fbpx

Masih banyak orang yang salah antara perbedaan internet marketing dan digital marketing. Dengan pengguna internet yang semakin banyak di Indonesia. Semakin banyak pula yang mempromosikan produk, jasa, hingga perusahaan. Tetapi masih banyak orang awam yang belum bisa mengetahui perbedaan internet marketing dan digital marketing. kali ini saya akan memberitahu apa saja perbedaan internet marketing dan digital marketing.

internet marketing dan digital marketing

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah tindakan mempromosikan suatu barang atau jasa menggunakan internet sebagai perantara atau alat untuk menjangkau konsumen dengan tepat sasaran seusai dengan target pasar (target market). Digital marketing juga bertugas untuk merancang agar menarik perhatian audiens atau target untuk membeli atau menyewa jasa yang sedang dipasarkannya. Digital marketing tidak hanya berfokus kepada menarik pelanggan saja, digital marketing juga bisa digunakan untuk membangun brand awareness dan relation ( relasi). Dengan membangun brand awareness di masyarakat menggunakan internet sebagai alatnya, para brand dapat membangun brand sesuai dengan yang mereka inginkan.

Internet Marketing

Berbeda dengan digital marketing yang memusatkan target pasar atau target market kepada kelompok yang meminati produk atau jasa tertentu, internet marketing berfokus kepada target yaitu pengguna internet itu sendiri. internet marketing termasuk kedalam salah satu digital marketing. dengan menggunakan search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM) dan lainnya untuk memaksimalkan konten yang sedang di pasarkan menarik perhatian pengguna internet.

Baca Juga : Mengembangkan Bisnis Di TikTok

Persamaan antara Internet Marketing dan Digital Marketing

Setelah mengetahui perbedaan internet marketing dan digital marketing, internet marketing dan digital marketing juga memiliki persamaan. Persamaan di antara keduanya adalah, sama-sama memasarkan dengan menggunakan internet sebagai perantaranya. Dengan memakai konten, keduanya menarik perhatian para konsumen dengan menggunakan blog, artikel, gambar, dan lainnya. dimaksimalkan dengan memasukan unsur-unsur search engine optimization (SEO) atau search engine marketing (SEM) mereka masuk kedalam mesin pencari atau browser.

Manfaat Menggunakan Internet Marketing dan Digital Marketing

internet marketing dan digital marketing

Jika suda mengetahui perbedaan dan persamaan antara internet marketing dan digital marketing, kalian harus tahu juga apa manfaat menggunakan internet marketing dan digital marketing terhadap produk atau jasa yang sedang kalian coba tawarkan atau brand yang sedang kalain coba untuk bangun.  Berikut adalah manfaat menggunakan internet marketing dan digital marketing.

Meningkatkan Penjualan

Menggunakan internet marketing dan digital marketing dapat meningkatkan penjualan kalian. dengan menggunakan kedua teknik itu, konsumen dapat melihat informasi produk dan contoh produk melalu gambar yang di tampilkan. Tidak seperti membuka toko offline saja, membuka toko online dan mempromosikannya secara online dapat meningkatkan minat beli para konsumen.

Berkomunikasi Lebih Mudah

Dengan menggunakan kedua teknik itu, pembeli atau calon pembeli dapat dengan mudah untuk bertanya-tanya kepada penjual seputar produk secara dua arah. Memesan produkpun menjadi lebih mudah, dengan menggunakan aplikasi chatting atau media e-commerce dan toko online. Untuk menjalin hubungan yang baik antara pembeli dengan penjual dibutuhkan komunikasi yang baik dan cepat supaya pembeli dan calon pembeli puas dengan pelayanan yang disediakan.

Biaya Marketing Lebih Murah

Dengan memasarkan produk atau jasa melalui internet, dapat mengurangi biaya untuk mengiklankan prduk atau jasa. Sangat cocok untuk kalian yang baru membangun bisnis kalain dari nol. Dengan mengurangi pengeluaran biaya iklan, uang dapat dialihkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Itulah perbedaan internet marketing dan digital marketing. setelah memahami dasar-dasar dari digital marketing, kalian yang baru saja memulai membuka bisnis dapat mengurangi biaya untuk iklan secara maksimal. Ada berbagai macam keuntungan yang di tawarkan dari penggunaan digiatal marketing dengan tepat. menggunakan Google ads, Facebook ads, endorsement influencer, dan berbagai macam cara lainnya untuk mempromosikan bisnis kalian sendiri.

Biaya yang digunakan lebih sedikit daripada biaya pembuatan pamflet dan memasang iklan di billboard pinggiran jalan. Penggunaan pemasaran iklan melalu internet juga memiliki jangka waktu yang lebih lama daripada metode konvensional yang sudah jarang dipakai oleh orang-orang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top