fbpx

Saat ini perkembangan metode-metode dalam pemasaran semakin mengalami peningkatan, termasuk eksistensi integrated marketing communicationsebagai salah satu metode langganan. Integrated marketing communication (IMC) memang saat ini semakin banyak digandrungi oleh beberapa pelaku bisnis untuk memasarkan produk/brand nya. Sehingga saat ini, semakin banyak orang yang penasaran dan mengenal lebih jauh apa sih itu integrated marketing communication (IMC)

Integrated marketing communication (IMC) sudah dikenal sejak lama, tepatnya sekitar tahun 1980 an yang mana saat itu diperkenalkan oleh Don Schultz dalam bukunya yang berjudul Integrated Marketing Communication. Tak ayal, sejak saat pertama kali di perkenalkan, perkembangan IMC hingga saat ini semakin masif dan banyak di praktekkan oleh perusahaan-perusahaan, baik mikro hingga perusahaan besar.

Integrated marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep dimana perusahaan melakukan koordinasi di berbagai saluran untuk mengirim pesan yang konsisten, jelas, dan meyakinkan terkait produk yang ingin di pasarkan. Lebih lanjut, IMC juga dilihat sebagai sebuah strategi komunikasi, yang mana dalam prakteknya berisikan kegiatan penyampaian pesan yang sama pada semua saluran pemasaran.

Berdasarkan pengertian diatas, maka kita bisa melihat bahwa penggunaan integrated marketing communication sebagai metode pemasaran adalah sebuah jawaban atas mengelaborasi saluran-saluran pemasaran untuk menyampaikan pesan-pesan yang konsisten, jelas, serta meyakinkan terkait produk pada seluruh saluran komunikasi yang di manfaatkan.

Illustrasi Integrated Marketing Communication
Illustrasi Integrated Marketing Communication

Kamu pasti sering melihat iklan tentang ponsel, maka pesan-pesan yang disampaikan dalam setiap media penyampaiannya, harus memiliki kesamaan, sehingga tidak saling berbenturan. Kamu tidak mungkin melihat iklan ponsel A di TV yang menyatakan bahwa ponsel A memiliki kualitas kamera yang sangat bagus, namun iklan di Billboard lebih mengedepankan bahwa ponsel A memiliki desain yang elegan. Ini kemudian bisa memberikan stigma inkonsistensi terhadap perilaku pemasaran, dan oleh karena itu IMC perlu untuk diterapkan secara optimal.

Baca juga: 7 Aplikasi Nonton Film Legal, The Best

Tentu, dalam menjalankan integrated marketing communication ada beberapa alasan dibalik mengapa penting untuk melakukan IMC. Sejatinya, setiap perusahaan atau pelaku pemasaran telah banyak memahami bagaimana menjalankan sebuah program pemasaran, namun dalam hal ini, IMC memberikan beberapa keuntungan yang mendasari mengapa melakukan IMC

Pentingnya Integrated Marketing Communication

Penyampaian Pesan Yang Konsisten

Poin pertama terkait mengapa IMC penting untuk dilakukan adalah, IMC memberikan cara untuk menjalankan program pemasaran dalam beragam media promosi dengan pesan-pesan yang konsisten. Ini penting untuk diperhatikan mengingat pesan yang tidak konsisten akan memberikan penilaian buruk pada audiens atau target market. Sehingga akan merugikan perusahaan dan menurunkan jumlah pembelian terhadap produk yang di pasarkan

Membangun Citra

Seperti layaknya program pemasaran, IMC juga berguna untuk membangun citra terhadap produk atau perusahaan pemilik. Mengingat dalam produk terdapat banyak unsur yang kemudian di tampilkan dalam program pemasaran melalui IMC. Selain itu, pendekatan yang digunakan juga akan berdampak positif terhadap citra produk sehingga berguna dalam proses pemasaran.

Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Pada dasarnya, konsumen tidak hanya ingin mencari produk atau jasa yang hanya mereka butuhkan saja. Dalam beberapa waktu, mereka juga membutuhkan informasi terhadap produk atau jasa yang sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan. Dan IMC memberikan peluang itu. IMC memberikan cara untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu miliki untuk lebih dikenal oleh masyarakat dalam memenuhi ekspektasi mereka terhadap kebutuhan produk atau jasa.

Membangun Loyalitas

Dan yang terakhir adalah membangun loyalitas. Hal ini penting dalam pemasaran mengingat konsumen yang di cari adalah konsumen yang mau melakukan pembelian produk atau jasa secara berulang dan berkelanjutan. Terpaan informasi terkait produk atau jasa kepada masyarakat akan membantu mereka mengingat terhadap produk atau jasa yang kita pasarkan sehingga berpotensi untuk meningkatkan ingatan masyarakat terhadap produk atau jasa, dan sekaligus membangun loyalitas terhadap produk atau jasa.

Mengoptimalkan program pemasaran dengan IMC juga harus memperhatikan beberapa hal yang bisa mengurangi resiko. Kamu bisa memperhatikan apa yang sedang trend saat ini, dan juga melakukan analisis pasar sehingga pesan yang ingin di sampaikan tepat menyasar target audiens. Untuk IMC sediri, ada beberapa jenis yang bisa dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak jenis integrated marketing communication berikut!

Iklan

Illustrasi Integrated Marketing Communication
Illustrasi Iklan

Yang pertama ada iklan. Ini adalah cara pemasaran yang sangat awam diketahui oleh masyarakat. Hampir semua orang mengetahui apa itu iklan dan bagaimana itu di tampilkan dalam beberapa media seperti televisi, radio, surat kabar, dan lainnya. Pada dasarnya adalah iklan bertujuan untuk memberikan pesan tentang keunggulan dari produk atau jasa kamu, sehingga kamu bisa mengerti dan mengingat dari produk atau jasa tersebut.

Iklan termasuk soft selling karena bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pada setiap audiens. Contoh-contoh iklan pada produk atau jasa juga sangat mudah di temukan. Namun ada beberapa iklan yang kemudian memberikan unsur unik dan anti-mainstream namun tetap relevan dengan masyarakat sehingga tetap bisa dipahami dan cenderung mudah viral dan diingat.

Hubungan Masyarakat

Illustrasi Hubungan Masyarakat Integrated Marketing Communication
Illustrasi Hubungan Masyarakat

Kalian pasti pernah atau setidaknya mengenal customer service. Iya, customer service merupakan salah satu dari bagaimana praktek hubungan masyarakat dalam penerapan IMC. Jika kamu menghubungi customer service, pastinya kamu akan dilayani dengan ramah dan sopan sesuai dengan standar perusahaan. Serta selalu mencoba membantu untuk mengatasi permasalahan kamu terkait produk atau jasa. Sangat jarang bahkan hampir tidak pernah ditemukan customer service yang galak, bahkan arogan dalam melayani pelanggan.

Baca juga: 5 Contoh Guerilla Marketing Yang Super Creative!

Ini merupakan bentuk dari implementasi hubungan masyarakat. Perusahaan akan berusaha membuat dan mempertahankan citra positif dari perusahaan sehingga tidak mendapat nilai negatif oleh masyarakat. Dengan memberikan pelayanan yang ramah, sopan, informatif, hingga menyenangkan, adalah cara-cara untuk membentuk citra positif perusahaan di dalam masyarakat.

Sales Promotion

Illustrasi Penerapan Sales Promotion
Illustrasi Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu jenis pemasaran yang juga sangat sering di temukan. Bagi yang suka dan pemburu diskon, kamu adalah salah satu yang sering terlibat di sini. Iya, memberikan diskon atau potongan harga adalah salah satu contoh dari sales promotion. Selain memberi diskon, biasanya juga ada promo-promo yang bervariasi lainnya seperti beli 1 gratis 1, potongan harga pada jumlah minimal pembelian, dan hal lainnya.

Ini bertujuan untuk menarik konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang sedang di pasarkan. Tentunya dengan memberikan harga yang relatif murah dengan ada potongan dan promo tersebut, akan menarik banyak konsumen untuk segera berbelanja atau menggunakan produk dan jasa yang sedang di pasarkan.

Event & Experience

Illustrasi Penerapan Event & Experience
Illustrasi Event & Experience

Selanjutnya adalah event dan experience. Dalam sebuah event atau kegiatan yang mengundang banyak orang, pasti kamu sering melihat beberapa logo dari produk atau brand yang ditampilkan pada beberapa tempat kegiatan. Atau bisa juga disampaikan melalui ads lips oleh MC atau pembawa acara. Nah hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi IMC pada event & experience.

Biasanya produk atau jasa akan mensponsori sebuah acara atau event potensial untuk membantu mengiklankan dan memasarkan produk mereka, dengan memberikan biaya kepada penyelenggara atau bisa juga dengan produk secara gratis. Ini juga termasuk soft selling sehingga di harapkan setiap orang yang hadir dalam event tersebut sadar akan adanya produk atau jasa yang kamu pasarkan.

Direct Selling

Illustrasi Penerapan Direct Selling
Illustrasi Direct Selling

Dan yang terakhir adalah direct selling. Direct selling adalah termasuk hard selling dimana pemasar akan menawarkan produknya secara langsung kepada target audiens dengan bertemu secara tatap muka dan memberikan pemahaman dan informasi terkait keunggulan produk atau jasa yang di tawarkan. Biasanya ini dilakukan kepada satu atau beberapa orang secara langsung, sehingga bisa menemui target konsumen secara pasti

Nah itu dia penjelasan mengenai integrated marketing communication yang bisa menjadi referensi kamu dalam memasarkan produk dan jasa. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top