sabun kecil-kecilan untuk menghibur viewers sekaligus mempromosikan produk/layanan Anda. Sebagai referensi, Anda dapat melihat kanal Youtube Vat19, sebuah perusahaan mainan, permen, dan produk unik lainnya. Dalam kanal yang telah meraih 7 juta subscribers ini, mereka menghadirkan konten review, eksperimen, dan role play singkat yang dikemas dengan humor.

5. Meet the Person

Ide konten Youtube yang tak kalah menarik dan bermanfaat bagi viewers adalah konten wawancara atau istilah kerennya, Meet the Person. Anda dapat mewawancarai founder sebuah brand, expert, atau public figure lainnya. Dalam hal ini, konten meet the staff dapat menjadi konten yang menarik dan tepat untuk sebuah kanal Youtube perusahaan atau brand. Namun, Anda juga dapat mewawancarai seorang expert dalam bidang tertentu yang tentunya relevan terhadap produk/layanan Anda. Selain itu, jika Anda ingin menginspirasi viewers Anda, Anda dapat mengundang seorang tokoh inspirasional untuk dapat membagikan kisah inspiratifnya.

5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda
Source: Whats Up Moms

Konten seperti ini dapat Anda lihat di kanal Youtube WhatsUpMoms yang kini telah memiliki 3 juta subscribers. Mereka memberikan para viewers tur virtual dari studio mereka dan memperkenalkan para staff dibalik konten-konten menarik mereka.

Nah itu lah 5+ ide konten Youtube yang menarik dan bermanfaat yang dapat Anda coba untuk kanal Youtube bisnis Anda. Apakah ada ide konten yang menarik bagi Anda? Silahkan tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top