fbpx

Selama ini kita sering mendengar istilah branding. Dia adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis, apalagi di era globalisasi seperti sekarang. Globalisasi memungkinkan hilangnya batasan persaingan antar perusahaan sehingga persaingan tersebut cenderung akan semakin ketat. Dalam persaingan ini, tentunya kamu ingin menjadi pemenangnya bukan? Tenang, kamu bisa mendapatkan kesempatan itu dengan memaksimalkan brand atau merek yang dimiliki. Sebuah merek yang kuat dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya. Hal ini menyebabkan konsumen kamu tidak akan berpaling walaupun terdapat banyak perusahaan lain yang berdiri. Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai desain merek, ada baiknya kamu mengenal dulu apa itu branding.

Asal Usul Kata Branding dan Pengertiannya

Foto dari Unsplash

Branding berasal dari kata brand. Kata ini pertama kali digunakan oleh penduduk Inggris pada abad ke-19. Pada saat itu, penduduk sekitar menandai hewan ternak dengan besi panas dengan cara menempelkan besi panas itu pada bagian tubuh tertentu. Hal ini juga terjadi pada para budak disana. Saat itu, mereka menyebutrnya dengan istilah burn.

Kemudian, kegiatan ini menjadi populer hingga terdengar ke negara Jerman. Orang orang Jerman melakukan hal yang sama untuk menandai sesuatu dengan cap besi panas. Pada saat itu, istilah yang muncul adalah kata brennen.

Dari sejarah asal katanya, kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa sebenarnya mencoba untuk membedakan sesuatu dengan yang lainnya. Ia berusaha untuk menciptakan sebuah identitas yang bisa dikenali oleh orang lain. Ini adalah konsep dasarnya: produk kamu harus dikenal oleh masyarakat.

Dilansir dari jurnal entrepreneur, branding adalah sebuah kegiatan komunikasi, mempekuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya.

Menurut Kotler (2009), mendefiniskannya sebagai istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing. Adapun menurut Landa (2006), pengertiannya bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut, itu termasuk ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing Yang Powerful Buat Bisnis Kamu!

Apa Itu Brand Design?

Foto dari Unsplash

Branding design atau desain merek dapat dijelaskan tentang bagaimana sebuah merek, secara visual, dapat mewakili identitas produk atau merek yang kamu miliki kepada publik. Sederhananya, ketika masyarakat luas melihat sesuatu yang berhubungan dengan produk kamu, maka mereka langsung teringat dengan merek yang kamu miliki. Oleh sebab itu, ketika membicarakan hal ini, biasanya akan mengacu pada elemen penting dalam sebuah merek seperti logo. Tidak hanya itu, beberapa hal lainnya seperti skema warna, tipografi (menyesuaikan teks yang ada dalam desain sehingga dapat membantu dalam membuat konten yang sesuai dengan tujuan yang ingin diwujudkan), dan komponen desain lainnya yang membuat merek lebih menonjol dari pesaing lainnya. Hal ini akan menyebabkan merek kamu dapat dikenali oleh konsumen.

Selain elemen utama yang telah disebutkan diatas, desain merek juga lebih luas maknanya jika mengacu pada bagaimana merek memilih untuk mengekpresikan / memperlihatkan diri, baik secara fisik maupun digital seperti di media sosial, toko, atau bahkan desain interior ruang kantor perusahaan. Desain merek menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk bisa memastikan supaya merek mereka secara konsisten dapat diingat di benak para konsumen. Hal ini juga berpengaruh pada image atau citra perusahaan yang bisa menjadi lebih kuat.

Apa Manfaat Brand Design?

Foto dari Unsplash

Pernahkah kamu membeli sebuah produk, katakanlah sebuah laptop, dengan brand yang sama tetapi laptop satu berwarna putih polos, sedangkan laptop yang kedua adalah laptop yang sama tetapi dengan logo merek tersebut. Ternyata harga kedua laptop tersebut bisa jauh berbeda, mengapa? Branding jawabannya!

Secara tidak sadar, merek adalah suatu hal yang sangat penting bagi pembeli karena ia memberikan nilai lebih bagi konsumen walupun value dari barang tersebut sama, mereka tetap akan membayar lebih untuk brand. Bisnis kamu dapat menghasilkan sepuluh kali lipat keuntungan dari barang yang memiliki logo atau brand dibandingkan dengan yang tidak.

Nah itu adalah salah satu manfaat dari branding design. Maka penting sekali untuk membuat branding design yang baik. Alasan utamanya jelas, supaya merek atau produk kita dapat dikenali oleh masyarakat. Dengan ruang digital yang sekarang lebih ramai dari sebelumnya, pasti berimbas pada produk yang semakin mirip antara satu pesaing dengan lainnya. Branding desain dapat menjadi pembeda utama dalam membantu menunjukkan eksistensi dan beresonansi dengan target pasar.

Idealnya, desain tersebut harus mewakili identitas merek, nilai-nilainya dan dapat menjadi alat yang ampuh dalam membentuk sikap konsumen terhadap produk. Terkadang, logo yang mudah diingat atau perpaduan warna yang menarik dapat meninggalkan kesan yang bertahan lebih lama pada konsumen. Ketika mendengar kata Apple, Microsoft atau Huawei, kita bisa langsung teringat dengan logo dan produknya dan branding memang seharusnya bisa membuat kita seperti itu.

Baca Juga: 5 Contoh Guerilla Marketing Yang Super Creative!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top